Category Archives: Metode Penelitian

Jenis, Metode dan Teknik Pengambilan Sampel atau Sampling

Teknik sampling adalah sebuah metode atau cara yang dilakukan untuk menentukan jumlah dan anggota sampel. Setiap anggota tentu saja wakil dari populasi yang dipilih setelah dikelompokkan berdasarkan kesamaan karakter. Teknik sampling yang digunakan juga harus disesuaikan dengan tujuan dari penelitian. Populasi terdiri dari sekumpulan individu yang bersifat heterogen terbatas. Yang paling penting dalam pengambilan sampel atau sampling adalah… Read More »

Evaluasi Pembelajaran: Pengertian, Fungsi, Manfaat, dan Contohnya

Evaluasi Pembelajaran – Dunia pendidikan kita sering mendengar kata evaluasi. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa hakikat dari dari evaluasi dan bahkan apa itu itu evaluasi terkadang disalah artikan oleh seroang guru. Mestinya seorang guru memiliki salah satu kewajiban yakni melakukan evaluasi kepada program pembelajaran yang telah dilakukan. Evaluasi sering disalah artikan oleh seorang guru dengan kata ujian,… Read More »

Instrumen Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, Teknik Pengumpulan Data

Instrumen penelitian merupakan hal yang sangat penting di dalam kegiatan penelitian. Hal ini karena peroleh suatu informasi atau data relevan atau tidaknya, tergantung pada alat ukur tersebut. Oleh karena itu, alat penelitian harus memiliki validitas dan reliabilitas yang memadai. Baca juga: Variabel penelitian: Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas Instrumen penelitian adalah semua alat yang digunakan untuk mengumpulkan, memeriksa, menyelidiki… Read More »

Variabel Penelitian: Uji Validitas Dan Uji Reliabilitas

Variabel penelitian adalah salah satu komponen penelitian yang memiliki arti penting dalam kaitannya dalam proses studi secara komprehensif. Variabel merupakan atribut sekaligus objek yang menjadi titik perhatian suatu penelitian. Komponen dimaksud penting dalam menarik kesimpulan atau inferensi suatu penelitian. Ada beberapa jenis variabel dalam penelitian. Variabel-variabel dimaksud antara lain: variabel bebas dan variabel terikat, variabel aktif dan variabel… Read More »

Penjelasan Teknik Sampling Dalam Metode Penelitian

Sampel atau contoh secara sederhana dapat diartikan sebagai bagian dari populasi yang mewakili secara keseluruhan sifat dan karakter dari populasi. Sebagai gambaran sederhana sampel dibutuhkan sebagai acuan untuk memberi gambaran sederhana seperti seseorang yang membeli jagung. Seorang pembeli yang cerdas biasanya akan memilih secara rambang atau random dari jaguang yang diperjualbelikan agar menghindari terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh… Read More »