Mudharat Reuni yang Harus diketahui

Jagoan Ilmu, Mudharat reuni yang harus diketahui – Tahukah Anda apa itu mudharat reuni ? Sebelumnya kita harus tahu apa itu mudharat, mudharat adalah sesuatu yang tidak memberi manfaat, bukan netral juga, dan cenderung menyebabkan keburukan.

Reuni tidak hanya memiliki sisi positif tapi ada juga sisi negatif reuni. Nah, untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan mudharat reuni berikut ini.

Mudharat Reuni

Mudharat Reuni

Mengadakan ajang kumpul-kumpul bersama setelah berpisah sekian lama dengan sejumlah kawan di acara reuni memang sering menjadi momen yang ditunggu-tunggu. 

Salah satu tujuan reuni adalah untuk memperbarui citra diri seseorang guna tampil prima, mereka perlu merasa nyaman dan percaya diri baik dari segi fisik maupun emosional.  Pada saat reuni, sebagian orang menjadikannya sebagai ajang pamer-pameran itulah sisi negatif reuni.

Alangkah ruginya kalau pertemuan dengan teman lama itu isinya cuma pamer karier, pamer kekayaan, pamer kebahagiaan, apalagi kalau isinya orang-orang yang belum moving on dari masa jahiliyahnya. Baca Juga Dampak Negatif Reuni Sekolah

Kalau masalah pamer, siapa yang nyaman ngumpul-ngumpul terus teman-teman kamu malah ngomongin gajinya berapa, belum lagi ketika setiap orang berlomba-lomba mengeluarkan hape canggih terbaru mereka, atau masing-masing menceritakan kehebatan anak mereka, menceritakan kehebatan suami mereka tanpa sadar ada dari teman mereka yang mungkin belum bersuami, belum mapan kehidupan ekonominya dan sebagainya.

Jika tujuan menceritakan karier dan gajinya adalah membantu teman yang hadir tapi mungkin belum mapan, atau sharing tentang pendidikan anak, atau bersedia mencarikan jodoh buat teman yang masih lajang, tidak mengapa.

Lebih baik lagi, kalau reunian itu dimanfaatkan untuk mengumpulkan kita dengan teman-teman yang mengingatkan kita sama Allah. Yah, seperti suatu hari pulang reunian, seorang sahabat yang agak sedikit bersikeras menganjurkan mencari masjid terdekat untuk sholat dahulu mengantisipasi terjebak macet. Atau seorang sahabat yang ketika kami bertemu isinya adalah saling nasihat menasihati kebaikan.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Mudharat reuni yang harus diketahui. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Agama berikutnya.

Author: Admin Jagoan Ilmu

Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.