Hen Hen The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.

Laporan Praktikum Biologi Tentang Suhu

3 min read

Laporan Biologi Tentang Suhu

Laporan praktikum biologi tentang suhu
Berikut artikel mengenai Laporan Biologi Tentang Suhu untuk menjadi bahan referensi Anda dalam pembuatan tugas, laporan, makalah, skripsi, maupun tugas lainnya.

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar belakang

Suhu merupakan salah satu factor fisik lingkungan yang paling jelas, mudah di ukur dan sangat beragam. Suhu tersebut mempunyai peranan yang penting dalam mengatur aktivitas biologis organisme. Baik organisme hewan maupun organisme tumbuhan. Ini terutama disebabkan suhu mempengaruhi kecepatan reaksi kimiawi, dalam tubuh dan sekaligus menentukan kegiatan metabolic, misalnya dalam hal respirasi.

Aktivitas fisik yang dilakukan selama bertahun-tahun memberikan pengaruh yang nyata terhadap struktur tulang dan otot. Dengan melakukan aktivitas secara rutin badan akan lebih sehat dan metabolism akan lancer. Dengan lancarnya metabolism maka akan lancer pula pertumbuhan..

Sebagaimana halnya dengan factor lingkungan lainnya, suhu mempunyai rentang yang dapat di tolelir oleh setiap jenis organisme. Masalah ni dijelaskan dalam kajian ekologi yaitu “hukum toleransi shelford” dengan alat yang relative sederhana, percobaan tentang pengaruh suhu terhadap aktivitas organsime tidak sulit dilakukan misalnya dengan menggunakan respirometer sederhana.

Dalam hal tumbuh kembangnya suatu organisme misalnya pada tumbuhan, suhu merupakan faktor yang ikut berpengaruh selain dari faktor nutrisi, hormone, serta genetik. Tumbuhan memerlukan suhu tertentu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik, begitu pula untuk organisme lainnya. Suhu yang optimum adalah suhu yang paling baik untuk pertumbuhan, begitu pula untuk suhu terendah yang mana organisme masih bisa hidup yakni minimum, dan untuk suhu tertinggi disebut suhu maksimum.

B. Tujuan praktikum

Melalui percobaan ini mahasiswa diharapkan mampu membandingkan kecepatan penggunaan oksigen oleh organisme pada suhu yang berbeda-beda.

C. Manfaat praktikum

Mahasiswa mampu membanding kecepatan penggunaan oksigen pada suhu yang berbeda.

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

Kehadiran dan keberhasilan suatu organisme tergantung kepada lengkapnya kompleks-kompleks keadaan. Ketiadaan atau kegagalan suatu organisme dapat dikendalikan oleh kekurangan atau kelebihan secara kualitatif dan kuantitatif

dari salah satu dari beberapa factor yang mungkin mendekati batas-batas toleransi orgsnisme tersebut. Sinar, temperature dan air (hujan) merupakan factor lingkungan yang penting didarat. Sinar, temperature, dan kadar garam (salinitas) merupakan tiga besar dilaut (Odum, 1996).

Di Danau Baikal (1750) Siberia factor suhu memegang peranan penting dalam membawa oksigen ke bagian bawah. Pada suhu 4° c. air mempunyai berat jenis maksimum disbanding pada suhu liannya. Oleh karena itu, jika suhu permukaan air mempunyai 4° c, maka air dipermukaan akan turun dan dengan demikian memaksa air bagian bawah yang lebih panas untuk bergerak keatas. Dengan demikian oksigen dapat sampai kebagian bawah perairan darat. Oleh karena itu air dingin dapat mengandung banyak udara yang larut, biasanya banyak mengandung oksigen (Soenarwoto, 1990).

Baca juga  7 Ciri-Ciri Enzim dan Penjelasannya

Didaerah dengan perubahan musim yang nyata sekali, pemanasan permukaan suatu danau dalam mmusim panas mencegah airnya bercampur dengan air yang lebih dalam. Hal ini disebabkan air hangat kurang rapat atau pekat daripada yang dingin. Air permukaan mampu mempeloreh oksigen terlarut sebagian dari udara atas dan juga terdapat di zona limnotik, sebagian dibebaskan kedalam air dalam fotosintetis akan tetapi ketika air permukaan menjadi sejuta maka menjadi lebih sehingga membawa oksigen bersamanya (Kimball, 1999).

Suhu merupakan salah satu factor fisik lingkungan yang paling jelas, mudah diukur dan sangat beragam. Suhu tersebut mempunyai peranan yang penting dalam mengatur aktivitas biologis organisme, baik hewan maupun tumbuhan. Ini terutama disebabkan karena suhu mempengaruhi kecepatan kegiatan metabolic, misalnya dalam hal respirasi (Anonim, 2012).

Suhu merupakan salah satu factor fisik lingkungan yang paling jelas, mudah diukur dan sangat beragam. Suhu tersebut mempunyai peranan yang penting

dalam mengatur aktivitas biologis organisme, baik hewan maupun tumbuhan. Ini terutama disebabkan karena suhu mempengaruhi kecepatan reaksi kimiawi dalam tubuh dan sekaligus menentukan kegiatan metabolic, misalnya dalam hal respirasi (Tim penyusun, 2012).

