Category Archives: Matematika

Pengukuran Nilai Tendensi Pusat

Pengukuran Nilai Tendensi Pusat – pengumpulan data maupun penyusunan tabel distribusi frekuensi tidak semata-mata dibutuhkan bagi tujuan yang sederhana. Akan ada analisis lanjut yang sangat diperlukan di antaranya adalah, analisis perbandingan antara dua kelompok hasil observasi, persoalan indeks, deret berkala, regresi, koreksi dan sebagainya. Dengan demikian, pengumpulan data sampai dengan penyusunan distribusi frekuensi bagi tahap awal dan akan… Read More »

Distribusi Frekuensi: Penjelasan dan Contohnya

Distribusi Frekuensi – di dalam materi matematika anda akan menemukan bab tentang statistic deskriptif yang merupakan bentuk penyajian hasil penelitian dalam bentuk yang baik, yakni dengan menjadikan bentuk yang sederhana, sehingga dapat lebih mudah mendapat gambaran hasil penelitian itu sendiri. Tujuan distribusi frekuensi adalah untuk menyajikan data kuantitatif agar menjadi bentuk yang baik dapat disusun dengan cara distribusi… Read More »

Empat jenis proses stokastik

Jenis Proses stokastik merupakan salah satu cabang ilmu statistik. Secara teoritis, proses stokastik {Yt} adalah kumpulan variabel acak dengan t yang menunjukkan indeks waktu. Oleh karena itu, pemahaman tentang variabel acak dan probabilitas suatu variabel acak tertentu sangat penting. Proses stokastik banyak dipakai untuk menggambarkan perubahan bentuk suatu sistem yang berjalan dalam lingkungan yang tidak dapat diprediksi atau… Read More »

Pengertian Model Matematika

Pengertian model matematika yaitu suatu cara sederhana untuk mengartikan/menerjemahkan suatu permasalahan. Dalam menyelesaikan masalah tersebut biasanya akan  menggunakan bahasa matematika dengan menerapkan rumus persamaan, pertidaksamaan dan fungsi. Untuk menyelesaikan suatu permasalah dengan menggunakan bahasa matematika, diperlukan suatu langkah-langkah yang akurat. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membaca soal matematika dengan cermat. Lalu langkah kedua adalah menyusun pertidaksamaannya berdasarnya… Read More »

Apa itu Sistem Dinamika?

Sistem Dinamika merupakan sebuah metode pemodelan yang menggunakan simulasi computer. Pada tahun 1950an sistem ini telah dikembangkan di MIT sebagai suatu alat yang dipakai oleh para manager dalam menganalisis permasalahan yang kompleks. System Dynamic dapat menciptakan sebuah learning environment  dalam suatu laboratorium yang memiliki peran seperti miniatur dari sistem. Sistem Dinamika merupakan jenis metodologi berfikir, metodologi yang digunakan… Read More »

Komponen Dalam Sistem Basis Data

Komponen Dalam Sistem Basis Data – Sistem Basis Data merupakan system yang digunakan untuk menyususn dan juga mengelola record-record menggunakan computer. Yang gunanya untuk menyimpan data operasional sehingga mampu menyediakan informasi yang optimal yang diperlukan pemakai untuk proses mengambil keputusan. Inisangat bermanfaat untuk menyajikan data agar mudah dimodifikasi dengan cara pemodelan data. Sistem basis data merupakan kumpulan catatan… Read More »

Kegunaan Metode Numerik

Metode Numerik merupakan teknik-teknik yang dipakai untuk bisa memformulasikan masalah matematis agar bisa dipecahkan menggunakan operasi perhitungan. Metode ini penting karena mengajarkan agar dapat memecahkan kasus dengan memakai beragam cara dan permodelan. Apalagi Metode Numerik juga mengharuskan agar bisa cekatan serta aktif untuk memaksimalkan teknologi. Program paket numerik yang bisa digunakan adalah seperti Matlab, Maple, dan lain-lain. Sebelum… Read More »