Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia, Lengkap !

Posted on

Jagoan Ilmu, Kerajaan Islam terbesar di Indonesia, lengkap – Tahukah Andaa kerajaan Islam terbesar di Indonesia ?, Islam menjadi agama yang mengalami perkembangan sangat pesat sepanjang sejarah. Sejarah kerajaan Islam terbesar di Indonesia adalah berasal dari jalur perdagangan. Para pedagang dari tanah Arab khususnya, datang ke nusantara melalui perjalanan maritim yang panjang. Dari sinilah, persebaran agama Islam mulai bergerilya hingga melahirkan kerajaan-kerajaan besar yang memberi pengaruh luar biasa. Berikut, penjelasan kerajaan Islam terbesar di Indonesia.

3 Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia

Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia

Berikut 3 kerajaan Islam terbesar di Indonesia, antara lain :

1. Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia

Kerajaan samudera pasai, berdasarkan berita yang dibawa oleh dua penjelajah legendaris, Marcopolo (tahun 1292) dan Ibnu Batutah (abad ke-13), sebuah kerajaan Islam Indonesia besar telah berdiri. Namanya Kerajaan Samudera Pasai yang terletak di Aceh. Pendirinya adalah Sultan Malik Al-Saleh atau Marah Silu yang diangkat oleh laksamana laut Mesir: Nazimudin Al-Kamil.

Proses keruntuhan Kerajaan Samudera Pasai ini tergolong pelik. Setelah tak ada pengganti Sultan Malikul Zahir, terjadi perebutan kekuasaan, serangan Kerajaan Majapahit (tahun 1339), serangan Portugis yang terpusat di Bandar Selat Malaka. Serangan bertubi-tubi itu, mau tak mau memaksa kerajaan berubah jadi kepingan-kepingan sejarah.

2. Kerajaan Demak

Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia

Demak merupakan sebuah kabupaten yang ada di dalam wilayah otoritas Kerajaan Majapahit dengan Raden Patah sebagai adipatinya. Baru pada akhir abad XV saat Majapahit mengalami kekacauan dan wilayah-wilayah di bawah kekuasaannya mulai bertikai, Demak memilih untuk tidak ikut dalam pertikaian dan mendirikan kekuatan sendiri.

Kerajaan yang menjadi pelopor persebaran Islam di tanah Jawa ini mengalami masa keemasan di bawah kepemimpinan raja ketiganya setelah Adipati Unus, yakni Sultan Trenggono. Sultan Trenggono sendiri merupakan anak ketiga dari Raden Patah dan tidak lain merupakan adik dari Adipati Unus.

Baca Juga 15 Kerajaan Islam di Indonesia

Keberhasilan terbesar Kerajaan Demak yang terjadi pada masa ini adalah merebut Sunda Kelapa dari tangan Kerajaan Pajajaran dan memblok kapal-kapal Portugis yang akan berlabuh di sana. Selain itu, ekspansi besar-besaran juga dilakukan ke kawasan timur Pulau Jawa seperti Tuban, Surabaya, hingga melakukan serangan ke kerajaan Hindu di Banyuwangi, Kerajaan Blambangan.

Seperti kebanyakan penyebab keruntuhan kerajaan besar lainnya, Demak juga mengalami konflik internal yang memperebutkan kekuasaan sebelum akhirnya hancur. Peristiwa ini terjadi di antara Pangeran Prawoto dan Pangeran Sido Lapen yang tidak lain merupakan anak dan saudara Sultan Trenggono. Sang Sultan sendiri gugur dalam pertempuran saat melakukan ekspansi di wilayah Pasuruan.

3. Kerajaan Gowa Tallo

Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia

Di kawasan timur Indonesia, Kerajaan Gowa Tallo adalah salah satu kerajaan yang terbesar pernah ada. Sesuai namanya, kerajaan ini berasal dari dua daerah, Gowa dan Tallo. Kedua raja dari masing-masing kerajaan ini resmi memeluk Islam pada tahun 1605 M.

Setelah memeluk Islam, barulah kemudian Kerajaan Gowa melakukan perluasan wilayah politik dengan tujuan memperluas ajaran Islam. Di bawah kepemimpinan Sultan Hasanuddin, Gowa dan Tallo kemudian bergabung menjadi satu dan melahirkan sebuah kerajaan baru yang besar dan menjadi salah satu ancaman terbesar kaum kolonial Belanda.

Di masa kepemimpinan Ayam Jantan dari Timur inilah Gowa-Tallo mencapai puncak kejayaan. Wilayah politik berkembang luas hingga ke Matos, Bulukamba, Mondar, bahkan Selayar dan wilayah Indonesia Timur. Namun, masa keemasan tersebut harus kandas setelah Portugis menggempur habis-habisan. Setelah penandatanganan Perjanjian Bongaya yang dilakukan dengan sangat terpaksa, Gowa-Tallo kerajaan Islam di tanah Sulawesi ini akhirnya harus bertekuk lutut.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Kerajaan Islam terbesar di Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Sejarah berikutnya.

Gravatar Image
Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.