Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat

2 min read

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat– Kalsium sulfat merupakan senyawa sulfat yang berasal dari batu kapur. Kalsim sulfat lebih dikenal sebagai gipsum atau nama latinnya Meisenbach. Kalsium silfat atau gipsum pada umumnya berwarna putih, sedangkan pada proses keadaan impure gipsum mengandung beberapa material seperti batu kapur silika dan alumina, pada umumnya gipsum berwarna abu-abu (Pollack, 1973). Gipsum merupakan produk samping dari beberapa proses kimia. Secara kimiawi, produk gipsum yang dihasilkan untuk tujuan kedokteran gigi adalah kalsium sulfat murni.

Di bidang kedokteran gigi, produk gipsum digunakan untuk membuat model dari rongga mulut serta struktur maksilofasial dan sebagai piranti penting untuk pekerjaan laboratorium kedokteran gigi yang melibatkan pembuatan protesa gigi. Produk gipsum yang digunakan dalam kedokteran gigi dikenal dengan gips yang memiliki rumus kimia CaSO4 (Pradana,2010).

Baca juga: Mengenal Tipe-tipe Gipsum

 

Metode Pembuatan Kalsium Sulfat

Banyak metode yang dikembangkan untuk menjadikan gipsum dari berbagai material sebagai bahan yang sangat penting dalam pembuatan dental. Ada banyak metode pembuatan gypsum dengan basis kalsium sulfat. Pada penelitian ini fokus metode pembuatan gypsum dengan basis kalsium sulfat. Pada umumnya gypsum didapatkan dari batuan mineral gypsum alam.

 

1. Metode Hemihidrat

Gypsum adalah bentuk dihidrat dari kalsium sulfat (CaSO4, 2H2O), kemudian ketika dipanaskan pada suhu < 2000C, akan kehilangan 1,5 g mol dari 2 mol H2O dan dikonversikan menjadi kalsium sulfat hemihidrat (CaSO4·½ H2O).

2CaSO4.2H2O + pemanasan  ===>    (CaSO4)2.H2O + 3H2O
Kalsium sulfat dihidrat                          Air Kalsium sulfat hemihirat

Produk yang dihasilkan dengan metode kalsium sulfat hemihidrat yaitu untuk cetakan akhir, atau wash, untuk rahang edentulous. Pengisian kuvet dalam pembuatan gigi tiruan. Konstruksi protesa dan model ortodonsi. Mahkota dan jembatan gigi tiruan. Umumnya digunakan untuk tipe I, II, III, dan IV.

 

2. Metode Dihidrat

Ketika kalsium sulfat hemihidrat dicampur dengan air, reaksi sebaliknya akan terjadi, sehingga kalsium sulfat dikonversikan kembali ke kalsium sulfat dihidrat. Oleh sebab itu, dehidrasi sebagian dari mineral gypsum dan rehidrasi kalsium sulfat hemihidrat bersifat reversibel. Reaksi pengerasan gyips yang pada umumnya terjadi adalah sebagai berikut;

CaSO4·½ H2O + 1½H2O     =====>    CaSO4·2H2O + 3900 kal/g mol
Kalsium sulfat hemihidrat                       Air Kalsium sulfat dihidrat

Produk yang dihasilkan dengan metode kalsium sulfat dihidrat yaitu untuk konstruksi protesa dan model ortodonsi. Mahkota dan jembatan gigi tiruan. Pada umumnya digunakan untuk tipe III dan tipe IV.

 

3. Metode Anhidrat

  1. Pemanasan < 2000C, menghasilkan kalsium sulfat hexagonal yang disebut “soluble anhydrite” (CaSO4).
  2. Pemanasan > 2000C, menghasilkan kalsium sulfat ortorombik yang disebut “insoluble anhydrite” (CaSO4).

Produk yang dihasilkan dengan metode kalsium sulfat anhidrat yaitu untuk konstruksi protesa dan model ortodonsi. Mahkota dan jembatan gigi tiruan. Pada umumnya digunakan untuk tipe III dan tipe IV. Hampir sama dengan kalsium sulfat dihidrat.

Kalsium sulfat anhidrat (CaSO4) dinamakan demikian karena berbeda dengan gipsum (kalsium sulfat anhidrat) adalah kalsium sulfat yang tidak mengandung air. Anhidrat ada dalam tiga bentuk. Salah satu bentuknya adalah higroskopis, metastabil atau tidak stabil, merupakan konstituen utama dari “second-settle” plaster yang masih baru dibentuk. Bentuk kedua, yang terjadi di alam ini dikenal sebagai mineral anhidrat. Grahmann (1913, 1920) melaporkan adanya modifikasi anhidrat ketiga yang dibentuk dari anhidrat alami sekitar 1200oC.

Pada tahun 1938, Posnjak menyarankan penggunaan prefiks Yunani, CaSO4, CaSO4, dan CaSO4, di urutan fase yang ada dari yang tertinggi ke suhu terendah. Saran ini bertentangan dengan penggunaan mineralogi secara umum (Dear WA, 1993 : Gay, 1965b). Gipsum anhidrat umumnya berwarna putih, sedangkan pada keadaan impure, gipsum anhidrat mengandung beberapa bahan. Awalnya gipsum anhidrat digunakan untuk konstruksi bangunan, tetapi setelah itu gipsum juga digunakan untuk alat penguat medis untuk keperluan ortopedik (Brun dkk 2013).

Gipsum anhidrat apabila dipanaskan dalam bejana terbuka dengan temperatur 1100C – 1200C menghasilkan β hemihidrat atau gipsum lunak yang lebih dikenal dengan sebutan Plaster of Paris. Apabila gipsum dipanaskan dalam autoclaved pada tekanan uap pada temperatur 1200C – 1300C menghasilkan α hemihidrat atau lebih dikenal dengan sebutan gips keras (Dental Stone) (Combe dkk, 1992).

 

Demikian artikel kali ini tentang metode pembuatan kalsium sulfat yang bisa Anda gunakan untuk penyusunan jurnal, makalah maupun laporan praktikum. Semoga wawasan Anda bertambah.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas – Fisika inti memiliki bahasan utama meliputi inti atom dan radioaktifitas. yang pertama akan kita bahas adalah inti atom....
Hen Hen
43 sec read

Mengenal Lebih Jauh Teori Mekanika Kuantum

Teori Mekanika kuantum adalah salah satu cabang dasar ilmu fisika yang menggantikan mekanika klasik pada sistem atom dan subatom. Sistem yang ada pada teori...
Hen Hen
1 min read

Pengertian Dan Perbedaan Senyawa Organik dan Anorganik

Pengertian Senyawa Organik Senyawa Organik didefinisikan sebagai senyawa yang dibangun oleh unsur karbon sebagai kerangka utamanya yang mengikat unsur non logam yang lain (nitrogen,...
Hen Hen
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *