Pengertian Unsur Fisika Zat Padat dan Prosesnya

Fisika zat padat adalah ilmu fisika yang menyatakan tentang zat atau benda yang memiliki bentuk dan volume yang tetap. Kepadatan tersebut disebabkan oleh penyatuan partikel dalam jumlah banyak dan mengisi seluruh ruang dengan baris yang rapid an dalam susunan yang tidak menentu.

Karena susunan partikelnya yang menyatu dengan yang lain maka zat padat tidak bisa dimampatkan dengan mudah dan tidak bisa dikecilkan dengan menekannya.

Adapun sifat fisika zat padat yaitu mempunyai susunan partikel yang rapat, tidak bisa dikecilkan, mempunyai massa yang besar dan volume yang tetap.

Zat Padat

Selain itu juga mempunyai gaya tarik sangat kuat, sehingga bentuk zat padat cenderung tetap jika tidak dipengaruhi gaya danreaksi. Adapun zat padat tersebut yaitu batu, plastic, kayu dan lain-lain. Zat padat tersebut ada yang tersusun secara teratur yang dinamakan Kristal.

Kristal merupakan hasil reaksi padat molekul, atom atau ion penyusunnya yang tersusun teratur dan polanya sama membentuk pola 3 dimensi.

Adapun struktur kristal seperti tersusun secara unit dan prosesnya secara periodic yang lama. Contoh dari Kristal yaitu intan, batu bacan dan lain-lain.

Berikut ini merupakan fase pembentukan kepadatan Kristal.

Diagram Perubahan Wujud

1. Fase cair menuju padat

Fase ini biasa terbentuk dari cairan yang membeku membentuk kristal kecil yang semakin lama semakin tersusun membesar dan dipengaruhi oleh suhu lingkungan seperti proses pembekuan air.

2. Fase gas menuju padat

Fase ini biasa disebut sublimasi yang merupakan proses gas menuju padat karena pengaruh perubahan lingkungan biasanya gas tersebut hasil dari vulkanis dan membeku oleh temperatur.

3. Fase padat menuju padat

Biasa disebut dengan deformasi yang membuat struktur padat menjadi lebih padat lagi karena pengaruh tekanan dan temperatur. Biasanya proses ini diindikasikan dengan perubahan struktur Kristal namun unsure kimianya tetap.

Baca juga: Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

Itulah sekilas tentang pengertian unsur fisika zat padat serta proses perubahannya yang perlu diketahui. Zat padat merupakan zat dengan massa terbesar dan volume yang tetap. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pencari ilmu di bidang fisika.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.