Pengertian Gaya Pegas Dan Contohnya

Jagoan Ilmu, Pengertian Gaya Pegas Dan Contohnya – Apa yang dimaksud dengan pegas? Pegas adalah benda elastis yang digunakan untuk menyimpan energi mekanis. Pegas biasanya terbuat dari baja. Pegas juga ditemukan di sistem suspensi mobil. Pada mobil, pegas memiliki fungsi menyerap kejut dari jalan dan getaran roda agar tidak diteruskan ke bodi kendaraan secara langsung. Selain itu, pegas juga berguna untuk menambah daya cengkram ban terhadap permukaan jalan. Nah berikut penjelasan seputar pengertian gaya pegas dalam fisika, contoh dan rumus gaya pegas.

pengertian gaya pegas

gambar gaya pegas, contoh benda yang memiliki gaya pegas

Pengertian Gaya Pegas

Definisi Gaya pegas adalah gaya tarik yang ditimbulkan oleh pegas. Misalnya pada karet gelang yang direnggangkan dan pada pegas yang direnggangkan atau dimampatkan, akan timbul gaya kearah benda yang merenggangkannya atau memampatkannya. Gaya yang timbul tersebut disebut gaya pegas.

Gaya pegas timbul karena adanya sifat elastik/sifat lenting pegas/karet gelang. Sifat elastik ini dimiliki oleh benda yang apabila diubah bentuknya kemudian dilepaskan, maka benda itu akan kembali ke keadaan/bentuk seperti semula. Penyebab gaya pegas disebabkan oleh sifat elastik atau sifat lenting pegas atau karet gelang maka gaya pegas juga disebut gaya elastik atau gaya lenting.

Hukum Hooke (gaya pegas)

Robert Hooke seorang Ilmuwan asal inggris meneliti tentang gaya pegas. Imuwan berambut keriting ini menelurkan hukum hooke yang menyatakan Jika pada sebuat pegas bekerja sebuah gaya luar, maka pegas akan bertambah panjang sebanding dengan besarnya gaya yang diberikan.

pengertian gaya pegas

Elastis Pada Pegas

Apa sih elastis itu? Elastis adalah kemampuan benda untuk kembali ke bentuk semula setelah gaya yang bekerja padanya dihilangkan. Ketika pegas ditarik yang berarti ada gaya luar yang bekerja maka ia akan molor atau memannjang. Ketika gaya luar itu dihilangkan ia akan kembali ke bentuk semula.

Energi Potensial Pada Pegas

Sebuah pegas yang diberi gaya entah itu ditarik atau ditekan akan memiliki energi potensial (energi karena kedudukan). Usaha yang dilakukan oleh gaya F untuk menarik sebuah pegas sehingga bertambah panjang sebesar x besarnya sama dengan perubahan energi potensial dari pegas. Coba sobat hitung amati grafik hubungan gaya F dengan delta x berikut

pengertian gaya pegas

Luasan di bawah yang diarsir merupakan usaha = perupahan energi potensial. Jadi untuk menghitung energi potensial bisa dirumuskan

pengertian gaya pegas

Contoh Gaya Pegas Dan Susunannya

Gaya pegas selalu terjadi pada benda-benda lenting yang bentuknya diubah. Misalnya gaya pegas timbul pada bambu yang dibengkokkan atau busur panah yang ditarik. Apa saja benda benda yang memanfaatkan gaya pegas? Gaya pegas dimanfaatkan antara lain untuk mengurangi pengaruh dari getaran pada jalan yang kasar, misalnya pada sepeda mobil, motor, dokar atau sepeda.

Salah satu contoh penyebab gaya pegas adalah gesekan dari rem sepeda yang mengerem

Gaya pegas sangat luas sekali aplikasi dan manfaatnya di kehidupan sehari-hari. Lihat pulpen yang setiap hari sobat gunakan untuk menulis di sekolah, sebagian ada yang menggunakan pegas untuk menarik keluar masuk mata (ujung) pulpen. Contoh lainnya seperti pada mainan anak-anak seperti pistol-pistolan, sistem rem pada sepeda motor terutama yang tromol, jam, suspensi (shockbreaker), dan masih banyak lagi.

Rangkaian Pegas

Sama seperti hambatan, pegas juga bisa dirangkai (rangkaian pegas). Bentuk rangkaian pegas akan menentuka nilai konstanta pegas total yang akhirnya akan menentukan nilai dari gaya pegas.

1. Susunan Pegas Seri

Bila rangkaian seri, maka konstanta pegas totalnya adalah

pengertian gaya pegas

bila ada n pegas identik (konstanta k) maka rumus Konstanta totalnya tinggal Ks = K/n

2. Rangkaian Pegas Paralel

Bika rangkaian pegas pararel maka total konstantanya sama dengan jumlah seluruh konstanta pegas yang disusun pararel

pengertian gaya pegas

Ks = K1 + K2 + … + Kn

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang pengertian gaya pegas dan contohnya, dimana pegas merupakan benda berbentuk spiral yang terbuat dari logam, salah satunya contohnya yang biasa ditemui seperti mistar. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya.

Baca juga Pengertian Energi Kinetik

Sumber:

  • https://rumushitung.com/2013/04/06/gaya-pegas-fisika/
  • http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2018/02/pengertian-gaya-pegas-serta-contohnya.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Pegas
Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.