Niat Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya

Posted on

Jagoan Ilmu, Niat Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya – Tahukah anda niat puasa arafah sehari sebelum Idul Adha?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang niat puasa arafah sehari sebelum hari raya Idul Adha. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai niat puasa arafah sehari sebelum Idul Adha secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Niat Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha

Umat Islam disunahkan menjalankan puasa sunah Arafah pada 9 Dzulhijjah. Puasa ini dilaksanakan sehari sebelum Idul Adha.

Pada beberapa hari sebelum puasa Arafah, mulai awal bulan Dzulhijjah, umat Muslim juga disarankan untuk menjalankan ibadah puasa sunah tujuh hari dan puasa Tarwiyah pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Sebelum menjalankan ibadah puasa Arafah dan membaca niat puasanya, akan lebih baik kita memahami makna puasa Arafah.

Puasa Arafah sering disamakan dengan puasa Tarwiyah yang dilaksanakan pada hari sebelumnya. Padahal dua puasa sunah ini berbeda satu sama lain, dan bacaan niat puasanya juga berbeda. Puasa Tarwiyah dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah.

Sedangkan puasa Arafah dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah. Kedua puasa sunah ini memiliki tujuan yang berbeda, sehingga niat puasa juga berbeda. Sebelum mengamalkan ibadah puasa sunah ini, alangkah baiknya kita memahami makna puasanya terlebih dahulu.

Puasa Arafah sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Muslim yang sedang tidak menjalankan ibadah haji. Tujuannya ialah untuk memperoleh keberkahan dari Allah SWT, terlebih bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang mulia.

Niat Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha

Untuk menjalankannya, kita harus membaca niat puasa Arafah terlebih dahulu. Ketika membaca niat puasa Arafah, ada yang harus diperhatikan, yaitu lafadz.

Dalam membaca segala niat, baik niat puasa atau niat ibadah yang lain, pelafadzan adalah hal yang penting. Karena beda pengucapakan akan berbeda pula dengan maknanya.

Untuk mengucapan yang benar, Sahabat Dream bisa menyimak lafadz niat puasa Arafah atau puasa 9 Dzulhijjah berikut ini:

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

(Nawaitu shouma ‘arofata sunnatan lillaahi ta’aalaa)

Artinya: “Saya Niat Puasa sunah Arafah karena Allah Ta’ala”.

Keutamaan Puasa Arafah

Dalam sebuah Hadist Riwayat Muslim, disampaikan bawah, “ Puasa Arafah atau puasa 9 Dzulhijjah dapat mengapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang…” oleh sebab itu, puasa Arafah menjadi ibadah yang sangat dinantikan oleh umat Muslim yang belum diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah Haji.

Tidak hanya itu saja, dengan membaca lafadz niat puasa Arafah sepenuh hati, dipercaya dapat menyejukkan hati. Seperti yang disabdakan Rasulullah,

“ Dari Abu Qatadah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: Puasa pada hari Arafah dapat menghapus dosa selama dua tahun, yaitu tahun yang sudah berlalu dan tahun yang akan datang. Dan, puasa pada hari Asyura akan menghapuskan dosa tahun yang lalu.” (H.R. Jamaah, kecuali Bukhari dan Tirmidzi).

Baca juga Larangan Puasa di Bulan Syawal, Dalil dan Hukumnya

Penutup

Demikian yang dapat Sawal Walker bagikan, tentang Niat Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama Islam berikutnya.

Gravatar Image
Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.