Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Kegunaan Metode Numerik

1 min read

metode numerik

Metode Numerik merupakan teknik-teknik yang dipakai untuk bisa memformulasikan masalah matematis agar bisa dipecahkan menggunakan operasi perhitungan. Metode ini penting karena mengajarkan agar dapat memecahkan kasus dengan memakai beragam cara dan permodelan.

Apalagi Metode Numerik juga mengharuskan agar bisa cekatan serta aktif untuk memaksimalkan teknologi. Program paket numerik yang bisa digunakan adalah seperti Matlab, Maple, dan lain-lain.

Sebelum memakai komputer, agar dapat menyelesaikan komputasi juga telah dilakukan menggunakan beberapa metode tapi masih mempunyai beberapa kendala. Metode yang dipakai adalah Metode Analitik, Metode Grafik serta Kalkulator dan Slide Rules. Metode Analitik sangat berguna tapi terbatas dalam masalah sederhana. Sedang untuk masalah real kompleks serta nonlinier tidak bisa diselesaikan.

Sedangkan Metode Grafik digunakan untuk pendekatan penyelesaian yang bersifat kompleks. Namun terdapat kendala pada hasil tidak akurat, memakan waktu lama, serta membutuhkan banyak waktu. Ada pula Kalkulator dan Slide Rules yang menggunakan metode penyelesaian numerik dengan manual. Cara tersebut cukup memakan waktu yang lama serta mungkin dapat terjadi kesalahan dalam pemasukan data.

Metode numerik sesuai untuk menggambarkan ketangguhan dan keterbatasan komputer dalam menangani error suatu nilai aproksimasi dari berbagai masalah serta menyediakan sarana agar memperkuat pengertian matematika. Maka salah satu manfaat dari Metode Numerik ini adalah supaya menyederhanakan konsep matematika yang rumit menjadi operasi-operasi matematika yang lebih mendasar. Oleh karenanya, kita juga perlu untuk mengenali berbagai prinsip Metode Numerik.

Kegunaan Metode Numerik

Metode Numerik memiliki beberpa prinsip. Yang pertama yaitu digunakan jika metode analitik tidak dapat digunakan lagi. Prinsip lainnya, metode ini menjadi suatu pendekatan agar mendapat pemecahan masalah yang bisa di pertanggungjawabkan dengan metode analitik. Ketiga, pendekatan Metode Numerik merupakan analisis secara matematis.

Prinsip lainnya, Metode Numerik terdiri atas algoritma-algoritma yang dapat dihitung secara cepat serta mudah. Dikarenakan Metode Numerik asalnya dari alogaritma pendekatan, maka akan memakai iterasi.

Metode Numerik

Terakhir, nilai kesalahan menjadi hal yang paling utama untuk mengetahui seberapa baikkah metode yang dipakai. Untuk menyelesaikan persoalan matematis karena sulit diselesaikan dengan menggunakan metode analitik, maka biasanya menggunkanan Metode Numerik.

Demikian penjelasan singkat diatas, semoga bermanfaat yah.

(Jagoan Ilmu)

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Empat jenis proses stokastik

Jenis Proses stokastik merupakan salah satu cabang ilmu statistik. Secara teoritis, proses stokastik {Yt} adalah kumpulan variabel acak dengan t yang menunjukkan indeks waktu....
Hen Hen
44 sec read