Lowongan Kerja PT Pertamina: Perusahaan Pengelola Migas Raksasa di Indonesia

Lowongan Kerja PT Pertamina

PT. Pertamina (Persero)

Siapa yang tidak tahu PT. Pertamina (Persero)?

Sebagai lulusan fresh graduate, tentu Anda berharap bisa segera bergabung dengan perusahaan raksasa milik negara ini.

Ya. Pertamina adalah perusahaan BUMN.

Pada artikel ini kami akan menginformasikan lowongan fresh graduate PT Pertamina.

Namun, sebelumnya mari kita mengetahui terlebih dahulu apa itu Pertamina dan juga sejarahnya.

 

Profil Perusahaan PT. Pertamina

PT. Pertamina adalah sebuah BUMN yang memiliki tugas untuk mengelola penambangan, terutama pada minyak bumi dan gas alam.

Pertamina adalah lokomotif perekonomian bangsa. Ia merupakan perusahaan BUMN yang bergerak untuk membuat sumber energi baru.

Pertamina menjalankan aktivitas bisnisnya didasarkan pada prinsip-prinsip tata kelola korporasi yang baik, sehingga bisa berdaya saing yang tinggi di dalam era globalisasi.

Terbukti pada tahun 2013, PT. Pertamina masuk urutan 500 perusahaan top dunia yang diukur berdasarkan pendapatan tahunan perusahaan.

Saat itu PT. Pertamina berada pada urutan 122. Data ini dikeluarkan oleh majalah ternama asal Amerika Serikat, Fortune.

PT. Pertamina didirikan pada 10 Desember 1957 dengan fokus industri minyak dan gas bumi. Sejak saat itu pertamina menyediakan produk bahan bakar, pelumas dan petrokimia.

Pada awal kelahirannya perusahaan ini bernama Perusahaan Pertambangan Minyak dan Gas Bumi Negara. Lalu seiring perkembangan jaman, perusahaan berubah nama menjadi PT. Pertamina.

Ya. Kali ini lebih mudah diucapkan.

Tercatat selama lebih dari 5 dekade ini, Pertamina memiliki komitmen dalam menjalankan kegiatan bisnisnya secara profesional dalam orientasi pada kepentingan pelanggan.

Saat ini, Pertamina memang telah memiliki penguasaan teknis yang tinggi. Bahkan sebelumnya PT. Pertamina telah memonopoli pendirian SPBU di Indonesia sampai dengan tahun 2001.

Pertamina memiliki peran yang sangat penting untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Karena itu, sampai saat ini perusahaan ini terus menghadirkan inovasi-inovasi untuk produk dalam negeri.

Upaya perbaikan serta inovasi terus dilakukan untuk menjalankan peran strategis dalam perekonomian nasional sesuai dengan ketentuan global.

Pertamina masih terus menunjukan komitmennya untuk menciptakan alternatif baru dalam penyediaan berbagai jenis sumber energi. Fokus saat ini adalah mengembangkan sumber energi bayu yang lebih efisien dan berkelanjutan, serta ramah terhadap lingkungan.

 

Visi dan Misi PT Pertamina

PT. Pertamina memiliki inisiatif dalam memanfaatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki, untuk mendapatkan sumber energi baru dan terbarukan. Tentunya dengan harapan untuk mewujudkan visi perusahaan, Menjadi Perusahaan Energi Nasional Kelas Dunia.

Pertamina juga memiliki misi untuk menjalankan usaha minyak, gas, serta energi baru dan terbarukan secara terintegrasi, berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.

Demi mewujudkan visi dan misi tersebut, Pertamina membuat strategi jangka panjang perusahaan, yaitu “Aggressive in Upstream, Profitable in Downstream”. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan, karena perusahaan akan mengupayakan ekspansi bisnis minyak bumi dan gas, dengan lebih efisien.

Pertamina memiliki landasan yang kokoh dalam melaksanakan kiprahnya untuk mewujudkan visi dan misi perusahaan. Salah satunya adalah dengan dengan menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang sesuai dengan standar global best practice.

PT. Pertamina mengusung tata nilai korporat yang telah dimiliki dan dipahami oleh seluruh unsur perusahaan, yaitu Clean, Competitive, Confident, Customer-focused, Commercial dan Capable. Perusahaan juga berusaha untuk selalu menjalankan program sosial secara terprogram dan terstruktur.

 

Sektor Bisnis

Sejak didirikan, Pertamina menyelenggarakan usaha minyak dan gas bumi di sektor hulu hingga hilir. Bisnis sektor hulu Pertamina yang dilaksanakan di beberapa wilayah di Indonesia dan luar negeri.

Sektor bisnis PT. Pertamina meliputi kegiatan di bidang-bidang eksplorasi, produksi, serta transmisi minyak dan gas.

Sektor hilir Pertamina meliputi kegiatan pengolahan minyak mentah, pemasaran dan niaga produk hasil minyak, gas dan petrokimia, dan bisnis perkapalan terkait untuk pendistribusian produk Perusahaan.

