Konsep Mekanika kontinu

Konsep Mekanika kontinu

Konsep Mekanika kontinu – Berbicara terkait mekanika kontinu tidak akan terlepas dari cabang mekanika yang berhubungan dengan perilaku material mekanika dan analisis kinematika. Mekanika ini dimodelkan sebagai massa kontinu alih-alih partikel diskret. Orang yang pertama kali merumuskan ini adalah Matematikawan Perancis, Augustin Louis Cauchy pada abad ke-19.

Dalam mekanika ini pemodelan objek sebagai sebuah kontinu. Yang memasng dianggap bahwa senyawa objek tersebut mengisi ruang yang dikuasainya secara utuh. Dalam melakukan pemodelan di mekanika ini mengabaikan materi yang tersusun atas atom-atom. Ini yang berarti tidaklah kontinu.

Pada jangka yang skala panjang yang lebih besar daripada jarak antar-atom, model ini sangatlah akurat. Pada hukum fisika dasar model ini dapt digunakan untuk menurunkan persamaan-persamaan diferensial.

Konsep dari mekanika kontinu ini dimana material yang, tersusun dari molekul-molekul yang dipisahkan oleh ruang kosong. Ketika dalam skala makroskopik, material-material memiliki ketidakkontinuan dan rekahan. Sehingga gejala-gejala fisis tertentu dapat dimodelkan. Dengan anggapan material-material tersebut wujud sebagai continuu. Yang artinya materi di dalam benda tersebut tersebar secara kontinu dan mengisi seluruh wilayah ruang yang dikuasainya.

Kontinu merupakan sebuah benda yang dapat dipecah-pecah secara kontinu. Yang kemudian menjadi unsur-unsur infinitesimal dengan sifat-sifat seperti yang dimiliki material yang berukuran besar. keshahihannya dapat diperiksa dengan menggunakan bantuan analisis teoretik.

Dimana beberapa periodisitas yang jernih dapat dikenali, atau ergodisitas dan kehomogenan statistika mikrostruktur berwujud.

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Teori Mekanika Kuantum

 

Demikian artikel kali ini tentang Konsep Mekanika Kontinu, semoga bermanfaat.

 

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.