Lin Lin The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.

8 Hak-hak Istimewa VOC Yang Diberikan Pemerintah Belanda

2 min read

Hak-hak Istimewa VOC Yang Diberikan Pemerintah Belanda

Jagoan Ilmu, 8 hak-hak istimewa VOC Yang Diberikan Pemerintah Belanda – sebutkan hak-hak istimewa VOC?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang 8 hak istimewa VOC yang diberikan oleh pemerintah Belanda. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai hak-hak istimewa VOC secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Hak-hak Istimewa VOC Yang Diberikan Pemerintah Belanda

Pada tanggal 20 Maret 1602 VOC didirikan di Amsterdam, hal ini sebabkan terjadi kisruh persaingan tidak sehat antar pedagang Belanda. Permasalahan tersebut mengundang perhatian pemerintah dan parlemen Belanda untuk segera menyelesaikan pemasalahan itu dengan mendirikan VOC.

VOC adalah persekutuan dagang belanda untuk memonopoli perdagangan di Asia. VOC merupakan kepedekan dari Vereenigde Oostindische Compagnie.

Adapun tujuan dibentuknya VOC antara lain, Menghindari persaingan dagang tidak sehat diantara sesama pedagang Belanda sehingga keuntungan maksimal dapat diperoleh; Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainya; Membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spayol yang masih menduduki Belanda.

Hak-hak Istimewa VOC (Hak Octori)

Untuk menguasai perdagangan di Indonesia dan dapat melaksanakan tugasnya dengan leluasa, maka VOC diberikan hak-hak istimewa ( Hak Octroi ) dari pemerintah Belanda yang meliputi hal berikut:

1. Hak monopoli perdagangan

Pemerintah Belanda memberikan kuasa penuh untuk VOC dalam

rangka memonopoli perdagangan di Nusantara. VOC diharapkan dapat menguasai rempah-rempah dari berbagai titik Nusantara. Rempah-rempah tersebut akan didistribusikan ke Pemerintah Belanda maupun dijual kembali untuk menunjang sektor ekonomi.

2. Hak membentuk angkatan perang

Hak istimewa VOC lainnya adalah hak membentuk angkatan perang dari sektor apapun, baik darat, laut, dan udara. Hal ini bertujuan untuk memperkuat pemerintah Belanda dengan meningkatkan daya tempur tentara Belanda. Ini berguna untuk mempertahankan wilayahnya maupun berperang dengan negara lain untuk memperebutkan wilayah kekuasaan. Pemerintah Belanda hanya perlu fokus pada hal-hal penting untuk membangun negaranya.

Baca juga  Perbedaan Demokrasi Orde Lama, Orde Baru Dan Reformasi

3. Hak mencetak dan mengeluarkan mata uang

VOC mempunyai ide untuk mencetak dan mengeluarkan mata uang sebagai alat transaksinya. Hak ini bertujuan agar proses monopoli perdagangan berjalan dengan lancar dan tidak menyebabkan perseteruan. VOC secara tidak langsung membantu Pemerintah Belanda dari sektor ekonomi. Mata uang tersebut juga dapat digunakan sebagai salah satu aturan sewa tanah bagi mereka yang menduduki Nusantara. Hal ini berarti bagi yang menduduki Nusantara maka diwajibkan untuk membayar sewa tanah dengan mata uang yang sudah ditentukan.

4. Hak mengadakan perjanjian dengan raja

VOC mendapatkan hak untuk mengadakan perjanjian-perjanjian

dengan raja-raja di Nusantara dalam rangka menguasai kerajaan di Nusantara. Pieter Both selaku Jendral Pertama VOS merupakan salah satu Jendral yang sukses melakukan perjanjian dengan Raja Jayakarta pada 1611. Perjanjian tersebut pada intinya menyatakan bahwa VOC akan membeli sebidang tanah yang sangat luas dan strategis milik Kerajaan Jayakarta. Tanah tersebut dibeli untuk dibangun pusat wilayah VOC di Jawa dan merupakan cikal bakal Pemerintah VOC di Batavia (saat ini Jakarta).

5. Hak memerintah di Nusantara

VOC bahkan mendapatkan hak istimewa dari Pemerintah Belanda untuk memerintah di Nusantara. Mereka berhak untuk memerintah siapapun di negara jajahan mereka. VOC dapat memerintah siapapun yang bukan dari Pemerintah Belanda untuk mengerjakan sesuatu yang mereka inginkan. Misalnya, membangun kamp militer dan bangunan pemerintah untuk memenuhi kebutuhan VOC.

6. Hak ekspansi benteng

Pemerintah Belanda saat itu sedang berperang melawan Portugis di Ambon. Wilayah tersebut merupakan posisi cukup strategis untuk menunjang pemerintahan, sehingga Belanda berusaha mengusir bangsa Portugis. Belanda pun membangun benteng yang dikenal sebagai Benteng Victoria. Benteng ini adalah simbol kemenangan Pemerintah Belanda dalam berperang melawan Portugis.

Baca juga  Sejarah Tragedi Sampit Berdarah, Suku Dayak vs Madura

7. Hak menentukan perang atau damai

VOC berhak mengambil keputusan untuk berperang atau berdamai demi menguasai wilayah Nusantara dan mengusir penjajah dari negara lain. Mereka akan membuat perundingan dengan suatu kerajaan dan negara penjajah. Jika kesepakatan dinilai kurang memuaskan dan tidak menguntungkan, maka VOC akan menyatakan perang. Namun, jika kesepakatan yang dibuat menguntungkan

kedua belah pihak maka mereka akan memilih berdamai demi tujuan bersama.

8. Hak mengangkat dan memberhentikan pegawai

VOC memiliki banyak pegawai yang bekerja untuk mencapai tujuan VOC. VOC berhak untuk mengangkat dan menghentikan pegawai jika kinerjanya dianggap kurang memuaskan. Selain itu, pegawai akan diberhentikan jika hasil kerjanya tidak membuahkan hasil yang maksimal yang dapat memperlambat proses pembangunan Pemerintahan Belanda. VOC juga berhak mengangkat Jenderal ataupun pegawai yang hasil kerjanya memuaskan sebagai pemimpin utama. Pengangkatan ini dilakukan di wilayah ataupun dalam organisasi tertentu demi memperkuat Pemerintah Belanda.

Baca juga Tujuan Pemberian Hak Istimewa VOC Yang Diberikan Oleh Belanda

Penutup

Meskipun Pemerintah Belanda telah memberikan berbagai hak istimewa kepada VOC, tetapi VOC akhirnya dibubarkan. Pembubaran disebabkan oleh beberapa faktor seperti korupisi yang dilakukan oleh pegawai VOC, semakin tingginya biaya perang sementara pemasukannya tidak sebanding, dan hutang yang dilakukan pihak VOC kepada negara kompatriot demi membiayai biaya perang yang tinggi serta tingkat kebutuhan pemerintah Belanda yang semakin hari semakin tinggi.

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang 8 Hak-hak Istimewa VOC Yang Diberikan Pemerintah Belanda. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel VOC berikutnya.

Lin Lin The best cheap VPN providers 2019 : 1. NordVPN 2. IPVanish 3. Ivacy 4. Windscribe 5. SaferVPN 6. Avast SecureLine VPN (VPN CHEAP) 7. Kaspersky Secure Connection.