Kegiatan pengolahan terdiri dari: RU II (Dumai), RU III (Plaju), RU IV (Cilacap), RU V (Balikpapan), RU VI (Balongan) dan RU VII (Sorong).

Saat ini, Pertamina mengelola dan mengoperasikan Unit Kilang LNG Arun (Aceh) dan Unit Kilang LNG Bontang (Kalimantan Timur).

Produk yang dihasilkan meliputi bahan bakar minyak (BBM) seperti premium, minyak tanah, minyak solar, minyak diesel, minyak bakar dan Non BBM seperti pelumas, aspal, Liquefied Petroleum Gas (LPG), Musicool, serta Liquefied Natural Gas (LNG), Paraxylene, Propylene, Polytam, PTA dan produk lainnya.

Pertamina juga menekuni bisnis jasa teknologi dan pengeboran. Perusahaan memiliki aktivitas yang terdiri atas pengembangan energi panas bumi dan Coal Bed Methane (CBM).

Pertamina saat ini telah beroperasi baik secara independen maupun melalui beberapa pola kerja sama dengan mitra kerja di luar negeri.

Salah satunya adalah dengan membangun kerja sama dengan Joint Operation Body (JOB), Kerja Sama Operasi (KSO), Technical Assistance Contract (TAC), Badan Operasi Bersama (BOB) dan Indonesia Participating/ Pertamina Participating Interest (IP/PPI).

 

Dukungan Untuk Pemerintah

Aktivitas eksplorasi dan produksi panas bumi oleh Pertamina sepenuhnya dilakukan di dalam negeri. Hal ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah agar dapat menyediakan 10.000 Mega Watt (MW) listrik.

Dalam rangka mendukung program peningkatan pasokan gas nasional pemerintah, Pertamina mengembangkan sumber energi yang berasal dari gas metana batubara.

Selain itu Direktorat Gas, Energi Baru dan Terbarukan mengelola bisnis Gas, Power, dan NRE sebagai core business Pertamina untuk memperkuat business positioning dan daya saing, mengoptimalkan profit serta mendukung business sustainability Perseroan. Strategi:

  1. Mengembangkan penguasaan pasar Gas, Power, dan NRE dengan mengamankan sisi pasokan, serta meng-create dan memperluas pasar untuk mengembangkan skala bisnis melalui optimalisasi bisnis eksisting dan penguasaan resources baru.
  2. Ekspansi pasar baru untuk mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, dan NRE
  3. Mengembangkan resources dan bisnis baru sebagai new growth engine.
  4. Ekspansi pasar baru untuk mengakselerasi bisnis Direktorat GEBT di bidang Gas, Power, dan NRE.
  5. Mengembangkan resources dan bisnis baru sebagai new growth engine.

Salah satu kilang minyak milik PT. Pertamina (Persero) di Indonesia

 

Sejarah PT. Pertamina (Persero)

Pertamina didirikan pada tanggal 10 Desember 1957 sebagai perusahaan BUMN. Berikut ini adalah perkembangan perusahaan dari masa ke masa.

Tahun 1957: Masa Awal Kemerdekaan Indonesia

Pada 1950-an, ketika penyelenggaraan negara mulai berjalan normal seusai perang mempertahankan kemerdekaan, Pemerintah Republik Indonesia mulai menginventarisasi sumber-sumber pendapatan negara, di antaranya dari minyak dan gas. Namun saat itu, pengelolaan ladang-ladang minyak peninggalan Belanda terlihat tidak terkendali dan penuh dengan sengketa.

 

Tahun 1968: INTEGRASI PENGELOLAAN MIGAS INDONESIA

Pada tahun 1960, PT PERMINA direstrukturisasi menjadi PN PERMINA sebagai tindak lanjut dari kebijakan Pemerintah, bahwa pihak yang berhak melakukan eksplorasi minyak dan gas di Indonesia adalah negara.

 

Tahun 1971: TONGGAK MIGAS INDONESIA

Untuk memperkokoh perusahaan yang masih muda ini, Pemerintah menerbitkan Undang-Undang No. 8 tahun 1971, dimana di dalamnya mengatur peran Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan milik negara yang ditugaskan melaksanakan pengusahaan migas mulai dari mengelola dan menghasilkan migas dari ladang-ladang minyak di seluruh wilayah Indonesia, mengolahnya menjadi berbagai produk dan menyediakan serta melayani kebutuhan bahan bakar minyak & gas di seluruh Indonesia.

 

Tahun 2001 – 2003: DINAMIKA MIGAS INDONESIA

Seiring dengan waktu, menghadapi dinamika perubahan di industri minyak dan gas nasional maupun global, Pemerintah menerapkan Undang-Undang No. 22/2001. Paska penerapan tersebut, Pertamina memiliki kedudukan yang sama dengan perusahaan minyak lainnya. Penyelenggaraan kegiatan bisnis PSO tersebut akan diserahkan kepada mekanisme persaingan usaha yang wajar, sehat, dan transparan dengan penetapan harga sesuai yang berlaku di pasar.

