Category Archives: Geofisika

Metode Geomagnetik Geofisika: Kegunaan Metode dan Prinsip Dasarnya

Metode Geomagnetik Geofisika – Pertama kali metode geomagnetik di teliti oleh Sir William Gilbert (1540-1603) kurang lebih 400 tahun yang lalu. Gilbert adalah orang yang pertama kali melihat bahwa medan magnet bumi ekivalen dengan arah utara – selatan sumbu rotasi bumi. Penelitian Gilbert kemudian dibukukan oleh Thalen (1879) dengan judul :” The Examination Of Iron Ore Deposite By… Read More »

Metode-metode dalam Geofisika

  Metode-metode dalam Geofisika – dalam perkembangan ilmu eksakta kita akan mengenal ilmu geofisika. Secara umum geofisika merupakan kajian terstruktur tentang fenomena alam. Dimana berupa pengukuran dan karakteristik dari sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek-aspek fisika. Untuk memahami ilmu geofisika maka diperlukan pemahaman tentang dasar-dasar ilmu seperti fisika, geologi, dan matematika. Geofisika merupakan ilmu baru yang mencoba… Read More »

Eksplorasi Geofisika: Pengertian, Metode, Tahapan dan Tujuan

Eksplorasi Geofisika – Eksplorasi merupakan penyelidikan dalam bidang Geologi yang dilakukan dalam proses identifikasi, menentukan lokasi, ukuran, bentuk, letak, kuantitas, sebaran, dan kualitas pada endapan bahan galian. Proses tersebut akan berlanjut ke tahap analisis untuk dikaji agar dapat mengetahui apakan layak dilakukan penambangan atau tidaknya. Pengertian geofisika eksplorasi Eksplorasi geofisika adalah kegiatan penjajakan struktur geologi yang cocok bagi pengumpulan… Read More »

Geopolitik: Pengertian, Latar Belakang, Tujuan dan Konsep Dasar

Geopolitik merupakan suatu studi yang mengkaji beberapa masalah Geografi dari sejarahnya dan ilmu sosialnya yang berhubungan dengan politik internasional maupun nasional. Geopolitik memiliki cakupan multidisipliner, dan meliputi segala aspek ilmu sosial dengan penekanan tertentu terhadap geografi politik, hubungan internasional, aspek teritorial ilmu politik, dan hukum internasional seperti dilansir wikipedia. Selain itu, studi geopolitik meliputi studi hubungan bersama antara kepentingan… Read More »

Metode Gravitasi

Metode gravitasi adalah suatu metode eksplorasi yang mengukur medan gravitasi pada kelompok-kelompok titik lokasi yang berbeda dalam area tertentu. Tujuan dari eksplorasi ini adalah untuk mengasosiasikan variasi dari perbedaan distribusi rapat massa dan juga jenis batuan. Tujuan utama dari studi mendetail data gravitasi adalah untuk memberikan suatu pemahaman yang lebih baik mengenai lapisan bawah geologi. Metode gravitasi ini… Read More »

Metode Metode dalam Geofisika

Metode Metode dalam Geofisika- Pada umumnya, metode Geofisika dibedakan menjadi dua kategori yaitu metode aktif dan metode pasif. Kali ini, kita akan membahas sedikit ulasan mengenai metode-metode yang ada di dalam ilmu Geofisika. 1. Metode Pasif Metode pasif dalam ilmu Geofisika merupakan metode yang digunakan pada saat mengukur medan alami yang dipancarkan oleh bumi. 2. Metode Aktif Berbeda… Read More »

Pengantar Geofisika

Pengantar Geofisika – Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Geofisika? Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi Jagoan Ilmu. Karena pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang materi lengkap pengantar geofisika, pengertian, cabang-cabang hingga metode-metode dalam geofisika. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah berikut ini. A . Pengertian Pengantar Geofisika Geofisika adalah bagian… Read More »