Organ-organ pada Tubuh Hewan Vertebrata dan Manusia

Organ tubuh hewan vertebrata dan manusia Рsudah kita ketahui jika jaringan tersusun dari sekumpulan sel. Namun, ternyata ia belum mampu melaksanakan fungsinya secara baik. Sehingga diperlukan kerja sama dengan jaringan lainnya. Contohnya saja, pada jaringan otot rangka tidak dapat melaksanakan fungsinya untuk menggerakkan tulang, jika belum bersama dengan jaringan saraf. Kumpulan dari beberapa jaringan tersebut yang disebut dengan organ.

Organ tubuh hewan vertebrata dan manusia

Mari kita mengenal ragam organ-organ pada tubuh hewan vertebrata dan manusia, antara lain:

1. Organ pada Tubuh Hewan Vertebrata dan Manusia

Ada pun bagian organ yang dimiliki hewan tingkat tinggi dan manusia antara lain, mata, paru-paru, jantung, hati, lambung, ginjal, telinga dan kulit. Masing-masing organ tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

  • Organ mata berfungsi untuk melihat. Organ mata terbentuk dari jaringan otot dan jarigan saraf.
  • Organ paru-paru berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ dari paru-paru terbentuk dari jaringan otot dan jaringan saraf.
  • Organ jantung berfungsi untuk memompa darah, agar dapat beredar ke seleruh tubuh. Organ dari jantung terbentuk dari jaringan otot jantung, jaringan pengikat, dan jaringan saraf.
  • Organ hati memiliki fungsi menawarkan racun yang terbentuk dalam tubuh. Organ hati terbentuk dari jaringan otot, jaringan pengikat, dan jaringan saraf.
  • Organ Lambung merupakan organ yang berfungsi sebagai salah satu alat pencernaan. Organ ini antara lain terbentuk dari jaringan epitel, jaringan otot polos, dan jaringan pengikat.
  • Organ telinga memiliki fungsi sebagai alat pendengar dan kesimbangan pada tubuh. Organ telinga terbentuk dari¬† jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.
  • Organ Kulit berfungsi sebagai pelindung tubuh dan pengaturan suhu. Organ ini terbentuk antara lain oleh jaringan otot, jaringan epitel, dan jaringan saraf.

 

2. Organ pada Tubuh Tumbuhan

Organ-organ pada tumbuhan terdapat pada bagian akar, batang, dan daun. Bunga dan buah merupakan bagian organ pokok pada tumbuhan.

  • Organ daun tersusun dari jaringan epidermis, jaringan tiang, jaringan bunga karang dan jaringan pengangkut. Fungsi dari organ daun sebagai tempat fotosintesis yang menghasilkan makanan untuk kehidupan dan sekaligus menjadi alat pernapasan pada tumbuhan.
  • Organ akar tersusun dari jaringan epidermis, parenkim, dan pengangkut. Fungsi dari jaringan epidermis berfungsi sebagai organ penyerap air dan zat hara (mineral), sebagai penegak batang dan organ pernapasan.
  • Organ batang tersusun dari jaringan parenkim, jaringan korteks, jaringan silinder pusat, dan jaringan pe-ngangkut. Fungsi batang adalah sebagai alat pengangkutan, dan penopang tubuh tumbuhan. Jaringan pada batang juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan cadangan.

 

Sistem Organ Makhluk Hidup Multiseluler dalam Membentuk Sitem Organ

Berikut ini adalah beberapa organ di dalam tubuh makhluk hidup multiseluler bekerja sama menjalankan suatu fungsi tertentu membentuk sistem organ. Berikut ini sistem organ tubuh hewan vertebrata, manusia, dan tumbuhan.

  1. Sistem organ pada hewan vertebrata dan manusia, ada pun sistem organ yang terdapat pada manusia adalah sistem pernapasan yang dibentuk oleh organ hidung, tenggorokan, cabang tenggorokan, dan paru-paru. Kemudian, sistem pencernaan dibentuk oleh organ mulut, kerongkongan, hati, lambung, pankreas, kantung empedu, usus, dan anus (rectum).
  2. Sistem organ pada tumbuhan, Seperti pada hewan vertebrata dan manusia, tumbuhan tingkat tinggi juga memiliki sistem organ utama antara lain daun, batang, dan akar. Ketiga sistem organ tersebut bekerja sama membentuk sistem organ untuk melakukan fungsi/proses tertentu, misalnya fotosintesis.

Jadi, semua sistem organ pada tubuh makhluk hidup saling ber-hubungan dan bekerja sama, serta saling mempengaruhi. Kumpulan dari beberapa sistem organ tersebut nantinya akan membentuk organisme.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.