Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.

Ganjaran Pahala Puasa Arafah

1 min read

ganjaran puasa arafah

Jagoan Ilmu, Ganjaran Pahala Puasa Arafah – Tahukah anda ganjaran puasa arafah?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang ganjaran pahala puasa arafah sehari sebelum Idul Adha. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai ganjaran puasa arafah secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

ganjaran puasa arafah

Ibadah puasa sunah Arafah sangat dianjurkan kepada umat muslim sedunia. Pahala yang dijanjikan Allah SWT sungguh menggiurkan. Karena itu, umat Islam yang saat ini tidak menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, maka ibadah ini merupakan kesempatan merebut pahala.

Puasa Arafah memiliki keutamaan yang sangat dahsyat. Seharusnya tidak ditinggalkan oleh seorang muslim yang bertaqwa dan beriman. Meski pun hukumnya sunnah (dikerjakan dapat pahala, bila ditinggalkan, tidak mendapat apa-apa), tapi ganjaran pahala dari ibadah ini sangat luar biasa, yaitu dapat menghapus dua tahun dosa, yakni setahun sebelum dan sesudahnya. Sesungguhnya, Allah Itu Yang Maha Rahman dan Maha Rahim.

Puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada Hari Arafah yakni tanggal 9 Zulhijjah. Kalau dikaitkan dengan tahun ini, maka 9 Zulhijjah itu jatuh pada hari Kamis, 31 Agustus 2017 Masehi, sedangkan puasa Tarwiyah, yakni 8 Dzulhijjah atau 30 Agustus 2017, sehari sebelum Wukuf di Arafah.

Keutamaan puasa sunnah Tarwiyah (8 Zulhijjah) dan Arofah (9 Zulhijjah) adalah sebagai berikut:

  • Barang siapa yang menjalankan Puasa Tarwiyah akan dihapus dosa satu tahun yang lalu yang telah terlewati.
  • Sedangkan yang berpuasa di hari Arofah akan dihapus dosa dua tahun (1 tahun yang lalu dan 1 tahun yang akan datang)

Ada 10 macam kemuliaan yang diberikan Allah SWT kepada orang berpuasa sunnah, yaitu:

  1. Allah akan memberi keberkahan pada kehidupannya.
  2. Allah akan menambah harta.
  3. Allah akan menjamin kehidupan rumah tangganya.
  4. Allah akan membersihkan dirinya dari segala dosa dan kesalahan yang telah lalu.
  5. Allah akan melipat gandakan amal dan ibadahnya.
  6. Allah akan memudahkan kematiannya.
  7. Allah akan menerangi kuburnya selama di alam Barzah.
  8. Allah akan memberatkan timbangan amal baiknya di Padang Mahsyar.
  9. Allah akan menyelamatkannya dari kejatuhan kedudukan di dunia ini.
  10. Allah akan menaikkan martabatnya di sisi Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda: Artinya: Puasa hari Arafah menutup dosa dua tahun, satu tahun yang lampau dan satu tahun yang akan datang dan puasa Asyura menutup dosa satu tahun.” (HR Imam Ahmad).

Rasulullah SAW bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ اَحْتَسِبُ عَلَى اللّهِ اَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِيْ بَعْدَهُ، وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ اَحتَسِبُ عَلَى اللّهِ اَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

Artinya: Dan puasa pada hari Arafah –aku mengharap dari Allah- menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Dan puasa pada hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram) –aku mengharap dari Allah menghapuskan (dosa) satu tahun yang telah lalu”. (HR Muslim).

Pengertian dosa yang dihapus di sini, menurut beberapa ulama, adalah dosa-dosa kecil. Tidak menyangkut dosa syirik, yakni menduakan Allah SWT. Sedangkan dosa setahun ke depan, setidak-tidaknya, dengan pahala ibadah puasa ini, orang yang puasa itu akan terbimbing, sehingga terhindar dan tidak melakukan perbuatan dosa.

Baca juga Niat Puasa Arafah Sehari Sebelum Idul Adha dan Keutamaannya

Penutup

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Ganjaran Pahala Puasa Arafah. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel agama Islam berikutnya.

Lin Lin Hargai dia yang membencimu, karena dia adalah penggemar yang telah menghabiskan waktunya hanya untuk melihat setiap kesalahanmu.