Fungsi Mitokondria, Pengertian dan Strukturnya

Wanita Area, Fungsi mitokondria – Tahukah Anda, apa fungsi mitokondria ? Dalam mempelajari ilmu yang berkaitan dengan organisme berbentuk mikroskopis tentu tidak mudah. Mitokondria memiliki 2 lapisan membran, yaitu lapisan membran luar serta lapisan membran bagian dalam. Selain bahas fungsinya, tentu kita juga harus tahu struktur mitokondria bagaimana. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan fungsi mitokondria.

Fungsi Mitokondria

Fungsi Mitokondria

Mitokondria adalah salah satu organel sel dan berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fungsi respirasi sel pada makhluk hidup, selain fungsi selular lain, seperti metabolisme asam lemak, homeostasis kalsium, transduksi sinyal selular, biosintesis pirimidina, dan penghasil energi yang berupa adenosina trifosfat pada lintasan katabolisme.

Dalam mitokondria terdapat 2 membran, yaitu ruang intermembran dan matriks. Mitokondria memiliki ruang diantara kedua membran tersebut yang disebut dengan ruang intermembran. Ruangan ini sempit serta selektif. Membran bagian luar tidak dapat dilalui oleh molekul kecil dan tidak dapat dilalui oleh protein dan molekul yang berukuran besar. Baca Juga Ciri Ciri Mitokondria

Berikut gambar mitokondria, antara lain :

Fungsi Mitokondria

Fungsi utama mitokondria adalah respirasi sel. Respirasi sel adalah proses kimiawi untuk melepaskan energi yang tersimpan dalam glukosa. Energi yang digunakan untuk pemecahan glukosa disediakan oleh molekul-molekul ATP. Molekul-molekul ATP ini dihasilkan oleh organel ini sendiri. Seluruh proses respirasi aerob sel terdiri atas 3 langkah sebagai berikut:

1. Glikolisis

Istilah ini sendiri memiliki arti “pemecahan glukosa”. Glikolisis merupakan tahap pertama dari respirasi sel. Glukosa memiliki enam atom karbon. Enzim-enzim pada sitosol mengoksidasi molekul glukosa menjadi dua molekul yang masing-masing memiliki tiga atom karbon. Glikolisis menghasilkan dua molekul ATP, dua molekul asam piruvat, dan dua molekul NADH (Nikotinamida adenina dinukleotida).

2. Siklus Krebs (Siklus Asam Sitrat)

Sebelum siklus krebs dimulai dilakukan dekarboksilasi oksidatif, molekul-molekul asam piruvat yang dihasilkan dari glikolisis diubah menjadi Koenzim-A asetil untuk digunakan dalam siklus krebs. Siklus krebs kemudian mengoksidasi asetil-KoA menjadi karbon dioksida, proses ini juga menghasilkan 3 molekul NADH dan 1 molekul FADH₂.

3. Transpor Elektron

Rantai transpor elektron terdiri atas serangkaian pembawa elektron yang dihasilkan pada membran mitokondria dari siklus krebs (NADH & FADH₂). Molekul-molekul ATP dihasilkan dari reaksi redoks NADH & FADH₂. Sel eukariotik menghasilkan sekitar 36 ATP setelah melakukan respirasi sel.

Mitokondria juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti:

  1. Pensinyalan sel untuk neuron-neuron
  2. Mengelola apoptosis
  3. Mengendalikan siklus sel
  4. Mengawasi diferensiasi, pertumbuhan, dan perkembangan sel.

Selain fungsinya, kita juga harus mengetahui strukturnya. berikut struktur mitokondri, antara lain :

  1. Membran Luar : Membran ini tersusun atas fosfolipid bilayer yang bersifat semi permeable dan mengandung protein porin. Lapisan ini dapat dilewati (permeable) oleh ion-ion, ATP (Adenosina trifosfat), ADP (Adenosina difosfat), dan molekul-molekul nutrisi.
  2. Membran Dalam : Merupakan membran kompleks tapi permeable yang terbentuk dari molekul-molekul kompleks transpor elektron, kompleks ATP sintase, dan transport protein.
  3. Krista : Krista adalah lipatan yang terdapat di membran dalam mitokondria. Krista membantu perluasan struktur membran dalam sel ketika dibutuhkan ruang untuk lebih banyak molekul-molekul DNA mitokondria.
  4. Ruang Antar Membran : Merupakan ruang yang terdapat di antara membran luar dan membran dalam.
  5. Ruang antar membran bertanggung jawab atas fosforilasi oksidatif.
  6. Matriks : Matriks berisi molekul-molekul DNA (bertanggung jawab atas respirasi sel), enzim-enzim (bertanggung jawab atas siklus reaksi asam sitrat), gas-gas terlarut (seperti oksigen & karbon dioksida), dan air.

Akhir Kata

Demikian yang dapat Ilmu Area bagikan, tentang Fungsi mitokondria, pengertian dan strukturnya, dimana dalam mitokondria terdapat 2 membran, yaitu ruang intermembran dan matriks. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi ilmuarea.com, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Biologi berikutnya.

Kata-Kata Motivasi:

Soekarno - Saya katakan bahwa cita-cita kita dengan keadilan sosial adalah satu masyarakat yang adil dan makmur dengan menggunakan alat-alat industri, alat-alat teknologi yang sangat moderen. Asal tidak dikuasai oleh sistem kapitalisme.

Steve Jos - Teknologi bukanlah apa-apa. Hal yang penting adalah kamu memiliki keyakinan terhadap orang lain, dimana mereka pada dasarnya baik dan pintar, dan jika kamu memberikan mereka peralatan, mereka akan melakukan hal yang menakjubkan dengan alat-alat itu.

Bill Gates - Teknologi hanyalah alat. Namun, untuk menjadikan anak-anak bisa saling bekerjasama dan termotivasi, guru adalah yang paling penting.