Category Archives: Sosiologi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum

Jagoan ilmu, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum – Globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak juga bagi tempat yang lain. Dampak globalisasi ini tentunya juga didukung dengan adanya teknologi yang semakin lama semakin berkembang dan memudahkan kehidupan manusia. Akan tetapi dampak  globalisasi… Read More »

Pengaruh Globalisasi Terhadap Masyarakat Indonesia

Jagoan ilmu, Pengaruh Globalisasi Terhadap Masyarakat Indonesia – Globalisasi berasal dari bahasa asing (Globalization) yaitu global artinya universal dan lization artinya proses. Jadi secara asal-usul kata globalisasi yaitu proses pelebaran elemen-elemen baru baik pemikiran, gaya hidup, informasi maupun teknologi dengan tanpa dibatasi batas negara. atau mendunia. Arti globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal… Read More »

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi, Sirkuler

Pengertian Migrasi, Imigrasi, Emigrasi, Urbanisasi, Transmigrasi dan Sirkuler – Banyak sekali jenis mobilitas yang dilakukan oleh penduduk-penduduk di suatu Negara. Mobilitas merupakan perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Mobilitas di zaman modern merupakan hal yang sangat umum dilakukan. Mobilitas penduduk ada yang bersifat nonpermanen (sementara) misalnya turisme baik nasional maupun internasional, dan ada pula mobilitas… Read More »

Perubahan Sosial: Pengertian, Ciri-Ciri, Faktor, Macam dan Teorinya

Perubahan Sosial adalah perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang akan mempengaruhi sistem sosialnya seperti nilai, norma, sikap, dan pola perilaku. Adanya perubahan unsur-unsur yang mempertahankan keseimbangan masyarakat, seperti unsur geografis, biologi, ekonomis, maupun kebudayaan merupakan Awal mula perubahan social sendiri terjadi. Perubahan sosial terjadi di masyarakat merupakan suatu gejala yang wajar. Ia timbul sebagai konsekuensi… Read More »

Struktur Sosial Masyarakat: Unsur, Ciri Ciri, Fungsi dan Bentuknya

Struktur Sosial Masyarakat – Manusia sejatinya tidak bisa hidup sendiri, melainkan harus dengan bantuan orang lain. Bahkan bisa dibilang bahwa dari kita lahir sampai meninggal juga membutuhkan bantuan manusia lain. Struktur sosial dibagi menjadi 2 susunan, yaitu Horizontal dan Vertical. Sebagai contoh pada susunan Horizontal terdapat kelompok pria dan kelompok pria, atau kelompok orang beragama, kristen , hindu,… Read More »