Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Hal-hal yang Sunnah dalam Shalat

1 min read

Hal-hal yang Sunnah dalam Shalat

Hal-hal yang Sunnah dalam Shalat

Hal-hal yang Sunnah dalam Shalat – di dalam shalat ada yang disebut dengan rukun dan sunnah shalat. Rukun shalat adalah semua aktivitas yang kita lakukan di dalam sholat. Jika kita tinggalkan baik sengaja atau tidak sengaja dapat membatalkan sholat dan tidak bisa digantikan dengan sujud sahwi. Yang dimaksud dengan sunnah sholat yaitu semua aktivitas yang dilakukan di saat sholat, akan tetapi jika ditinggalkan dengan sengaja akan membatalkan sholat, akan tetapi jika tertinggal tidak sengaja, maka tidak membatalkan sholat, cukup diganti dengan sujud sahwi.

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja yang termasuk dengan sunnah-sunnah shalat antara lain:

1). Mengangkat ke dua tangan

Di sunnahkan bagi kita yang melaksanakan sholat untuk mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan bahu atau telinga pada empat gerakan, yaitu ketika takbiratul ihram, rukuk, bangun dari rukuk dan ketika bangun dari tasyahud awal saat memasuki rakaat ketiga.

2). Meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri
Di sunnahkan meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri. Lalu dimanakah kita meletakkan tangan? Sebagian ulama ada yang mengatakan di bawah pusar, ada juga yang mengatakan di bawah dada, ada pula yang mengatakan di bawah dada dan pusar. Diperbolehkan bagi kita untuk memilih di antara ketiga pendapat tersebut dan diutamakan posisi yang lebih menambah kekhusyukan saat sholat.

3). Mengarahkan pandangan ke tempat sujud
Melihat ke tempat sujud adalah sunnah dalam sholat,

4). Membaca doa iftitah
Setelah melakukan takbiratul ihram dan sebelum membaca surat al-fatiha, maka kita disunnahkan untuk membaca doa iftitah, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasullulah SAW saat sholat.

5). Membaca ta’awudz
Selesai membaca doa iftitah dan sebelum membaca surat al-fatiha, rasullullah senantiasa berta’awudz. Ibnu Mundzir mengatakan riwayat yang bersumber dari Nabi, bahwa sebelum membaca suart Al-Fatiha pada rakaat pertama ia membaca ta’awuzd. Di baca perlahan pada rakaat pertama sesuda membaca doa iftitah sebelum membaca surat al-fatihah.

6). Membaca Amin
Disunnahkan membaca amin setelah membaca surat al-fatihah, baik ketika sedang sholat sendirian maupun berjamaah, baik sebagai imam maupun makmum dengan suara yang keras, kecuali dalam sholat sirriyah.

7). Membaca bacaan sesudah surat al-fatihah
Di sunnahkan untuk membaca surat-surat yang kita ketahui atau yang kita hafal setelah membaca surat al – fatihah pada dua rakaat pertama.

8). Menempelkan kening, hidung dan beberapa anggota tubuh lainnya ketika sujud
Setika sedang sujud, maka hendaknya kita bersujud di atas tujuh tulang.

9). Membaca doa-doa sholat
Membaca doa-doa yang diajarkan oleh Rasulluallah ketika sedang rukuk, I’tidal, duduk di antara sujud, dan setelah melaksanakan tasyahud akhir.

10). Duduk istirahat, sebelum bangkit menuju rakaat berikutnya
Duduk sejenak sebelum bangkit menuju rakaat berikutnya adalah sunnah dalam sholat. Oleh karena itu, sebaiknya kita berusaha melakukannya jika kondisi memungkinkan.

11). Tasyahud awal
Tasyahud awal dihukumi sunnah oleh para ulama. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Buhainah bahwa nabi pernah berdiri dalam sholat dzuhur, sedang beliau harus duduk atau tasyahud awal. Maka dipenghujung sholatnya ia bersujud dua kali.

12). Membaca sholawat atas nabi
Bersholawat kepada nabi sesuda tasyahud akhir termasuk sunnah-sunnah dalam sholat. Hal ini yang sebagaimana dilakukan oleh rasulluallah.

13). Berdoa sesudah membaca sholawat
Setelah bersholawat atas nabi, disunnahkan untuk membaca doa-doa matsur.

14). Salam kedua
Salam pertama di dalam sholat termasuk rukun sholat yang tidak boleh ditinggalkan. Sedangkan salam kedua termasuk katagori sunnah.

 

Demikian artikel kali ini tentang Hal-hal yang Sunnah dalam Shalat yang patut diketahui. Seemoga artikel kali ini bisa menambah wawasan Anda.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.