Sebagaimana halnya dengan factor lingkungan lainnya, suhu mempuyai rentang yang dapat ditoleransi (ditenggang) ooleh setiap organisme. Masalah ini dijelaskan dalam kajian ekologi “Hukum Toleransi Shelford”. Dengan alat relative sederhana, percobaan tentang pengaruh suhu terhadap aktivitas respirasi organisme tidak sulit dilakukan (Tim penyusun, 2012).

 

BAB III

METODE PRAKTIKUM

A. Waktu dan Tempat

Hari/Tanggal : Jumat, 28 Desember 2013
Waktu : Pukul 15.30 s.d. 17.30 WITA
Tempat : Green House Biologi FMIPA UNM

B. Alat dan Bahan

  1. Alat
  2. Termometer batang, 1 buah
  3. Stopwatch/jam tangan
  4. Toples, 2 buah
  5. Bahan
  6. Ikan mas koki 2 ekor
  7. Es batu
  8. Air kran
  9. Air panas

C. Prosedur Kerja

  1. Mengambil 1 ekor ikan mas koki dan memasukkannya ke dalam becker glass (toples) yang berisi air kran (± 27oC) 800 mL. Hitung dan catat frekuensi gerakan (buka-tutup) Operculum dalam 1 menit selama 5 menir.
  2. mengambil 1 ekor ikan mas koki dan memasukkan ke dalam becker glass (C) yang berisi air dingin (16oC) 800 mL. Hitung dan catat frekuensi gerakan (buka-tutup) Operculum dalam 1 menit selama 5 menit.
  3. Kemudian 1 ekor ikan mas koki yang tadi dimasukkan ke dalam becker glass (toples) yang berisi air panas (38oC) 800 mL. Hitung dan catat frekuensi gerakan (buka-tutup) Operculum dalam 1 menit selama 5 menit.
  4. Mencatat hasil pengamatan dalam tabel.
Baca juga  Manfaat Biofisika Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

BAB IV

HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Hasil pengamatan

Gelas Kimia

Suhu awal air

Waktu (menit ke….)Rerata
12345
(A)

27° C

284235283533,6
(B)

16° C

647580657271,2
(C)

38° C

10792120129136116,8

B. Analisis Data

1. Wadah berisi air kran (27° C)

Laporan Biologi Tentang Suhu

 

2. Wadah berisi air dingin (16° C)

Laporan Biologi Tentang Suhu

3. Wadah berisi air panas (38° C)

Laporan Biologi Tentang Suhu

C. Pembahasan

Dari percobaan diatas tampak perbandingan kecepatan respirasi ikan mas koki pada suhu yang berbeda, yaitu pada wadah A dimana suhu air kran 27° C diperoleh rata-rata frekuensi buka tutup operculum ikan mas koki selama 5 menit sebanyak 33,6. Sedangkan pada suhu 16° C dimana airnya adalah air dingin

diperoleh frekuensi rata-rata buka tutup operculum sebanyak 71,2. Dan pada suhu 38° C dimana airnya adalah air panas diperoleh frekuensi rata-rata buka tutup operculum sebanyak 116,8. Hal ini membuktikan bahwa proses respirasi pada ikan mas koki dipengaruhi oleh suhu. Pada suhu air kran 27° C frekuensi buka tutup operculumnya normal karena ikan mas koki dapat melakukan aktivitas respirasinya dengan normal karena suku dan keadaan lingkungan yang mendukung pada proses respirasi, ikan membutuhkan oksigen, dimana persediaan oksigen dipengaruhi oleh suhu lingkungannya. Seperti tampak dalam pengamatan. Sedangkan pada suhu air dingin 16° C frekuensi buka tutup operculum pada ikan mas koki berlangsung lebih cepat. Sedangkan pada air panas dengan suhu 38° C frekuensi buka tutup operculum mengakibatkan aktivitas organ-organ tubuhnya pun makin cepat.

 

BAB V

PENUTUP

A. Kesimpulan

Dari hasil percobaan yang dilakukan dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu, semakin tinggi suhu suatu lingkungan, maka kecepatan respirasi organismepun akan semakin besar dan pula begitu pula sebaliknya. Atau dapat dikatakan suhu mempengaruhi aktivitas organisme.

B. Saran

  1. Untuk praktikan, diharapkan agar dalam proses perhitungan gerakan operculum kiranya dilakukan dengan lebih teliti dan cermat.
  2. Untuk asisten, jangan bosan-bosan membimbing praktikan yang masih bingung dengan praktikum yang harus dilakukan.
  3. Untuk laboran, diharapkan agar dapat menjaga dan membersihkan alat-alat yang akan digunakan, agar praktikum dapat berjalan dengan baik.

 

Daftar Pustaka

Anonim. 2012. Pengaruh lingkungan terhadap organisme akuatik. http://www.musida.web.id/content/faktor-faktor-yang-mempengaruhiadapatasi-hewan-air-terhadap-lingkungannya. diakses tanggal 02 desember 2012.

Kimball, 1999. Biologi edisi kelima jilid 3. Jakarta: Erlangga.

Odum, Eugene P. 1996. Biologi umum II. Jakarta : gramedia yayasan studi kurikulum biologi.

Tim penyusun. 2012. Penuntun Praktikum Biologi Dasar : universitas negeri Makassar.

Hen Hen The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.