Mengenal tentang Makna dari Demokrasi dan HAM

Makna dari Demokrasi dan HAM – Pendidikan Kewarganegaraan tidak akan jauh dalam mengenal dua istilah yakni demokrasi dan HAM. Lalu, apa sih makna dari kedua istilah tersebut? Demokrasi adalah semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan sebuah keputusan baik yang berhubungan dengan pemerintah atau pun yang dapat mengubah jalan hidup mereka. Berdemokrasi maksudnya adalah memberikan pendapat secara bebas.

makna dari demokrasi dan HAM

Melakukan demokrasi berarti memberikan izin kepada warga negaranya dalam berpartisipasi baik itu secara langsung atau pun bisa melalui perwakilan yang sudah dirumuskan secara hukum. Demokrasi melingkupi kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Hakikat dari demokrasi yang berasal dari bahasa Yunani yang artinya kekuasaan rakyat. Terbentuk dari kata demos (rakyat) dan kratos (kekuasaan). Secara teoritis demokrasi Suatu pemerintahan demokratis berbeda dengan bentuk pemerintahan yang kekuasaannya dipegang satu orang, misalnya seperti di monarki, atau sekelompok kecil, seperti oligarki. Seperti menurut Karl Popper mendefinisikan demokrasi sebagai sesuatu yang berbeda dengan kediktatoran atau tirani, sehingga berfokus pada kesempatan bagi rakyat untuk mengendalikan para pemimpinnya dan menggulingkan mereka tanpa perlu melakukan revolusi.

Bentuk-bentuk Demokrasi

Demokrasi terdiri dari dua bentuk dasar. Keduanya juga menjelaskan cara seluruh rakyat menjalankan keinginannya. Adapun bentuk demokrasi terdiri dari (1) demokrasi langsung, yaitu semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Di kebanyakan negara demokrasi modern, seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat. (2) demokrasi tak langsung dimana kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan; ini disebut demokrasi perwakilan. Konsep demokrasi perwakilan muncul dari ide-ide dan institusi yang berkembang pada Abad Pertengahan Eropa, Era Pencerahan, dan Revolusi Amerika Serikat dan Perancis.

Negara Indonesia sendiri telah menerapkan prinsip demokrasi. Prinsip demokrasi sudah diterapkan sejak Indonesia merdeka. Salah satu contoh bentuk demokrasi yang diterapkan di Indonesia adalah pemilu. Setiap orang berhak dalam memberikan suara dan pendapatnya. “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan.” Merupakan penggalan dari Pancasila sila ke-4 yang mencerminkan bahwa negara indonesia adalah negara demokrasi.

Mengenal Hak Asasi Manusia (HAM)

Setelah mengetahui apa itu demokrasi dan bentuk-bentuk dari demokrasi. Berikut ini kita akan membahas tentang HAM atau Hak Asasi Manusia. HAM merupakan bentuk hak-hak yang telah dimiliki oleh manusia sejak ia dalam kandungan. HAM memiliki sifat yang universal. Adapun dasar-dasar dari HAM tertuang dalam deklarasi kemerdekaan Amerika Serikat (Declaration of Independence of USA) dan juga tercantum dalam isi UUD 1945 Republik Indonesia, seperti pada pasal 27 ayat 1, pasal 28, pasal 29 ayat 2,pasal 30 ayat 1, dan pasal 31 ayat 1.

Dalam teori perjanjian bernegara, terdapat istilah Pactum Unionis dan Pactum Subjectionis. Pactum Unionis adalah sebuah perjanjian antara individu-individu atau kelompok-kelompok masyarakat dalam membentuk suatu negara, sedangkan pactum unionis adalah perjanjian antara warga negara dengan penguasa yang dipilih di antara warga negara tersebut. Salah satu ahli bernama Thomas Hobbes mengakui adanya Pactum Subjectionis saja. John Lock mengakui adanya Pactum Unionis dan Pactum Subjectionis dan JJ Roessaeu mengakui adanya Pactum Unionis. Ke tiga paham tersebut berpendapat demikian. Namun pada intinya teori perjanjian ini memberikan amanah adanya perlindungan Hak Asasi Warga Negara yang harus dijamin oleh penguasa, bentuk jaminan itu harus tertuang dalam konstitusi (Perjanjian Bernegara).

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.