Jaringan pada Hewan dan Manusia

Jaringan pada Hewan dan Manusia – dasar dari pendidikan biology adalah memahami jaringan di dalam anggota tubuh baik untuk hewan, tumbuhan, atau pun manusia. Beberapa bagian dari sel epitel kemudian bergabung dan membentuk jaringan epitel dan beberapa sel otot bergabung dan membantuk jaringan otot. Jika sel-sel tersebut bergabung menjadi satu, maka akan membentuk sebuah jaringan dan melakukan fungsi tertentu.

Sel-sel epitel yang bergabung menjadi satu akan membentuk jaringan epitel, dimana sel-sel otot bergabung dan membentuk jaringan otot, demikian seterusnya pada sel-sel yang lain. Maka, jaringan adalah kumpulan dari beberapa sel yang sejenis dan juga memiliki fungsi yang sama.

Jaringan pada Hewan dan Manusia.

Berikut ini adalah penjelasan tentang Jaringan pada Hewan dan Manusia. Di dalam organ hewan vertebrata dan manusia memiliki empat macam jaringan utama, antara lain jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

a. Jaringan epitel terdiri dari sel yang tersusun dalam lembaran-lembaran.

Jaringan Epitel

Masing-masing lembaran terdiri dari satu lapisan namun, juga bisa lebih. Lembaran tersebut menutupi bagian permukaan luar tubuh dan membentuk kulit atau melapisi bagian permukaan rongga tubuh. Ada pun fungsi dari jaringan epitel adalah untuk melindungi jaringan di bawahnya dari kerusakan. Misalnya karena radiasi ultraviolet atau pun bakteri. Fungsi lain dari jaringan epitel adalah sebagai penyerap atau absorbs pada lapisan dinding usus halus dan sebagai indra ekskresi pada kelenjar kulit.

b. Jaringan penyokong

Adapun jenis dari jaringan penyokong adalah jaringan tulang keras, tulang rawan, ikat, darah, dan lemak.

  • Jaringan tulang keras terdiri dari sel-sel tulang keras. Di antara sel-sel tulang tersebut terdapat bahan yang mengandung zat kapur. Fungsi dari jaringan ini adalah untuk membentuk rangka tubuh yang menyokong dan melindungi bagian lunak.

 

 

  • Jaringan tulang rawan terdapat pada permukaan persendiaan dan daun telinga.

 

 

  • Jaringan ikat memiliki fungsi untuk mengikat organ-organ tubuh yang lain.

 

 

  • Jaringan darah terdiri dari sel-sel darah dan plasma darah.

 

 

  • Jaringan lemak berfungsi sebagai bantalan lemak yang terdapat di antara organ tubuh.

 

 

c. Jaringan otot tersusun dari sel-sel otot.

Setiap bagian sel otot tersusun oleh serabut halus atau myofibril. Jaringan otot memiliki fungsi sebagai penggerak tubuh. Jaringan otot sendiri dibedakan menjadi tiga macam, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

 

  1. Otot lurik atau otot rangka, Sesuai dengan namanya, otot ini berada pada rangka. Otot ini yang berfungsi dalam menggerakan tulang-tulang anggota tubuh yang lain.
  2. Otot polos atau otot halus, Otot ini terdapat pada organ dalam tubuh, seperti saluran pencernaan, kandung kemih, pembuluh nadi, dan pembuluh balik. Otot polos tersusun dari sel-sel tipis yang memanjang masing-masing dengan sebuah inti sel yang terletak di tengah.
  3. Otot jantung, Otot jantung ini memiliki karakter antara perpaduan antara otot rangka dan otot halus. Ada pun ciri khas dari otot jantung yaitu selnya bercabang-cabang dan saling berhubungan melalui ujung-ujungnya. Otot jantung menghasilkan denyut jantung. Sifat gerakan otot jantung tidak menurut kehendak kita dan tahan terhadap kelelahan.

Itu lah penjelasan tentang bagian dari Jaringan pada Hewan dan Jaringan pada Manusia. Pada dasarnya jaringan dalam organ hewan vertebrata dan manusia memiliki empat macam jaringan utama, antara lain jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.