Pengertian Bakteri dan Jenis-Jenisnya

Ilmu Area, Pengertian bakteri – Tahukah Anda apa pengertian bakteri ?, Bakteri adalah suatu organisme yang jumlahnya paling banyak dan tersebar luas dibandingkan dengan organisme lainnya di bumi. Bakteri umumnya merupakan organisme uniseluler (bersel tunggal), prokariota/prokariot, tidak mengandung klorofil, serta berukuran mikroskopik (sangat kecil).

Pada materi bakteri ini, kita juga harus tahu bahwa bakteri juga memiliki peran besar dalam kehidupan. Beberapa kelompok bakteri lebih dikenal sebagai penyebab infeksi dan penyakit, sedangkan kelompok bakteri yang lainnya dapat memberikan berbagai manfaat dibidang pangan, pengobatan, serta industri. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan pengertian bakteri dan jenis-jenisnya berikut ini.

Pengertian Bakteri

Pengertian Bakteri

Bakteri dapat ditemukan pada hampir semua tempat seperti di tanah, udara, udara dalam simbiosis dengan organisme lain ataupun agen parasit (patogen), bahkan bakteri dapat terdapat dalam tubuh manusia. Pada umumnya, bakteri memiliki ukuran 0,5-5 μm, tetapi ada juga bakteri tertentu yang memiliki diameter mencapai hingga 700 μm, yaitu Thiomargarita.

Mereka memiliki dinding sel seperti sel tumbuhan serta jamur, tetapi dengan bahan pembentuk yang sangat berbeda (peptidoglikan). Beberapa jenis bakteri bersifat motil atau dapat bergerak serta mobilitasnya disebabkan oleh flagel. Berikut jenis-jenis bakteri, antara lain :

1. Salmonella

Jenis-jenis bakteri yang pertama ada Salmonella. Salmonella adalah kelompok bakteri yang paling sering menyebabkan diare karena keracunan makanan. Kontaminasi Salmonella diakibatkan karena kebersihan yang buruk serta pengolahan makanan yang tidak benar. Baca Juga Ciri Ciri Bakteri

2. Clostridium Perfringens

Clostridium perfringens merupakan jenis bakteri yang sangat mudah dan cepat berkembang. Bayi, anak-anak, serta orang lanjut usia sangat rentan untuk terserang bakteri ini.

Biasanya, bakteri jenis ini baru akan menimbulkan gangguan kesehatan bila jumlahnya di dalam tubuh sangat banyak. Artinya, jika tes lab menyatakan bahwa penyebab diare atau sakit perut melilit Anda akibat bakteri ini, makanan yang Anda makan sebelumnya mengandung banyak Clostridium perfringens.

3. Campylobacter

Campylobacter adalah bakteri penyebab kontaminasi makanan yang dapat menimbulkan diare. Sebagian besar, kontaminasi makanan ini terjadi akibat makanan tidak dimasak dengan benar. Mendinginkan atau membekukan makanan tidak membuat bakteri jenis ini hilang.

4. Staphylococcus Aureus

Staphylococcus aureus sebenarnya tidak berbahaya. Bakteri jenis ini banyak ditemukan pada permukaan kulit, lubang hidung, serta bagian tenggorokan dalam tubuh manusia dan hewan. Namun lain ceritanya ketika bakteri sudah berpindah ke makanan. Kembang biaknya akan semakin pesat dan akhirnya menyebabkan infeksi. Gejala yang ditimbulkan jika mengalami infeksi ini adalah diare, nyeri dan kram perut, hingga mual dan muntah.

5. Escherichia Coli (E. coli)

Escherichia coli adalah kelompok bakteri yang memiliki beberapa jenis tipe kuman. Ada beberapa jenis E.coli yang dapat mengontaminasi makanan dan kemudian menimbulkan wabah keracunan makanan. Contoh makanan yang biasanya mengandung E.coli adalah makanan yang tidak matang.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Ilmu Area bagikan, tentang Pengertian bakteri dan jenis-jenisnya, dimana pada umumnya, bakteri memiliki ukuran 0,5-5 μm, tetapi ada juga bakteri tertentu yang memiliki diameter mencapai hingga 700 μm. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi ilmuarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.

Kata-Kata Motivasi:

Soekarno - Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat moderen. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme.

Steve Jos - Teknologi bukanlah apa-apa. Hal yang penting adalah kamu memiliki keyakinan terhadap orang lain, dimana mereka pada dasarnya baik dan pintar, dan jika kamu memberikan mereka peralatan, mereka akan melakukan hal yang menakjubkan dengan alat-alat itu.

Bill Gates - Teknologi hanyalah alat. Namun, untuk menjadikan anak-anak bisa saling bekerjasama dan termotivasi, guru adalah yang paling penting.