 

Tahun 2005: MASA TRANSFORMASI

Pada 10 Desember 2005, sebagai bagian dari upaya menghadapi persaingan bisnis, PT Pertamina mengubah logo dari lambang kuda laut menjadi anak panah dengan tiga warna dasar hijau-biru-merah. Logo tersebut menunjukkan unsur kedinamisan serta mengisyaratkan wawasan lingkungan yang diterapkan dalam aktivitas usaha Perseroan.

Teknisi PT Pertamina Persero

Lowongan Kerja PT Pertamina (Persero)

Gaji: 4jt – 20jt / bulan

Berikut ini adalah informasi lowongan kerja dan peluang karir di PT Pertamina Persero tahun 2017:

Experience Hire

1. Direktorat Gas – Analyst New Energy Tech Development

Job Description:

Melakukan identifikasi peluang bisnis, kajian pengembangan bisnis, penyusunan proposal pengembangan bisnis, monitoring implementasi pengembangan bisnis, evaluasi dan penyusunan rekomendasi terhadap implementasi pengembangan bisnis, corrective action yang diperlukan selama implementasi pengembangan bisnis, pengelolaan program kerjasama, identifikasi dan respon terkait kebutuhan informasi regulator dan stakeholders, pengelolaan relasi regulator dan stakeholders serta stakeholder analysis & mapping dalam rangka mendukung operasionalisasi pengembangan project New Energy yang optimal di Pertamina sesuai dengan target perusahaan.

Job Requirement:

  • T. Kimia
  • T. Mesin
  • T. Industri
  • T. Elektro
  • Memiliki pengalaman kerja minimal selama 5 tahun di Bidang Oil & Gas dan Bidang Energi Baru dan Terbarukan.

 

Posisi ini dibuka sampai dengan 3 Nopember 2017 jam 23:59 WIB.

 

2. Direktorat Gas – Analyst Renewable Tech Dev

Job Description:

Melakukan pengembangan bisnis Renewable Energy meliputi studi dan identifikasi peluang; kajian awal dan kajian lanjut pengembangan bisnis; monitoring implementasi pengembangan bisnis; penyusunan proposal pengembangan bisnis; analisa kerja sama bisnis dengan mitra; penentuan tujuan dan kontribusi kerjasama dengan calon mitra; persiapan program kerja sama dan persiapan dokumen kerja sama serta implementasi pengembangan bisnis; identifikasi dan respon kebutuhan informasi regulator dan stakeholders; advokasi regulasi; pengelolaan relasi dengan regulator dan stakeholders; stakeholder analysis & mapping dalam rangka mendukung proses pengembangan bisnis Renewable Energy yang optimal di Pertamina sesuai dengan target perusahaan.

 

Job Requirement:

  • T. Kimia
  • T. Mesin
  • T. Industri
  • T. Perminyakan
  • Memiliki pengalaman kerja minimal selama 5 tahun di Bidang Oil & Gas dan Bidang Energi Baru dan Terbarukan.

 

Posisi ini dibuka sampai dengan 3 Nopember 2017 jam 23:59 WIB.

 

3. Direktorat Keuangan – Finance Expert II

Job Requirement:

  • Mampu memahami dan menganalisa prinsip dasar Finance yang berkaitan dengan working Capital Management (Treasury), Capital Budgeting, Cost of Capital, Leverage, Financial Statement analysis, Long Term & Capital Structure, Devident & Share Purchase, Financial Planning, Insurance Management dan Inventory Management.
  • Memiliki Sertifikasi CFA Level I.
  • Memahami pedoman terkait dengan finance, PSAK / IAS dan IFRS.
  • S1 bidang Finance dan Memiliki Pengalaman Kerja di bidang Finance minimal 10 tahun.

 

Posisi ini dibuka sampai dengan 7 Nopember 2017 jam 12:00 WIB.

Sepada santai

Fresh Graduate

Jurusan:

Sarjana: Manajemen, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Informatika, Hukum.

Ahli Madya: Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Teknik Listrik, Teknik Fisika, Teknik Industri, Teknik Lngkungan, Akuntansi.

 

Persyaratan:

Sarjana (S1)

  • Usia maks 27 (per 31 Desember 2017)
  • IPK minimal 3.00
  • Minimal nilai TOEFL PBT: 500, TOEIC: 600, IELTS: 6
  • Akreditasi jurusan minimal B

 

Ahli Madya / Diploma (D3)

  • Usia maks 25 (per 31 Desember 2017)
  • IPK minimal 2.75
  • Minimal nilai TOEFL PBT: 400, TOEIC: 400, IELTS: 5
  • Akreditasi jurusan minimal B

 

Pendaftaran ini dibuka sampai dengan 3 Oktober 2017 jam 23:59 WIB

Detail Mengenai Lowongan Pekerjaan

Untuk detail persyaratan dan pendaftaran, klik Recruitment Pekerja Baru (Fresh Graduate) 2017. Pendaftaran resmi hanya melalui aplikasi online pada link di atas.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Pertamina Contact Center (021) 500 000 atau pcc@pertamina.com.

Hati-hati dengan penipuan!!!

 

Sumber: www.pertamina.com