Apa itu Logika Matematika?

By | August 13, 2017
Logika Matematika

Logika Matematika merupakan sebuah cabang matematika yang terdiri dari gabungan ilmu logika dan juga ilmu matematika. Hal terpenting yang akan kalian peroleh dengan mempelajari logika matematika adalah kemampuan untuk mengambil dan juga menentukan kesimpulan mana yang benar atau  mana yang salah.

Logika matematika mampu memberikan landasan mengenai bagaimana cara untuk mengambil kesimpulan.

Bagian – Bagian Logika Matematika

Setelah kita mengetahui apa pengertian dari logika matematika, kini kita dapat memulai pembahasan materi tentang hal-hal yang termasuk didalam logika matematika seperti yang terdapat di bawah ini:

1. Pernyataan

Kita harus memahami terlebih dahulu apa itu pernyataan. Didalam logika matematika, sebuah kalimat dimana di dalamnya memiliki nilai-nilai yang bisa dinyatakan ‘benar’ atau ‘salah’ disebut sebagai pernyataan.
Tapi kalimat tersebut tidak bisa mempunyai kedua-duanya (salah dan benar). Sebuah kalimat tidak bisa dinyatakan sebagai pernyataan apabila kita tidak dapat menentukan apakah kalimat tersebut benar atau salah serta bersifat relatif.
Di dalam Logika Matematika diketahui terdapat 2 jenis pernyataan yakni pernyataan tertutup dan terbuka:
  1. Pernyataan terbuka merupakan kalimat pernyataan yang belum dapat dipastikan nilai benar salahnya.
  2. Pernyataan tertututp merupakan kalimat pernyataan yang sudah dapat dipastikan nilai benar atau salahnya.
Supaya lebih mudah untuk memahaminya, perhatikan lah contoh berikut ini:
  • 30 + 7 = 37 (sudah pasti benar/pernyataan tertutup)
  • 30 x 6 = 210 (sudah pasti salah/pernyataan tertutup)

2. Ingkaran atau Negasi dari suatu Pernyataan

Ingkaran atau negasi merupakan kebalikan nilai dari suatu pernyataan, dimana saat suatu pernyataan tersebut bernilai benar, maka negasinya akan bernilai salah.
Ketika suatu pernyataan bernilai salah, negasinya akan bernilai benar. Ingkaran ataupun negasi dari pernyataan tersebut dilambangkan dengan sim p.

3. Pernyataan Kuantor

Pernyataan kuantor merupakan sebuah bentuk dari logika matematika yakni berupa pernyataan yang mempunyai kuantitas. Pada pernyataan kuantor, pada umumnya terdapat kata seluruh, semua, beberapa, setiap, ada, dan sebagian.
Jenis kata yang senilai dengan seluruh, setiap dan semua termasuk ke dalam kuantor universal. Sedangkan kata – kata yang senilai dengan sebagian, beberapa, ada termasuk ke dalam kuantor eksistensial. Kuantor universal serta kuantor eksistensial saling beringkaran.
Apa itu Logika Matematika?
Itulah ulasan mengenai Logika Matematika beserta bagian – bagiannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.