Mengatasi PC tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip

Posted on

Apakah Anda sedang mencari PC tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

PC tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip
Sumber gambar hp.com

Apabila anda mengalami masalah pada PC yang dinyalakan tetapi yang terjadi power dan monitor tidak mau menyala dan tampil yang terjadi hanya lampu indikator cuma berkedip.

Cek Power Supply

Untuk menangani masalah tersebut diatas kita coba cek satu persatu dari hardware pada CPU. langkah pertama adalah coba cek pada power supply :

  1. Lepaskan casing pada CPU
  2. Lepaskan baut yang menenmpel pada pasing, kemudian kabel-kabel yang menyambung pada mainboard, hardisk, DVD atau CD-Rom, lepaskan semua kabel power yang menyambung pada masing-masing hardware yang menyambung pada power supply.
  3. Apabila sudah terlepas cek pada kabel yang dilepaskan tadi apakah ada yang putus atau kurang menancap pada slotnya.
  4. apabila semua tersambung dan terpasang pada slot dengan baik, coba bongkarlah tutup pada power supply dan cek dengan kasat mata apakah ada elco atau kapasitor yang melembung.
  5. bila semua baik-baik sekarang cek pada outputnya apakah keluarannya normal atau semakin menurun.

Cek RAM

Jika Anda sudah melakukan semuanya dan hasilnya nihil tanpa kerusakan hal yang perlu dilakukan adalah dengan cara pengecekan pada RAM atau Memori :

  1. Ambillah Memori atau RAM yang terpasang pada motherboard, jangan lupa lepaskan RAM tersebut dengan membuka masing-masing kunci kanan kiri pada Slotnya.
  2. Bersihkan Lempengan tembaga pada RAM dengan menggunakan penghapus pensil atau bisa juga tisu. Bersihkan sampai terlihat sedikit mengkilap pada lempengan tersebut.
  3. Bersihkan juga pada slot yang ada pada motherboard, bisa menggunakan kertas yang dilipat usapkan secara perlahan kalau lebih bagusnya semprot dengan compressor agar lebih bersih, usahakan tekanan angin jangan terlalu besar.
  4. setelah selesai semua, pasang kembali RAM pada motherboard, kunci kanan kiri slot RAMnya.
  5. Coba nyalakan kembali CPU, maka PC akan menyala seperti normal.
  6. Selesai

Apabila cara diatas sudah dilakukan tetapi masih mengalami lampu indikator PC cuma berkedip saja berarti mesin pada motherboard terjadi kerusakan, maka dari itu harus diganti, tetapi apa salahnya mencoba dengan cara diatas agar pengeluaran tidak terlalu tinggi.

Baca juga : 3 Solusi PC (Komputer) Tidak Kuat Ngangkat

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang PC tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel komputer berikutnya.

Ia yang mengerjakan lebih dari apa yang dibayar pada suatu saat akan dibayar lebih dari apa yang ia kerjakan