Category Archives: PKN

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum

Jagoan ilmu, Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum – Globalisasi adalah suatu hubungan sosial yang mendunia yang kemudian terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak juga bagi tempat yang lain. Dampak globalisasi ini tentunya juga didukung dengan adanya teknologi yang semakin lama semakin berkembang dan memudahkan kehidupan manusia. Akan tetapi dampak  globalisasi… Read More »

Pengaruh Globalisasi Terhadap Masyarakat Indonesia

Jagoan ilmu, Pengaruh Globalisasi Terhadap Masyarakat Indonesia – Globalisasi berasal dari bahasa asing (Globalization) yaitu global artinya universal dan lization artinya proses. Jadi secara asal-usul kata globalisasi yaitu proses pelebaran elemen-elemen baru baik pemikiran, gaya hidup, informasi maupun teknologi dengan tanpa dibatasi batas negara. atau mendunia. Arti globalisasi adalah suatu proses tatanan masyarakat yang mendunia dan tidak mengenal… Read More »

Ruang Lingkup Civic Education

Jagoanilmu, Ruang Lingkup Civic Education – Civic education berasal dari bahasa inggris yaitu civic yang artinya kewarganegaraan dan education yang artinya pendidikan. Secara istilah Civics Education oleh sebagian pakar diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Pendidikan Kewargaan dan Pendidikan Kewarganegaraan. Pendidikan kewargaan (Civic Education) adalah progam pendidikan yang memuat bahasan tentang masalah kebangsaan, kewarganegaraan dalam hubunganya dengan Negara,… Read More »

Pengertian HAM Menurut Para Ahli dan Macam-Macam Pelanggaran Ham

Pengertian HAM Menurut Para Ahli – Apa itu HAM? HAM (Hak Asasi Manusia) adalah hak yang melekat dalam setiap diri manusia. Keberadaaan hak asasi ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Manusia memiliki tanggung jawab untuk menjaganya. Kekuasaan untuk dapat melakukan sesuatu atau kepunyaan “miliki” yaitu di sebut Hak, sedangkan asasi merupakan hal yang paling utama, pokok atau… Read More »

Otonomi Daerah: Pengertian, Tujuan, Asas, Serta Dasar Hukum Pelaksanaan

Dengan adanya otonomi daerah, diharapkan pelayanan masyarakat dapat meningkat, begitupun dengan pengembangan demokrasi. Ketika daerah otonom menjalankan otonomi daerahnya, daerah tersebut dapat meningkatkan daya saing beserta pemberdayaan masyarakatnya. Otonomi daerah merupakan bagian dari desentralisasi. Dengan adanya otonomi daerah, daerah mempunyai hak serta kewajiban untuk mengatur daerahnya sendiri tetapi masih tetap dikontrol oleh pemerintah pusat serta sesuai dengan undang-undang.… Read More »

Perbedaan Demokrasi Orde Lama, Orde Baru Dan Reformasi

Tahukah anda apa yang dimaksud dengan Perbedaan Demokrasi Orde Lama, Orde Baru Dan Reformasi ?? Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi jagoanilmu.net. Karena pada kesempatan kali ini akan mengulas tentang perbedaan demokrasi orde lama dan reformasi, perbandingan pelaksanaan orde lama, orde baru dan masa reformasi di Indonesia. Oleh karena itu marilah simak penjelasan yang ada… Read More »

Kasus-Kasus Pelanggaran HAM Dalam Masyarakat

Kasus-kasus Pelanggaran HAM – HAM merupakan bentuk hak-hak yang telah dimiliki oleh manusia sejak ia dalam kandungan. HAM memiliki sifat yang universal. Maka dari itu HAM sekarang banyak kita kenal dengan sesuatu yang berbeda. Misalnya saja, Dalam kaitannya dengan itu, maka HAM yang kita kenal sekarang adalah sesuatu yang sangat berbeda dengan yang hak-hak yang sebelumnya termuat, misal,… Read More »