Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Menu Takjil Buka Puasa yang Segar dan Enak

2 min read

Menu Takjil Buka Puasa yang Segar dan Enak – Tak terasa bulan Ramadan atau biasa disebut bulan puasa segera tiba. Bagi umat muslim, puasa merupakan bulan penuh berkah dan bertabur pahala. Untuk menyambut bulan puasa ini, mungkin Anda telah berpikir daftar menu berbuka puasa dan contoh menu buka puasa.

daftar menu buka puasa, resep takjil mudah dan murah, menu buka puasa sederhana

Untuk sajian menu berbuka puasa atau yang sering disebut takjil tentu saja sudah siap tersedia dengan pilihan selera masing-masing, menu takjil atau ta’jil yang artinya menyegerakan ini biasanya adalah hidangan atau camilan yang praktis dan menyegarkan. Untuk resep takjil mudah dan murah berbuka puasa tentu saja begitu banyak sekali aneka kreasinya. Ada yang berupa minuman atau makanan hangat ataupun yang disajikan dingin yang menyegarkan.

Untuk takjil berbuka puasa yang sering dicari banyak orang biasanya kolak. Hidangan khas ramadhan yang satu ini memang selalu eksis disetiap kesempatan termasuk untuk menu takjil. Kolak yang memiliki rasa manis dan gurih dari kuah santan seringkali menggoda selera untuk segera menikmatinya. Sehingga seringkali kolak disajikan sebagai menu buka puasa sederhana. Berikut menu berbuka puasa praktis, yaitu:

1. Sub Buah
Sup buah merupakan menu takjil favorit masyarakat di Indonesia.

Bahan :
Sup buah dibuat dari campuran beberapa buah seperti melon, pepaya, semangka, kiwi, avokad, buah naga dan jeruk.

Cara pembuatannya pun sederhana, yakni :

  1. Siapkan buah-buahan sesuai selera
  2. Air
  3. Susu kental manis
  4. Sirup rasa stroberi.
  5. Lalu campurkan buah-buahan yang telah dipotong ke dalam susu, sirop dan air. Sup buah siap disantap.

2. Es Bawet
Es dawet atau bisa disebut es cendol juga merupakan menu takjil favorit buka puasa.

Bahan utama :

  1. Es dawet yaitu tepung beras dan hunkwe.
  2. Es dawet biasanya diberi pewarna berwarna hijau
  3. Santan
  4. Air (hasil rebusan daun pandan)
  5. Gula merah cair (bila perlu)

Cara membuat :
Buatlah isi es dawet dari tepung beras dan hunkwe, berikan pewarna makanan (warna hijau), setelah selesai, buatlah kuahnya yang berasal dari santan dan air hasil rebusan daun pandan. Jika Anda menyukai rasa manis, maka bisa ditambahkan gula merah cair atau gula jawa cair sesuai selera. Gampang kan?

3. Kolak Labu kuning
Siapa yang tidak suka dengan kolak labu kuning. Kolak labu kuning sangat enak dan gurih.

Bahan:

  1. Labu kuning (potong sesuai selera),
  2. Santan,
  3. Air
  4. Gula merah
  5. Garam.

Cara Membuatnya:
Campur semua bahan yang sudah disiapkan ke dalam panic, aduk rata. Jerang diatas api sedang hingga labu kuningnya lunak dan matang sambil terus diaduk. Jika dirasa sudah enak, angkat dan sajikan selagi hangat ataupun dingin.

4. Es Buah Selasih
Belum pernah mencoba es buah selasih? Tak perlu khawatir karena Anda bisa membuat es tersebut untuk berbuka puasa. Cara pembuatannya sangat mudah seperti es kacang hijau. Biji selasih direndam dalam air hangat sampai mengembang. Kemudian siapkan kuah dengan cara mencampurkan air dengan sirop rasa melon. Anda juga bisa menambahkan nata de coco dan potongan buah melon agar terlihat lebih menarik.

5. Pancake
Pancake mini selain lezat dan mudah disantap juga lumayan mengenyangkan. Cocok banget buat mengganjal perut kamu saat berbuka, agar kamu gak kekenyangan sehingga masih bisa melanjutkan ibadah shalat, tapi juga gak kelaparan sehingga jadi mikirin makan pas lagi sembahyang. Buatnya gampang kok.

Bahan yang Anda butuhkan:

  1. 1 butir telur, 3 sdt gula,
  2. 2 sdt butter yang dilelehkan,
  3. 1 jumput garam,
  4. 120 gram tepung terigu,
  5. 240 ml susu cair,
  6. 1 sdt baking powder.

Cara membuatnya :

  1. Kocok telur dan gula menjadi satu. Tambahkan butter cair dan garam lalu kocok kembali.
  2. Tambahkan sesendok makan tepung dan sesendok makan susu cair lalu kocok lagi hingga rata. Ulangi langkah ini sampai tepung dan susunya habis tercampur semua, sedikit demi sedikit.
  3. Sebelum dimasak, ada baiknya kalau adonan ini kamu diamkan dulu dalam lemari pendingin selama 20 menit.
  4. Setelah itu masukkan baking powder dan kocok kembali hingga tercampur sempurna.
  5. Panaskan wajan datar anti lengket yang sudah diberi mentega di atas panas sedang.
  6. Setelah panas, tuangkan adonan pancake kamu dengan sendok makan membentuk pancake dalam ukuran mini. Balik ketika adonan itu mengeluarkan gelembung-gelembung kecil, goreng hingga kedua permukaan berwarna coklat keemasan. Angkat dan sajikan.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang Menu Takjil Buka Puasa yang Segar dan Enak. Daftar menu buka puasa diatas bisa Anda coba di rumah. Semoga bermanfaat.

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *