Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

5 Kerajaan Budha Pertama di Indonesia dan Benda Peninggalannya

2 min read

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Jagoan Ilmu, Kerajaan budha pertama di indonesia dan benda peninggalannya – Tahukah Anda kerajaan budha pertama di Indonesia ? Agama budha masuk ke Indonesia pada abad ke 5 Masehi yang dibawa oleh seorang pengelana dari Cina yang bernama Fa Hsien. Lalu, kerajaan budha pertama di Indonesia adalah.. Langsung saja mari simak penjelasan kerajaan budha pertama di Indonesia berikut ini.

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia dan Peninggalannya

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Berikut beberapa kerajaan budha pertama di Indonesia, antara lain : 

1. Kerajaan Sriwijaya

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Kerajaan Budha yang pertama kali dibangun di Indonesia adalah kerajaan Sriwijaya, merupakan kerajaan budha tertua yang ada di indonesia. Kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke 7. Hal ini terbukti dengan ditemukannya prasasti kedukan bukit di palembang pada tahun 689 masehi.

Pada masanya, kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang kuat pada masanya, daerah kekuasaaanya seluruh pulau Sumatera dan mengusaai perdagangan di Asia Tenggara meliputi: Sumatera, Semenanjung Malaya, Jawa, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Filipina.

Nama kerajaan Sriwijaya sendiri merupakan asal kata dari sansakerta yang terdiri dari “Sri” dan “Wijaya” yang memiliki arti kemenangan yang bercahaya.Kerajaan Budha yang pertama kali dibangun di Indonesia adalah kerajaan Sriwijaya, merupakan kerajaan budha tertua yang ada di indonesia. Kerajaan Sriwijaya didirikan pada abad ke 7.

Hal ini terbukti dengan ditemukannya prasasti kedukan bukit di palembang pada tahun 689 masehi. Pada masanya, kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang kuat pada masanya, daerah kekuasaaanya seluruh pulau Sumatera dan mengusaai perdagangan di Asia Tenggara meliputi : Sumatera, Semenanjung Malaya, Jawa, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Filipina. Nama kerajaan Sriwijaya sendiri merupakan asal kata dari sansakerta yang terdiri dari “Sri” dan “Wijaya” yang memiliki arti kemenangan yang bercahaya.

Raja pertama yang memerintah kerajaan Sriwijaya adalah Raja Sanjaya. Yang diteruskan oleh keturunan-keturunannya, diantaranya : Dapunta Hyang Sri Jayanasa, Rudra Vikraman, Sri Indravarman, Dharanindra Sanggramadhananjaya, Maharaja WisnuDharmmatunggadewa, Samaratungga, Balaputradewa, Samaragrawira, Hie-tche, Sri Udayadityavarman, Sri Cudamanivarmadeva, Sri Maravijayottungga, Sangramavijayottungga, Sumatrabhumi, Rajendra Dewa Kulottungga, Srimat Trailokyaraja Maulibhusana Warmadewa, Rajendra II, Rajendra III, Srimat Tribhuwanaraja Mauli Warmadewa, Srimat Sri Udayadityawarma Pratapaparakrama Rajendra Maulimali Warmadewa.

2. Kerajaan Kanjuruhan

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia dan Benda Peninggalannya

Kerajaan Kanjuruhan adalah kerajaan yang bercorak Hindu yang berdiri sejak abad ke 7 Masehi atau sekitar tahun 760 Masehi. Kerajaan ini terletak di desa Dinoyo, Malang Jawa Timur dan merupakan kerajaan yang tertua. Raja pertama sekaligus pendiri kerajaan ini adalah Raja Gajayana berdasarkan isi prasasti tersebut.

Beberapa benda peninggalan dari kerajaan Kanjuruhan adalah prasasti dinoyo yang ditulis dengan menggunakan bahasa sanskerta dan memakai aksara Jawa kuno. Benda peninggalan lainnya adalah candi Badut.

3. Kerajaan Mataram Kuno

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Kerajaan mataram Kuno atau kerajaan Medang adalah kerajaan bercorak budha yang berdiri pada abad 8 Masehi berlokasi di Jawa Tengah. Selama berdirinya kerajaan ini ada beberapa dinasti yang pernah berkuasa yaitu Dinasti Sanjaya, Dinasti Syailendra, dan Dinasti Isana.

Kerajaan ini sebenarnya terbagi menjadi 2 yaitu di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kerajaan ini berdiri di Jawa Timur setelah Mpu Sendok memindahkan ibukota yang semula berada di Jawa Tengah ke Jawa Timur. Baru kemudian muncullah dinasti baru yang bernama dinasti Isana. Baca Juga Kerajaan Islam Terbesar di Indonesia

Negara Mataram kuno sendiri adalah kerajaan yang tertutup baik secara politik maupun ekonomi sehingga sulit untuk berkembang. Namun ada masa kejayaannya pada kerajaan ini diantaranya adalah masyarakat pedesaan dibebaskan dari pajak, dan hubungan lalu lintas sungai lancar.

Adapun benda peninggalan kerajaan mataram kuno diantaranya adalah :

  1. Candi Sewu
  2. Candi Borobudur
  3. Candi Arjuna
  4. Candi Bima

4. Kerajaan Kediri

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Kerajaan Kediri adalah kerajaan yang bercorak Budha yang merupakan pecahan dari kerajaan Airlangga dan terletak di kota Daha (Kediri) Jawa Timur. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1042 Masehi.

Berdasarkan prasasti Mahasubya, kitab Negarakertagama dan kitab Calon arang disebutkan bahwa terjadinya peperangan saudara setelah raja utama yaitu Airlangga meninggal. Kedua putranya tersebut yaitu raja Mapanji Garasakan dan Janggala masing-masing mendapatkan wilayah. Raja Mapanji Garasakanlah yang akhirnya mendirikan kerajaan Kediri. Kediri sendiri berasal dari bahasa Sanskerta Khadri yang berarti pohon mengkudu.

5. Kerajaan Majapahit

Kerajaan Budha Pertama di Indonesia

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan terbesar di Indonesia yang berpusat di daerah jawa Timur. Kerajaan ini berdiri pada tahun 1293 Masehi dan runtuh pada tahun 1500 Masehi. Wilayahnya yang dikuasai sangat luar biasa luasnya karena wilayah Indonesia sekarang masih kalah dengan luas wilayah kerajaan Majapahit.

Beberapa wilayah yang pernah ditaklukkannya diantaranya terbentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia timur. Kerajaan Majapahit sendiri menganut agama Hindu dan Budha.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Kerajaan budha pertama di indonesia dan benda peninggalannya. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Sejarah berikutnya.

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.