Mengetahui Konsep Dasar Wanita Usia Subur (WUS)

Posted on

Mengetahui Konsep Dasar Wanita Usia Subur
Mengetahui Konsep Dasar Wanita Usia Subur (WUS) – ada pun yang dimaksudkan dengan Wanita Usia Subur (WUS) adalah wanita yang organ reproduksinya berfungsi dengan baik, antara usia 20-45 tahun. Wanita Usia Subur berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan pria. Ada pun puncak kesuburan seorang wanita ada pada rentang usia 20-29 tahun. Pada usia tersebut wanita memiliki kesempatan 95% untuk bisa hamil. Pada usia 30-an persentasenya bisa menurun hingga 90%. Sedangkan ketika memasuki usia 40, kesempatan hamil akan berkurang hingga menjadi 40%. Kemudian jika sudah menginjak usia 40 wanita hanya punya maksimal 10% kesempatan untuk dapat hamil.

Baca juga :60 Langkah Asupan Persalinan Normal (APN) 

Selain itu juga ada beberapa hal pentinya, misalnya masalah kesuburan alat reproduksi merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Dimana dalam masa wanita subur ini harus menjaga dan merawat personal hygiene yaitu pemeliharaan keadaan alat kelaminnya dengan rajin membersihkannya.oleh karena itu WUS dianjurkan untuk merawat diri.

Konsep Dasar WUS menurut Ahli

Menurut Suparyanto (2011) yang dimaksud dengan Wanita Usia Subur (WUS) adalah wanita yang keadaan organ reproduksinya berfungsi dengan baik antara umur 20-45 tahun. Puncak kesuburan ada pada rentang usia 20-29 tahun. Pada usia ini wanita memiliki kesempatan 95% untuk hamil. Wanita Usia Subur (WUS) menurut Depkes RI (2011) adalah semua wanita yang telah memasuki usia antara 15-49 tahun tanpa memperhitungkan status perkawinannya.

Tanda-tanda Wanita Usia Subur (WUS)

Menurut Suparyanto (2011) untuk mengetahui tanda-tanda wanita subur antara lain :

Siklus haid 

  1. Wanita yang mempunyai siklus haid teratur setiap bulan biasanya subur.
  2. Siklus putaran haid dimulai dihitung dari hari pertama keluar haid hingga sehari sebelum haid datang kembali, yang biasanya berlangsung selama 28 hingga 30 hari.
  3. Siklus haid dapat dijadikan indikasi pertama untuk menandai seorang wanita subur atau tidak. Siklus menstruasi dipengaruhi oleh hormon seks perempuan yaitu esterogen dan progesteron.
  4. Hormon esterogen dan progesteron menyebabkan perubahan fisiologis pada tubuh perempuan yang dapat dilihat melalui eberapa indikator klinis seperti, perubahan suhu basal tubuh, perubahan sekresi lendir leher rahim (serviks), perubahan pada serviks, panjangnya siklus menstruasi (metode kalender) dan indikator minor kesuburan seperti nyeri perut dan perubahan payudara.

Kemudian dengan melihat perkembangan teknologi ada beberapa cara yang bisa mengecek atau mengetahui tingkat kesuburan seorang wanita salah satunya adalah:

1. Alat pencatat kesuburan

Kemajuan teknologi seperti ovulation thermometer juga dapat dijadikan sebagai alat untuk mendeteksi kesuburan seorang wanita. Alat ini akan mencatat perubahan suhu badan saat wanita saat mengeluarkan benih atau sel telur. Jika benih keluar, biasanya thermometer akan mencatat kenaikan suhu sebanyak 0,2 derajat celsius selama 10 hari.

2. Tes Darah

Apabila siklus haid wanita tersebut tidak teratur, seperti datangnya haid tiga bulan sekali atau enam bulan sekali biasanya tidak subur. Jika dalam kondisi seperti ini, beberapa tes darah perlu dilakukan untuk mengetahui penyebab dari tidak lancarnya siklus haid. Tes darah dilakukan untuk mengetahui kandungan hormon yang berperan pada kesuburan seorang wanita.

3. Pemeriksaan Fisik

  • Untuk mengetahui seorang wanita subur organ tubuh, seperti buah dada, kelenjar tiroid pada leher, dan organ reproduksi.
  • Kelenjar tiroid yang mengeluarkan hormon tiroksin berlebihan akan mengganggu proses pelepasan sel telur.
  • Pemeriksaan buah dada ditujukan untuk mengetahui hormon prolaktin di mana kandungan hormon prolaktin yang tinggi akan mengganggu proses pengeluaran sel telur.

4. Track Record

Wanita yang pernah mengalami keguguran, baik disengaja ataupun tidak, peluang terjangkit kuman pada saluran reproduksi akan tinggi. Kuman ini akan menyebabkan kerusakan dan penyumbatan saluran reproduksi.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *