Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Mengenal Ilmu Statika Struktur

43 sec read

Mengenal Ilmu Statika Struktur

Mengenal Ilmu Statika Struktur – Halo sobat, apa kabar? Pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Statika Struktur. Sebelumnya mungkin ada yang sudah tau apakah itu statika struktur? Oke deh, kalau belum tau, silahkan simak ulasan berikut ya.

Statika Struktur yakni Ilmu yang mempelajari tentang statika gaya yang bekerja pada suatu struktur benda. Yang tujuannya adalah untuk menghitung kekuatan struktur menopang gaya yang bekerja padanya.

Statika struktur juga merupakan bagian dari mekanika yang mempelajarai tentag gaya dan momen. Nah, dalam mekanika terdapat 4 konsep dasar yaitu sebagai berikut:

1. Konsep Ruang:

Dihubungkan dengan kedudukan suatu titik P, dimana posisi titik P dapat diartikan dengan tiga jarak diukur dari titik acuan. Jarak ini dinyatakan sebagai koordinat titik P.

2. Konsep Waktu

Konsep waktu ini digunakan untuk mendefinisikan suatu kejadian atau peristiwa yang tidak cukup dengan posisi saja, namun juga diperlukan waktu kejadiannya.

3. Konsep massa

Konsep massa ini diperlukan untuk menentukan dan membedakan benda.

4. Konsep gaya

Konsep ini menyatakan bahwa suatu gaya menunjukkan aksi suatu benda terhadap benda lain. Gaya ditentukan oleh titik aksinya, arahnya, dan besarnya. Gaya merukapan besaran vektor dimana menpunyai satuan, arah, dan besaran. Arah gaya biasanya dibagi menjadi 3 jenis, yaikni vertikal, horisontal, dan momen (puntir).
Demikian sedikit rangkuman mengenai Ilmu Statika Struktur. Semoga bermanfaat.
Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.