Macam Teknik Statistika Dasar

By | August 13, 2017
Macam Teknik Statistika Dasar

Macam Teknik Statistika Dasar – Statistika adalah cabang dari ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara mengumpulkan, menganalisa dan menafsirkan data. Atau dengan kata lain, statistika menjadi semacam alat dalam melakukan penelitian empiris.

Bagi anda yang belum memahami apa itu statistik, berikut akan kami jelaskan secara detail tentang ilmu statistika dasar. Ada dua teknik yang digunakan mempresentasikan data dalam ilmu statistik, untuk lebih jelasnya simak uraian kami dibawah ini.

Dalam menganalisa data, seorang peneliti menggambarkan persepsinya tentang suatu fenomena. Deskripsi yang sudah dianggap stabil atas suatu fenomena seringkali bisa menjelaskan teori. Walaupun, orang mungkin bisa berpendapat bahwa ilmu biasanya menggambarkan bagaimana sesuatu bisa terjadi, bukan mengapa.

Macam Teknik Statistika Dasar

Penemuan sebuah teori baru adalah proses kreatif yang diperoleh dengan cara mengembalikan informasi mereka pada teori yang ada atau mengambil informasi yang diperoleh dari dunia nyata. Pendekatan awal yang biasa digunakan untuk menggambarkan suatu fenomena adalah statistika deskriptif.

Macam Teknik Statistika Dasar

Seperti yang kami uraikan diatas tadi bahwa ada dua teknik yang digunakan mempresentasikan data dalam ilmu statistik yaitu:

Teknik Statistik Deskriptif

Teknik yang pertama adalah teknik statistik deskriptif. Teknik statistik deskriptif adalah teknik yang digunakan untuk mengekspresikan data dan mempresentasikannya dalam bentuk yang bisa dipahami oleh semua orang.

Teknik ini melibatkan proses kuantifikasi penemuan sebuah fenomena. Berbagai statistik sederhana, seperti rata-rata, dihitung dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Statistik deskriptif dapat memberikan pengetahuan yang signifikan tentang terjadinya fenomena yang tidak diketahui dan mendeteksi keterkaitan di dalamnya.

Teknik Statistik Induktif

Teknik yang kedua adalah teknik statistik induktif. Tidak seperti fisika, relasi atau hubungan empiris yang diamati dalam ilmu pengetahuan alam, sosiologi dan psikologi dan bidang lain seperti ekonomi bersifat statis. Di bidang ini, pekerjaan empiris dilakukan berdasarkan eksperimen atau survei sampel.

Dalam kasus lain, seluruh populasi tidak dapat diamati disebabkan berbagai alasan mulai alasan yang bersifat ekonomis atau praktis. Mengambil kesimpulan tentang populasi berdasarkan data dari sampel terbatas adalah tujuan dari proses keputusan inferensial atau statistik induktif ini.

Demikian uraian kami tentang macam teknik statistika dasar, semoga bermanfaat.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.