[FIX] Cara Perbaiki Redmi Note 7 Screen Burn

Posted on

Apakah Anda sedang mencari Cara Perbaiki Redmi Note 7 Screen Burn, jika iya? maka Anda berada di website yang tepat.

Semoga artikel berikut ini dapat bermanfaat.

Screen burn adalah kondisi di mana layar smartphone menampilkan bayangan gambar atau tulisan yang sebelumnya telah dibuka. Hal ini biasanya terjadi karena layar terlalu lama menampilkan gambar atau tulisan yang sama, sehingga piksel-piksel pada layar mengalami kelelahan dan tidak dapat kembali ke warna aslinya.

Screen burn dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat melihat layar, karena gambar atau tulisan yang ditampilkan menjadi kurang jelas dan terlihat seperti noda. Screen burn juga dapat menurunkan kualitas layar dan mengurangi umur pakai smartphone.

Redmi Note 7 adalah salah satu smartphone populer dari Xiaomi yang memiliki banyak penggemar. Namun, tidak sedikit pengguna Redmi Note 7 yang mengeluhkan adanya screen burn pada layarnya. Apakah screen burn pada Redmi Note 7 masih bisa diperbaiki? Bagaimana caranya?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk memperbaiki screen burn pada Redmi Note 7:

1. Aktifkan mode baca

Mode baca adalah fitur yang dapat mengubah warna layar menjadi lebih hangat dan kuning, sehingga dapat mengurangi ketegangan mata saat membaca atau melihat layar dalam waktu lama. Mode baca juga dapat membantu mengatasi screen burn, karena dapat mengubah warna piksel-piksel yang terbakar menjadi lebih rapat dan menyamarkan bayangan yang muncul.

Untuk mengaktifkan mode baca, Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  • Geser status bar atau notifikasi bar ke bawah
  • Klik ikon mata yang bertuliskan mode baca
  • Atur intensitas warna sesuai dengan keinginan Anda

Anda dapat menggunakan mode baca sesering mungkin untuk mencegah dan mengurangi screen burn pada layar.

Baca Juga:  Cara Uninstall Aplikasi Safety Xiaomi: 3 Cara Lengkap

2. Gunakan aplikasi screen burn fix

Aplikasi screen burn fix adalah aplikasi yang dapat membantu memperbaiki screen burn dengan cara menampilkan warna-warna berbeda secara bergantian pada layar. Hal ini bertujuan untuk merangsang piksel-piksel yang terbakar untuk kembali ke warna aslinya dan menghilangkan bayangan yang ada.

Salah satu aplikasi screen burn fix yang dapat Anda gunakan adalah Screen Color Burn-In, yang dapat Anda unduh secara gratis di Play Store. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi ini:

  • Buka aplikasi Screen Color Burn-In
  • Naikkan kecerahan layar ke 100%
  • Pilih menu Repair Multicolor
  • Pilih durasi perbaikan, minimal 10 menit
  • Biarkan aplikasi berjalan sampai selesai

Anda dapat mengulangi proses ini beberapa kali sampai screen burn hilang atau berkurang.

3. Ganti ROM atau reset HP

Jika cara-cara di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba untuk mengganti ROM atau melakukan reset HP. ROM adalah sistem operasi yang menjalankan smartphone Anda, sedangkan reset HP adalah proses untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik.

Mengganti ROM atau melakukan reset HP dapat membantu memperbaiki screen burn, karena dapat membersihkan data-data yang tidak perlu dan memperbarui sistem smartphone Anda. Namun, sebelum melakukan hal ini, pastikan Anda sudah membackup data-data penting Anda, karena proses ini akan menghapus semua data di memori internal smartphone Anda.

Untuk mengganti ROM atau melakukan reset HP, Anda dapat mengikuti panduan-panduan yang tersedia di internet atau di forum-forum Xiaomi.

Baca juga : Cara Membuka Akun Mi yang Terkunci dengan Kode QR

Demikian yang dapat Jagoan Ilmu bagikan, tentang Cara Perbaiki Redmi Note 7 Screen Burn. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi jagoanilmu.net, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel xiaomi berikutnya.