Category Archives: Kimia

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat– Kalsium sulfat merupakan senyawa sulfat yang berasal dari batu kapur. Kalsim sulfat lebih dikenal sebagai gipsum atau nama latinnya Meisenbach. Kalsium silfat atau gipsum pada umumnya berwarna putih, sedangkan pada proses keadaan impure gipsum mengandung beberapa material seperti batu kapur silika dan alumina, pada umumnya gipsum berwarna abu-abu (Pollack, 1973). Gipsum merupakan produk samping… Read More »

Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas – Fisika inti memiliki bahasan utama meliputi inti atom dan radioaktifitas. yang pertama akan kita bahas adalah inti atom. Atom disususn oleh partikel-partikel tertentu, meliputi proton dan neutron. Proton adalah partikel yang bermuatan positif yang besarnya muatan sama dengan muatan elektron. Hanya saja tanda yang dimiliki keduanya berlawanan. Sedangkan neutrun adalah partikel yang… Read More »

Mengenal Lebih Jauh Teori Mekanika Kuantum

Teori Mekanika kuantum adalah salah satu cabang dasar ilmu fisika yang menggantikan mekanika klasik pada sistem atom dan subatom. Sistem yang ada pada teori ini dapat berada di posisi yang berbeda. Tentu saja tidak sama seperti pada ilmu fisika klasik. Teori ini muncul pertama kali pada tahun 1900 oleh Max Planck. Planck berhasil menyelesaikan masalah radiasi benda-hitam pada… Read More »

Pengertian Dan Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik

Pengertian Senyawa Organik Senyawa Organik didefinisikan sebagai senyawa yang dibangun oleh unsur karbon sebagai kerangka utamanya yang mengikat unsur non logam yang lain (nitrogen, hidrogen, oksigen). Senyawa-senyawa ini umumnya berasal dari makhluk hidup atau yang terbentuk oleh makhluk hidup (organisme). Senyawa ini mudah kita jumpai seperti ureum atau urea terdapat pada air seni (urin). Gula pasir atau sakarosa… Read More »

Termokimia : Pengertian, Sistem, Reaksi, Beserta Rumus dan Contohnya

Termokimia : Pengertian, Sistem, Reaksi, Beserta Rumus dan Contohnya – Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan termokimia?? Jika Anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi Jagoan Ilmu. Karena disini akan mengulas tentang pengertian termokimia, sistem reaksi, hukum, rumus termokimia, dan contoh termokimia dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini. Pengertian… Read More »

Pengertian Reaksi Eksoterm dan Endoterm Beserta Contohnya

1. Pengertian Reaksi Eksoterm Reakasi eksoterm adalah reaksi yang melepaskan kalor dari sistem ke lingkungan. Pelepasan kalor ke lingkungan akan menurunkan energi di dalam sistem. Entalpi hasil reaksi menjadi berkurang atau menjadi lebih kecil dari entalpi awal. Dengan demikian perubahan entalpi sistem bernilai negatif  (∆H = –). Contoh Reaksi Eksoterm Contoh reaksi eksoterm adalah reaksi antara kalsium oksida… Read More »

Pengertian Fotokimia Dan Contoh Reaksinya Di Atmosfer

Jagoan Ilmu, Pengertian Fotokimia Dan Contoh Reaksinya Di Atmosfer – Fotokimia adalah bagian dari ilmu kimia yang mempelajari interaksi antara atom, molekul kecil, dan cahaya (atau radiasi elektromagnetik). Sebagaimana disiplin ilmu lainnya, fotokimia menggunakan sistem satuan SI atau metrik. Unit dan konstanta yang sering dipergunakan antara lain adalah meter, detik, hertz, joule, mol, konstanta gas R, serta konstanta… Read More »