Memudarnya Kehidupan Kewargaan Dan Nilai-Nilai Komunitas Di Masyarakat

Posted on

Penyebab dan Akibat Memudarnya Kehidupan Kewargaan dan Nilai-nilai Komunitas di Masyarakat

Memudarnya kehidupan kewargaan dan nilai-nilai komunitas di masyarakat menunjukkan bahwa masih rendahnya ilmu pengetahuan kewarganegaraan yang di miliki oleh para masyarakat tersebut.

Dengan adanya nilai komunitas maka akan terlaksana suatu keharmonisan di dalam masyarakat itu. Apabila tidak ada nilai komunitas dalam suatu daerah, maka tidak ada pula rasa saling menghormati antar komunitas yang ada di daerah tersebut. Akan timbul berbagai masalah dalam daerah tersebut seperti yang perang antar masyarakat yang timbul karena tidak adanya rasa saling membutuhkan, menghargai, menghomati, dan lain sebagainya, padahal kita tahu bahwa semua manusia terlahir sebagai makhluk sosial yang tidak akan dapat hidup sendiri yang artinya memerlukan kebersamaan dengan manusia lain, khususnya juga sebagai warna negara yang seharusnya menyadari akan pentingnya menjalin keharmonisan di dalam masyarakat dan hidup dengan berpedoman terhadap pancasila.

Memudarnya Kehidupan Kewargaan Dan Nilai-Nilai Komunitas Di Masyarakat

Pentingnya Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan bagi Kehidupan Kewargaan dan Peningkatan Nilai-nilai Komunitas dalam Masyarakat

Ilmu pendidikan kewarganegaraan sangatlah penting diajarkan kepada para generasi penerus bangsa dan ditanamkan pada jiwa mereka agar mereka memiliki kedaran tentang bagaimana hidup sebagai warna negara yang baik dan benar juga memiliki nilai-nilai komunitas yang tinggi di masyarakat dan sesuai dengan kurikulum Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berupaya menanamkan sikap kepada warga negara Indonesia umumnya dan generasi muda bangsa khususnya  agar:

  1. Memiliki wawasan dan kesadaran kebangsaan dan rasa cinta tanah air sebagai perwujudan warga negara Indonesia yang bertanggung jawab atas kelangsungan hidup bangsa dan negara;
  2. Memiliki wawasan dan penghargaan terhadap keanekaragaman masyarakat Indonesia sehingga mampu berkomunikasi baik dalam rangka meperkuat integrasi nasional;
  3. Memiliki wawasan, kesadaran dan kecakapan dalam melaksanakan hak, kewajiban, tanggung jawab dan peran sertanya sebagai warga negara yang cerdas, trampil dan berkarakter;
  4. Memiliki kesadaran dan penghormatan terhadap hak-hak dasar manusia serta kewajiban dasar manusia sehingga mampu memperlakukan warga negara secara adil dan tidak diskriminatif;
  5. Berpartisipasi aktif membangun masyarakat Indonesia yang  demokratis dengan berlandaskan pada nilai dan budaya demokrasi  yang bersumber pada Pancasila;
  6. Memiliki  pola sikap,  pola pikir dan pola perilaku yang mendukung ketahanan nasional Indonesia serta mampu menyesuaikan dirinya dengan tuntutan perkembangan zaman demi kemajuan bangsa.

Baca juga : Pengertian dan Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)

Hal ini juga sesuai dengan Penjelasan Pasal 37 Ayat (1) UU RI No.20 Tahun 2003: ” Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air”. Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di perguruan tinggi (Menurut SKep Dirjen Dikti No. 38/DIKTI/Kep./2002. Agar mahasiswa:

  1. Memiliki motivasi menguasai materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  2. Mampu mengkaitkan dan mengimplementasikan dalam peranan dan kedudukan serta kepentingannya, sebagai individu, anggota keluarga/masyarakat dan warganegara yang terdidik.
  3. Memiliki tekad dan kesediaan dalam mewujudkan kaidah-kaidah nilai berbangsa dan bernegara untuk menciptakan masyarakat madani.

Meskipun demikian, perlu kita tahu bahwa pendidikan yang diajarkan kepada pada generasi penerus bangsa ini tidak hanya harus diajarkan melalui pihak pendidik(guru) atau sekolah saja melainkan juga dari lingkungan keluarga dan masyarakat.

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *