Metode Metode dalam Geofisika

Posted on
metode geofisika

Metode Metode dalam Geofisika- Pada umumnya, metode Geofisika dibedakan menjadi dua kategori yaitu metode aktif dan metode pasif. Kali ini, kita akan membahas sedikit ulasan mengenai metode-metode yang ada di dalam ilmu Geofisika.

1. Metode Pasif
Metode pasif dalam ilmu Geofisika merupakan metode yang digunakan pada saat mengukur medan alami yang dipancarkan oleh bumi.

2. Metode Aktif
Berbeda halnya dengan metode pasif, metode aktif dalam ilmu Geofisika adalah metode yang digunakan dengan membuat medan gangguan terlebih dahulu. Kemudian, melakukan tahap cek efek atau respon yang terjadi apa yang terjadi pada reaksi bumi.

Dalam melakukan pengukuran, yang diukur adalah medan alami yang mana medan alami ini termasuk radiasi gelombang gempa bumi, medan gravitasi bumi, medan magnetik bumi, medan listrik, elektromagnetik, dan radiasi pada radioaktifitas bumi.

Selain medan alami, dalam metode Geofisika juga mengukur medan buatan yang di antaranya adalah ledakan dinamit, pemberian arus listrik dalam tanah, sinyal radar yang dikirim, dan juga sebagainya yang melibatkan tangan manusia.

Kedua metode Geofisika tersebut dilakukan pada umumnya oleh orang pertambangan atau ahli Geologi. Namun, pada dasarnya secara keilmuan bahwa metode Geofisika ini terdapat dua macam metode seperti di bawah ini:

1. Metode Parameter
Metode parameter ini menggunakan pengukuran dari sifat-sifat fisika yang ada di dalam Seismik. Ketika gelombang seismic memantul ataupun membias, aplitudo dan frekuensi gelombang seismik akan mengalami densitas dan modulus elastisitas. Hal ini dapat digunakan dalam mengukur kecepatan rambat gelombang seismik gravitasi.

2. Metode Gaya Berat
Metode Gaya Berat merupakan salah satu metode Geofisika yang fungsinya mengukur variasi gaya berat di bumi atau gravitasi di bumi. Sebenarnya metode ini jarang digunakan ketika tahap lanjut eksplorasi bijih. Namun demikian, metode ini dapat diandalkan dalam menentukan sepsifikasi daerah target untuk survey lanjutan.

Adanya perbedaan rapat massa atau density antar batuan akan menyebabkan terjadinya medan gravitasi bumi yang berbeda-beda. Sehingga, metode geofisika inilah yang bertugas dalam melakukan pengukuran gaya tersebut sebagai tolak ukur gaya gravitas yang memiliki ukuran berbeda-beda.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *