Hen Hen The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.

Interaksi Desa Dan Kota: Pengertian Dan Zonanya

3 min read

Pengertian Dan Zona Interaksi

Interaksi Desa Dan Kota: Pengertian Dan Zonanya – Hai pengunjung setia Jagoan Ilmu, kali ini kami akan menjelaskan tentang pengertian dan zona interaksi desa dan kota. Silahkan simak penjelasan pengertian interaksi dan zona interaksi yang disertai gambar dan penjelasan singkat ciri-ciri suburban dibawah ini.

Pengertian Interaksi Desa dan Kota

Pengertian dan Zona Interaksi Desa dan Kota

Interaksi adalah kontak atau hubungan yang terjadi antara dua wilayah atau lebih (perkotaan dengan pedesaan) beserta hasil hubungannya. Interaksi antara desa dan kota terjadi karena berbagai faktor atau unsur yang ada dalam desa, kota dan diantara desa dan kota.

Interaksi desa dan kota adalah proses hubungan yang bersifat timbal balik antar unsur-unsur yang ada dan mempunyai pengaruh positif dan negatif interaksi kota terhadap perilaku dari pihak-pihak yang bersangkutan melalui kontak langsung, berita yang didengar atau surat kabar sehingga melahirkan sebuah gejala baru, baik berupa fisik maupun non fisik.

Interaksi dapat diartikan sebagai hubungan timbal balik yang saling berpengaruh antara dua wilayah atau lebih yang dapat menimbulkan gejala, ketampakan, ataupun permasalahan baru. Misalnya, ada dua daerah, yaitu X dan Y. Wilayah X merupakan daerah perdesaan sebagai penghasil sumber bahan pangan, seperti padi, sayur mayur, dan buah buahan. Adapun wilayah Y merupakan daerah perkotaan yang menjadi sentra industri pertanian. Beberapa jenis produk industri yang dihasilkan sebagai pendukung kegiatan pertanian antara lain pupuk dan alat-alat pertanian.

Perbedaan produk antara kedua wilayah

tersebut mengakibatkan terjadinya interaksi. Untuk memasarkan hasil pertanian, penduduk desa X menjual ke kota Y yang sebagian besar masyarakatnya bekerja pada sektor industri. Sebaliknya, produk-produk industri dari kota Y didistri busikan ke desa X yang sangat memerlukan teknologi pertanian berupa pupuk dan perkakas sehingga dapat memperlancar kegiatan bertaninya. Akibatnya, terjalinlah hubungan timbal balik antara kedua wilayah tersebut.

Baca juga  Efek Rumah Kaca: Pengertian, Proses, Penyebab dan Penanggulangan

Ilustrasi tersebut memberikan gambaran bahwa pada prinsipnya interaksi keruangan merupakan hubungan timbal balik antara dua wilayah atau lebih, di mana di dalamnya terjadi pergerakan atau mobilitas manusia (penduduk), barang dan jasa, gagasan, serta informasi. Akibat hubungan tersebut menimbulkan gejala atau ketampakan baru, baik yang sifatnya positif maupun negatif.

Ciri terjadinya interaksi desa dan kota

  • Pergerakan barang dari desa ke kota atau sebaliknya seperti pemindahan hasil pertanian, produk industri dan barang tambang.
  • Pergerakan gagasan dan informasi terutama dari kota ke desa
  • Pergerakan manusia dalam bentuk rekreasi, urbanisasi, mobilitas penduduk baik yang sifatnya sirkulasi maupun komutasi. Interaksi antara desa – kota melahirkan suatu perkembangan baru bagi desa maupun bagi kota. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan potensi yang dimiliki desa maupun kota, dan adanya persamaan kepentingan.

Zona Interaksi Desa dan Kota

Suatu wilayah kota yang berinteraksi dengan wilayah pedesaan. Secara tradisional

hubungan desa-kota diindikasikan dengan adanya aliran produk/jasa perkotaan yang harus “dibayar” oleh masyarakat perdesaan melalui aliran dana/kapital dari desa ke kota. Kondisi ini secara umum dikenal dengan rendahnya nilai tukar (terms of trade) produk/jasa (dalam bentuk dana/kapital) masyarakat perdesaan terhadap produk/jasa perkotaan.

Pasti anda sering mendengar pertanyaan jelaskan urutan zona interaksi menurut r bintarto. Menurut Bintarto, zona-zona interaksi antara wilayah perkotaan dan perdesaan membentuk pola-pola konsentrik, bisa kalian lihat pada gambar 1 dan 2 di bawah ini.

Pengertian dan Zona Interaksi Desa dan Kota
Gambar 1, Lingkaran Zona Interaksi

Keterangan :

1. Inti kota (city)
Terletak di pusat atau tengah-tengah. Kota dikelilingi oleh :

2. Zona suburban (faubourgh),
Yaitu daerah yang berlokasi di dekat pusat atau inti kota dan merupakan daerah penglaju atau subdaerah perkotaan (commuters).

3. Zona Suburban fringe
Adalah daerah batas luar kota yang mempunyai sifat-sifat mirip kota, kecuali inti kota. Zona ini merupakan jalur tepi daerah perkotaan paling luar. Contoh suburban fringe seperti Mranggen dan Sayung-Demak.

Baca juga  Tujuan Utama dan Manfaat Mempelajari Geografi
Pengertian dan Zona Interaksi Desa dan Kota
contoh suburban fringe

4. Zona rural-urban fringe
Adalah zona antara daerah kota dan desa yang ditandai dengan penggunaan lahan campuran. Zona ini merupakan jalur batas desa-kota.

5. Rural (daerah perdesaan)
Pengertian Rural adalah zona interaksi yang digambarkan sebagai daerah yang membentuk jalur-jalur linier yang teratur di atas merupakan gambaran yang ideal. Pada kenyataannya, zona tersebut tidak lagi bersifat konsentris meskipun unsur-unsurnya masih dapat diamati. Interaksi antarzona dapat terjadi, baik dari zona-zona yang berdekatan maupun yang berjauhan. Zona suburban, suburban fringe, urban fringe, dan rural urban fringe merupakan daerah yang memiliki suasana kehidupan kota sehingga dapat

disebut daerah perkotaan.

Pengertian dan Zona Interaksi Desa dan Kota
Gambar 2, Zona Interaksi

Ciri-Ciri Suburban

Ada empat faktor tumbuhnya wilayah pinggiran menurut ahli geografi Whynne-Hammond:

  1. meningkatnya pelayanan transportasi kota seperti moda trem, bis kota, kereta dan lainnya yang memudahkan orang untuk bertempat tinggal jauh dari tempat kerjanya. Ditambah lagi setelah tumbuhnya pasar kendaraan bermotor pribadi maka terjadilah eksploitasi wilayah suburban. Sekarang lahan-lahan kosong di pedesaan menjadi kawasan perumahan penduduk pindahan dari kota. Harga murah juga menjadi pertimbangan utama.
  2. bertambahnya penduduk suburban karena adanya rus urbanisasi atau penduduk baru dari wilayah di sekitarnya.
  3. meningkatknya taraf hidup atau kesejahteraan penduduk suburban, memungkinkan orang mendapatkan rumah yang lebih bagus entah itu menyewa atau membeli sendiri.
  4. maraknya fasilitas kredit rumah murah yang melancarkan jual beli rumah murah. Masyarakat dengan penghasilkan pas-pasan pun kini bisa membeli rumah dengan cepat lewat jalur kredit.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan zona interaksi desa dan kota beserta ciri-ciri suburban. Diatas juga disertai contoh suburban fringe.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda tentang pengertian dan zona interaksi desa dan kota dan jangan lupa komentar dan share kalau artikel ini dianggap bermanfaat.

Hen Hen The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.