Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

67 views

Fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia

Jagoan Ilmu, Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia –┬áTahukah Anda bagaimana kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia? Jika Anda belum mengetahuinya Anda tepat sekali mengunjungi jagoanilmu.net karena pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang fungsi dan kedudukan Bahasa Indonesia, kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional, kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu, dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara secara lengkap. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada dibawah ini :

Fungsi Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memiliki beberapa fungsi. Diantaranya, Fungsi-Fungsi tersebut terdiri dari :

1. Sebagai alat untuk mengungkapkan Ekspresi diri

Bahasa, dalam hal ini yaitu Bahasa Indonesia dapat digunakan sebagai alat untuk mengungkapkan Ekspresi diri. Dengan bahasa, kita dapat mengungkapkan perasaan/ekspresi yang sedang kita rasakan atau hendak kita tunjukan kepada orang lain sehingga orang lain dapat mengerti apa yang kita maksudkan.

2. Sebagai alat Komunikasi

Dalam berkomunikasi alat yang paling sering/lazim digunakan adalah Bahasa. Dengan adanya bahasa, setiap orang dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi adalah kelanjutan dari ekspresi diri yang kita sampaikan kepada orang lain dan mendapatkan respon balik dari ekspresi yang kita sampaikan tersebut.

3. Sebagai Adaptasi & Integrasi

Dalam kehidupan kita sebagai makhluk sosial, selain berkomunikasi kita dituntut untuk dapat berbaur & menyesuaikan diri (beradaptasi) dengan lingkungan disekitar kita. Dengan adanya bahasa, kita akan dapat dengan mudah berbaur dan menyesuaikan diri dengan lingkungan disekitar kita atau lingkungan yang sedang kita datangi. Pada saat kita beradaptasi dengan lingkungan sosial tertentu, kita akan memilih dan menggunakan bahasa yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang sedang kita hadapi.

4. Sebagai Kontrol Sosial

Bahasa sebagai Kontrol Sosial, dengan adanya bahasa dapat memberikan kontrol terhadap perilaku/tingkah laku/sikap yang dilakukan.

Kedudukan Bahasa Indonesia

Kedudukan Bahasa Indonesia diidentifikasikan menjadi bahasa persatuan, bahasa nasional, bahasa negara, dan bahasa standar. Keempat posisi bahasa Indonesia itu mempunyai fungsi masingmasing seperti berikut:

1. Bahasa Persatuan

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan adalah pemersatu suku bangsa, yaitu pemersatu suku, agama, rasa dan antar golongan (SARA) bagi suku bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Fungsi pemersatu ini (heterogenitas/kebhinekaan) sudah dicanangkan dalam Sumpah
Pemuda 28 Oktober 1928.

2. Bahasa Nasional

Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional adalah fungsi jati diri Bangsa Indonesia bila berkomunikasi pada dunia luar Indonesia. Fungsi bahasa nasional ini dirinci atas bagian berikut:

  1. Lambang kebanggaan kebangsaan Indonesia
  2. Identitas nasional dimata internasional
  3. Sarana hubungan antarwarga, antardaerah, dan antar budaya, dan
  4. Pemersatu lapisan masyarakat: sosial, budaya, suku bangsa, dan bahasa.

3. Bahasa Negara

Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara adalah bahasa yang digunakan dalam administrasi negara untuk berbagai aktivitas dengan rincian berikut:

  1. Fungsi bahasa sebagai administrasi kenegaraan,
  2. Fungsi bahasa sebagai pengantar resmi belajar di sekolah dan perguruan tinggi,
  3. Fungsi bahasa sebagai perencanaan dan pelaksanaan pembangunan bagai negara Indonesi sebagai negara berkembang
  4. Fungsi bahsa sebagai bahasa resmi berkebudayaan dan ilmu teknologi (ILTEK).

4. Bahasa Baku

Bahasa baku (bahasa standar) merupakan bahasa yang digunakan dalam pertemuan sangat resmi. Fungsi bahasa baku itu berfungsi sebagai berikut:

  1. Pemersatu sosial, budaya, dan bahasa,
  2. Penanda kepribadian bersuara dan berkomunikasi,
  3. Penambah kewibawaan sebagai pejabat dan intelektual,
  4. Penanda acuan ilmiah dan penuisan tulisan ilmiah.

Keempat posisi atau kedudukan bahasa Indonesia itu mempunyai fungsi keterkaitan antar unsur. Posisi dan fungsi tersebut merupakan kekuatan bangsa Indonesia dan merupakan jati diri Bangsa Indonesia yang kokoh dan mandiri.
Dengan keempat posisi itu, bahasa Indonesia sangat dikenal di mata dunia, khususnya tingkat regional ASEAN, dengan mengedepankan posisi dan fungsi bahaasa Indonesia, eksistensi bahasa Indonesia diperkuat dengan latar belakang sejarah yang runtut dan argumentatif.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan tentang Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia. Mengacu pada keragaman yang ada pada Indonesia dari suku, agama, ras, dan budaya, bahasa Indonesia dijadikan sebagai media yang dapat membuat kesemua elemen masyarakat yang beragam tersebut kedalam sebuah persatuan. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Jagoan Ilmu, sampai jumpa lagi pada artikel Bahasa Indonesia berikutnya.

Tags: #Bahasa #bahasa indonesia

Leave a reply "Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia"

Author: 
author
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.