Geologi Laut: Pengertian, Manfaat dan Sedimentasi

By | August 9, 2017
Geologi Laut

Geologi laut – Tahu nggak? Ternyata seluruh permukaan dasar lautan di bumi telah ditutupi oleh beberapa partikel sedimen yang mengendap selama jutaan tahun lalu. Partikel-partikel tersebut telah mengendap secara perlahan. Nah, itu sebabnya ketebalan lapisan sedimen di laut, memiliki variasi kedalaman yang berbeda-beda seperti halnya di Lautan Pasifik yang memiliki kedalaman sekitar 600 meter, Laut Atlantik 500 sampai 1000 meter, Laut Antartika 4000 meter, dan Puerto Rico Trench memiliki kedalaman hingga 9000 meter.

Hal ini telah disampaikan oleh Sahala dan Evans pada tahun 1985 mengenai Geologi Laut.

Pengertian/definisi geologi laut

Geologi laut atau disebut juga geologi marine merupakan salah satu cabang ilmu geologi untuk mengetahui komposisinya, struktur dan proses pembentukan dasar laut. Ilmu ini berguna untuk pembangunan struktur di bawah laut maupun pelayaran, seperti pembangunan dermaga, anjungan pemboran minyak, kabel bawah laut, jembatan antar dua pulau dan sebagainya seperti dilansir pada wikipedia.

Mengenai sedimen di dalam laut, sedimen-sedimen tersebut terbentuk dari beberapa kepingan atau potongan material yang terbentuk karena adanya proses fisik dan kimia dari batuan dan tanah. Nah, partikel tersebut ini sangatlah bervariasi ukurannya, dari bongkahan sampai lempung atau koloidal, hingga berbentuk bulat sampai tajam.

Sedimentasi atau Pengendapan

Sedimentasi berdasarkan ilmu Geologi dan Sratigrafi, merupakan beberapa proses yang memiliki peran akan terbentuknya batuan sedimen (Krumbein dan Sloss, 1971). Proses tersebut akan berlanjut ke proses sedimentasi yang meilputi pelapukan, perpindahan, deposisi atau sedimentasi hingga ke lithifikasi atau pembatuan.

Dalam ilmu Geologi Laut atau Kelautan, kita bisa menggunakan alat yang bernama sieve shaker untuk mengukur butiran partikel. Sieve shaker ini merupakan ata yang mampu memilah sedimen berdasarkan ukuran partikelnya. Di alat tersebut terdapat pula saringan atau ayakan yang acuannya diberikan lubang yang disebut sebagai Mesh.

Nah, mesh atau lubang tersebutlah yang berfungsi mengukur dalam jumlah lubang satuan panjang. Jika suatu Negara menggunakan satuan Inggris, maka akan menggunakan satuan inci yang terhitung dari pusat kawat.

Surbakti tahun 2014 berpendapat bahwa ukuran partikel merupakan simensi suatu partikel yang dinyatakan dalam istilah lubang tekecil yang mana partikel tersebut akan melewatinya.

Manfaat Mempelajari Geologi Laut

Cakupan dari ilmu geologi sangat luas seperti yang tersebut dalam definisinya, yaitu mempelajari bumi seutuhnya. Sehingga untuk memudahkan dalam mempelajari bumi, maka ilmu geologi dapat dipecah menjadi beberapa cabang ilmu geologi semakin bertambah seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi (Anonim, 2009).

Dari apa yang telah diuraikan diatas, dapat diketahui beberapa kepentingan dalam mempelajari ilmu geologi. Di bawah ini beberapa kepentingan tersebut :

  • Ilmu geologi dapat membantu untuk mengetahui dan memahami awal terjadi dan struktur dari bumi sebagai planet khususnya daratan dan lautan yang menyusun kerak bumi.
  • Ilmu geologi dapat membantu menjelaskan karakteritik dan babbling alam yang sangat bervariasi dan bagaimana bentang dan yang sangat berbeda ini dapat terbentuk dan dimanfaatkan oleh manusia.
  • Pengetahuan geologi sangat membantu untuk mengetahui dimana mineral dan batuan berharga dapat dijumpai.
  • Keberadaan material bangunan sangat tergantung pada kondisi geologi suatu daerah. Pengetahuan geologi sangat membantu para ahli bangunan untuk mendapatkan material bahan bangunan.
  • Ilmu geologi sangat penting dalam hubungannya dengan sumber daya air, karena keberadaan air sangat tergantung juga pada jenis atau macam batuannya.
  • Pengetahuan geologi sangat membantu untuk memprediksikan atau meramalkan kemungkinan-kemungkinan terjadinya bencana alam seperti longsoran, aktivitas gunungapi dan sebaginya (Anonim, 2009).

Penutup

Ya, itulah informasi sedikit mengenai Geologi Laut yang lebih tepatnya pada proses sedimentasi serta pengukurannya menggunakan alat yang sudah disebutkan di atas. Semoga artikel yang singkat dapat memberikan manfaat kepada Anda khususnya untuk makalah geologi laut. Salam dan sukses selalu.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.