10 Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Penjelasannya

Hal yang Membatalkan Puasa Beserta Penjelasannya – Puasa Ramadhan tinggal hitungan hari aja nih, bagaimana apa Anda sudah siap untuk menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh? Selain harus banyak-banyak beribadah Anda juga harus menahan emosi dan lebih pengertian, puasa Ramadhan ini tentu saja akan menjadi ladang amal untukmu.

Hal yang membatalkan pahala puasa adalah perkara yang dapat membuat nilai atau pahala puasa tidak sempurna atau bahkan puasa tersebut tidak memperoleh pahala walaupun puasa yang dijalankan secara hukum tetap sah namun tidak mendapatkan pahala sedikit pun dari ibadah yang dijalankan selain rasa lapar dan haus.  Anda akan merasakan hikmah puasa wajib yang datang satu tahun sekali ini. Tapi, Anda harus tahu apa yang membatalkan pahala puasa dan hal makruh dan membatalkan puasa atau hal yang membatalkan puasa. Berikut hal-hal yang membatalkan puasa beserta penjelasannya :

1. Sikat Gigi
Hukum sikat gigi saat puasa ini sebenarnya masih jadi perdebatan karena setiap ulama dan ustadz memiliki pemikiran yang berbeda. Saat puasa Ramadhan bau mulut memang jadi masalah utama yang akan Anda hadapi. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh. Hukum sikat gigi saat puasa akan menjadi makruh dan bisa membatalkan puasa. Apalagi kalau dilakukan setelah waktu dzuhur.

2. Muntah
Muntah-muntah dengan disengaja, dan apabila tanpa disengaja atau karena sakit, maka tidak membatalkan puasa. Muntah bisa membatalkan puasa jika hal tersebut dilakukan dengan sengaja. Akan tetapi kita bisa meneruskan puasa jika muntah secara tidak sengaja. “Barangsiapa yang muntah tanpa disengaja maka tidak wajib Qodho’ (mengganti puasa) baginya. Dan barangsiapa yang muntah dengan sengaja, maka ia wajib Qodho (mengganti) puasa.”

3. Berkumur saat Puasa
Sama seperti sikat gigi saat puasa, berkumur saat puasa juga bisa membatalkan puasa. Apalagi kalau sengaja berkumur dengan berlebihan ini tentu saja bisa membuat puasamu tidak sah. Seperti yang diketahui niat berpuasa itu salah satunya adalah tidak makan dan minum. Sedangkan kalau Anda berkumur dengan cara berlebihan Anda bisa saja tidak sengaja meminum airnya. Makanya banyak orang yang tidak melakukan kumur saat wudhu di bulan Ramadan.

4. Merokok saat puasa
Hal ini masih banyak dipertanyakan orang, merokok adalah salah satu hal yang membatalkan puasa. Walaupun tidak makan dan minum, merokok ini bisa membuatmu batal puasa. Bukan hanya saat puasa Ramadhan saja saat Anda melakukan puasa lainnya pun merokok tetap bisa membatalkan puasa.

5. Makan Dan Minum Disengaja
Memasukan benda baik berupa makanan atau minuman atau benda lain kedalam mulut atau salah satu dari lubang lain dalam anggota tubuh secara sengaja yang menyebabkan makanan atau benda tersebut masuk kedalam perut (lambung) tidak termasuk jika tidak disengaja.

6. Memasukkan Jarum suntik
Masukan suatu hal dalam tubuh melalui jarum suntik yang bertujuan untuk mengenyangkan, biasa membatalkan puasa, namun ada beda pendapat tentang hal ini.

7. Memasukan Benda melalui Kubul dan Dhubur
Sengaja memasukan benda padat atau cair melalui kedua lubang (dubur atau qubul) dapat membatalkan puasa, sebaiknya hindari buang angin didalam air yang bisa menyebabkan air masuk.

8. Keluar Air Mani
Sebab Bersentuhan Keluarnya air mani disebabkan bersentuhan (tanpa hubungan seksual) maka menyebabkan batalnya puasa, baik keluar dengan usaha tangan sendiri (mastur basi) atau menggunakan tangan seorang isteri yang halal. Dengan kata lain, apabila keluar air mani tanpa bersentuhan semisal bermimpi basah maka puasanya tidak batal.

9. Nifas
Nifas, yaitu darah yang keluar dari kemaluannya perempuan setelah proses melahirkan dengan rentang waktu sampai dua bulan (ukuran maksimal) juga dapat menyebabkan batalnya puasa, apabila keluar di saat sedang berpuasa.

10. Murtad
Dari Islam -semoga Allah melindungi kita darinya. Perbuatan ini menghapuskan segala amal kebaikan. Firman Allah Ta’ala: Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan. “(Al-An’aam: 88).

Kesimpulan 

Demikian artikel tentang hal-hal yang membatalkan puasa. Hal-hal lain Yang Tidak Membatalkan Puasa yaitu, Menelan ludah sendiri, Berkumur saat sedang puasa (perlu berhati-hati), Sikat Gigi tengah hari (makruh), Mencium aroma masakan, Keluar darah dari luka tidak sengaja kecuali menimbulkan rasa pusing dan lemas, Muntah tidak dengan disengaja seperti sakit, mabuk perjalanan, Keluar sperma tanpa sengaja seperti mimpi, Pingsan jika sempat sadar disiang hari. Semoga bermanfaat

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.