Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Apakah Itu Metalurgi Fisik?

46 sec read

Apakah Itu Metalurgi Fisik

Sudah pernah dengar apa itu Metalurgi Fisik ? Belum pernah ya? Mungkin banyak benda-benda disekitar kita yang sudah sering kita gunakan dalam kehidupan sehari – hari namun kita tidak tau kalau benda – benda tersebut masuk dalam jenis metalurgi.

Metalurgi Fisik terdiri dari dua kata yaitu Metalurgi dan Fisik. Untuk mengetahui pengertiannya kita deifinisikan satu persatu ya. Metalurgi yaitu suatu ilmu yang mempelajari karakteristik atau sifat atau perilaku logam, yang ditinjau dari sifat mekanik (kekuatan, keuletan, kekerasan, ketahanan lelah, dll.)

Metalurgi Fisik

Metalurgi dibagi menjadi tiga yaitu

  1. Fisik (konduktivitas panas, listrik, massa jenis, magnetik, optik, dll),
  2. Kimia (ketahanan korosi, dll),
  3. Teknologi (kemampuan logam untuk dibentuk, dilas atau disambung, dimesin, dicor, dan dikeraskan).

Sebenarnya banyak contoh – contoh pemanfaatan metalurgi dalam kehidupan sehari – hari khususnya pada industri modern salah satunya yaitu pemotong kertas dipabrik kertas denga mutu tinggi harus mempunyai kekuatan dan kekerasan yang tinggi supaya dapat memotong kertas yang berlapis -lapis dan sangat banyak.

Metalurgi Fisik

Nah, kembali ke pembahasan awal. Jadi yang dimaksud dengan Metalurgi Fisik yaitu mempelajari struktur dan sifat fisik lainnya dari logam dan paduannya. Yang tujuannya untuk mengetahui sifat fisik yang diperlukan peralatan seperti mikroskop optic, mikroskop electron guna mempelajari struktur logam dan sinar X untuk mempelajari struktur kristal dasar. Dan juga dipelajari daya hantar listrik dan panas, sifat magnetik, susut dan muai logam, serta tahanan listriknya.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.