Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Sejarah Singkat Kerajaan Hindu Budha Pertama di Indonesia

1 min read

Kerajaan Hindu Budha Pertama di Indonesia

Jagoan Ilmu, Sejarah singkat kerajaan hindu budha pertama di Indonesia – Tahukah Anda kerajaan hindu budha pertama di Indonesia ? Munculnya kerajaan hindu budha pertama di Indonesia adalah tidak terlepas dari pengaruh bangsa india yang masuk ke Indonesia, sehingga memberikan pengaruh terhadap sistem pemerintahan. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan kerajaan hindu budha pertama di Indonesia berikut ini.

Sejarah Singkat Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Kerajaan Hindu Budha Pertama di Indonesia

Setiap daerah memiliki budaya sendiri sebagai ciri khas masyarakatnya. Jika dilihat lebih jeli, hampir semua wilayah Indonesia didominasi dengan budaya masyarakat Hindu. Hal tersebut terlihat dari peninggalan-peninggalan sejarah sebagai jejak majunya peradaban kerajaan Hindu Budha di Indonesia.

Peninggalan kerajaan Hindu Budha di Indonesia yang paling dikenal masyarakat yaitu candi dan berbagai prasasti. Keberadaan peninggalan ini pun dilestarikan sebagai cagar budaya warisan Indonesia. Hingga saat ini peninggalan kerajaan Hindu Budha banyak dilestarikan sebagai tempat-tempat wisata. Baca Juga Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Di samping itu tidak sedikit juga berbagai peninggalan seperti prasasti juga dilestarikan di dalam museum-museum. Ini merupakan wujud pelestarian budaya Indonesia. Kerajaan yang bercorak Hindu Budha di Indonesia, antara lain Kerajaan Kutai, Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Majapahit, Kerajaan Singasari, Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Mataram Kuno, dan Kerajaan Kediri.

Awal Mula Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia bermula dari perdagangan dan penyebaran agama. Agama Hindu dan Budha merupakan agama yang pertama kali masuk ke Indonesia dimana sebelumnya masyarakat Indonesia masih mengenal animisme.

Ajaran agama Hindu sendiri pertama kali dibawa oleh musafir dari India bernama Maha Rezi Agastya pada awal penanggalan masehi. Sedangkan ajaran Budha dibawa oleh I-Tsing mulai pada abad ke-7 dan berkembang pesat di Sumatera yang terkenal dengan kerajaan Budha Sriwijaya.

Hingga abad ke-14 kerajaan Sriwijaya sangat berkembang pesat hingga mampu menguasai berbagai wilayah di Pulau Jawa. Begitu pula dengan kerajaan Majapahit yang berada pada puncaknya pada abad ke-14. Namun patih Majapahit yaitu Gajah Mada berhasil memperoleh kekuasaannya hampir di seluruh Indonesia hingga Semenanjung Melayu.

Tidak sampai disitu, pada awal abad ke-12 ajaran Islam pun diterima bangsa Indonesia dengan baik. Sehingga memunculkan kerajaan-kerajaan bercorak Islam seperti Samudera Pasai dan Demak. Ekspansionis yang dilakukan ajaran Islam secara perlahan mampu mengakhiri eksistensi kerajaan Sriwijaya dan Majapahit.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Sejarah singkat kerajaan hindu budha di Indonesia. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Sejarah berikutnya.

Sumber : https://www.romadecade.org/kerajaan-hindu-budha-di-indonesia/#!

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.