Pemetaan Geologi dan Latar Belakangnya

Pemetaan Geologi dan Latar Belakangnya – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan pemetaan Geologi? Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi jagoanilmu.net. Karena pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang pengertian pemetaan Geologi, resume pemetaan geogologi, latar belakang pemetaan Geologi. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini.

pemetaan geologi

aktivitas pemetaan geologi

Pemetaan Geologi

Pemetaan adalah suatu kegiatan pengumpulan data lapangan, yang memindahkan keadaan sesungguhnya dilapangan (fakta) keatas kertas gambar atau kedalam peta dasar yang tersedia, yaitu dengan menggambarkan penyebaran dan merekonstruksi kondisi alamiah tertentu secara meruang, yang dinyatakan dengan titik, garis, simbol dan warna.

Pemetaan geologi adalah peta yang memberikan gambaran mengenai seluruh penyebaran dan susunan dari lapisan-lapisan batuan dengan memakai warna tau simbol, sedangkan tanda-tanda yang terlihat di dalamnya dapat memberikan pencerminan dalam tiga dimensi mengenai susunan batuan di bawah permukaan. Nilai dari peta geologi tergantung dari ketelitian pada waktu pengambilan di lapangan.

Pelaksanaan pekerjaan pemetaan dapat dilakukan secara langsung di lapangan dan dengan bantuan interpretasi dan analisa foto udara (citra)

Skala yang dipilih, tergantung dari ketelitian dan tujuan. Berdasarkan atas ketelitian yang diinginkan harus disesuaikan dengan besar kecilnya skala, makin teliti data yang diinginkan, makin besar skala yang dipakai, sehingga dapat dikelompokkan menjadi 3 kelompok peta yaitu:

  1. Peta detail
  2. Peta Semi detail
  3. Peta pendahuluan

Latar Belakang Pemetaan Geologi

Pemetaan geologi suatu kegiatan langsung dilapangan yang merupakan bagian dari kegiatan perencanaan tambang yang bertujuan untuk mengambil unsur – unsur maupun data yang diperlukan dalam berbagai aspek kegiatan pertambangan meliputi pola arah sebaran singkapan, tebal kedalaman singkapan, bidang lemah suatu batuan akibat struktur, kemiringan lereng, sifat batuan pada daerah pemetaan, dan sebagainya.

Data – data tersebut akan diolah serta di analisis dan menghasilkan sebuah output berupa gambaran secara grafis dimana memuat simbol – simbol yang memiliki makna untuk menginformasikan data – data yang telah di analisis sebelumnya. Dengan adanya simbol – simbol tersebut dapat dijadikan suatu acuan yang memuat informasi – informasi, untuk dapat melakukan kegiatan awal perencanaan penambangan dan akhir penambangan (reklamasi) dapat dilaksanakan tanpa megesampingkan aspek geologi yang terkait dengan kegiatan tersebut.

Dan aspek lain dari pemetaan geologi yang jang dilupakan adalah dapat menjelaskan bagimana terbentuknya suatu struktur geologi pada masa lampau hingga sekarang karena prinsip the present is the key to the past dapat terpecahkan.

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Pemetaan Geologi dan Latar Belakangnya, dimana Pemetaan geologi adalah suatu proses ilmiah yang bersifat interpretasi dan dapat menghasilkan berbagai jenis peta untuk berbagai macam tujuan, termasuk misalnya untuk penilaian kualitas air bawah tanah dan resiko pencemaran, memprediksi bencana longsor, gempabumi, erupsi gunungapi, karakteristik sumberdaya mineral dan energi, manajemen lahan dan perencanaan tataguna lahan, dan lain sebagainya.

Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel geologi berikutnya.