Metode-metode dalam Geofisika

By | October 25, 2017

 

metode-metode dalam geofisika

Metode-metode dalam Geofisikadalam perkembangan ilmu eksakta kita akan mengenal ilmu geofisika. Secara umum geofisika merupakan kajian terstruktur tentang fenomena alam. Dimana berupa pengukuran dan karakteristik dari sumber daya alam yang berhubungan dengan aspek-aspek fisika. Untuk memahami ilmu geofisika maka diperlukan pemahaman tentang dasar-dasar ilmu seperti fisika, geologi, dan matematika. Geofisika merupakan ilmu baru yang mencoba untuk menelaah fenomena alam. Misalnya pemahaman tentang bumi yang mengelilingi matahari. Di situlah geofisika berkembang menjadi kajian yang menarik untuk dipelajari.

Kemudian jika dilihat dari segi teknologi untuk hal pengukuran, geofisika memiliki peran penting dalam hal teknologi perekaman seismik, metode magnetik, serta teknologi radar. Namun, perkembangan geofisika setelah PD II semakin meningkat akan kebutuhan hidrokarbon. Ditambah lagi kegiatan eksplorasi kemudian menjadi sangat penting. Kemudian muncullah metode-metode geofisika yang menjadi suatu kebutuhan dan berkembang dengan sangat pesat. Teknologi instrumentasi dan komputasi menjadi hal yang tidak terpisahkan dari geofisika.

 

Awal Mula Perkembangan Ilmu Geofisika

Awal mula perkembangan ilmu geofisika ditandai oleh teori tektonik lempeng pada tahun 1960-an menjadi tonggak perkembangan yang sangat penting. Melalui teori ini, berbagai fenomena seperti gunungapi, kegempaan dan terjadinya pegunungan. Sehingga dapat dijelaskan secara terpadu dan elegan. Perkembangan tomografi seismik di tahun 1980-an merangsang perkembangan yang lebih maju lagi, karena metode juga ini bisa memetakan bagian interior Bumi dengan lebih baik lagi.

Dan sekarang ini ilmu geofisika sudah berkembang menjadi cukup luas. Dimana juga ada teknologi satelit, mendorong banyak penelitian di bidang positioning, pemetaan serta geodinamika. Sementara itu kekhawatiran manusia akan perubahan iklim telah memacu banyak penelitian tidak saja dalam bidang sains atmosfer, tetapi juga pada bidang-bidang lain termasuk oseanografi dan eksplorasi laut dalam.

Metode-metode Ilmu Geofisika

Nah, sekarang ini kita akan membahas tentang metode-metode ilmu geofisika, antara lain:

  1. Metode seismik (bias, pantul, down-hole dan metode lainnya)
  2. Metode elektromagnetik atau EM (MT, Turam, CSAMT, VLF, GPR dan metode lainnya)
  3. Metode medan potensial (gravity, magnetik)
  4. Metode geolistrik (tahanan jenis, IP, SP dan metode lainnya)

Metode -metode di atas dapat digunakan baik secara mandiri maupun dalam suatu kombinasi,. Jika kita tinjau metode-metode geofisika, sebagian besar berdasar pada prinsip-prinsip fisika yang sangat sederhana. Contohnya, aplikasi metode geolistrik tahanan jenis yang didasari oleh hukum Ohm atau metode seismik yang didasari oleh prinsip penjalaran gelombang. Ada beberapa hal penting yang merupakan kerumitan dari ilmu geofisika yakni:

  • Akurasi
  • Ambiguity (terdapat data yang berbeda)
  • Anisotropy
  • Dimensi
  • Data
  • Instrumentasi dan komputasi
  • Variasi terhadap waktu
  • Metode geofisika pada umumnya bukan pengukuran langsung (perlu kombinasi metode serta data-data lain dalam penafsiran).

Nah, itulah beberapa metode yang digunakan dalam pengukuran ilmu geofisika. Dan saat ini, ada banyak kesempatan dan juga tantangan bagi geofisikawan. Geofisikawan saat ini juga dih adapkan pada pilihan apakah akan menjadi spesialis pada bidang yang sempit atau memilih pengetahuan dasar ilmu geofisika yang luas. Kemudian, dimasa yang akan datang geofisikawan adalah melakukan eksplorasi dari sumber energi dan mineral ke eksplorasi air. Kemudian di dalam eksploitasi sumber daya yang merupakan domain utama dari geofisikawan sudah mulai berkembang ke arah masalah-masalah lingkungan. Bencana alam, baik dalam skala lokal maupun global, juga akan menjadi hal yang harus dikaji dan diperhatikan oleh geofisikawan.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang metode-metode dalam geofisika, semoga ilmunya bermanfaat.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.