Fisika Semikonduktor: Pengertian dan Jenis

Fisika Semikonduktor – Secara sederhana zat padat telah dikelompokkan sebagai isolator, semikonduktor, dan juga kondukor. Semikonduktor merupakan sebuah bahan dengan konduktivitas listrik yang terletak di antara insulator (isolator) dan juga konduktor. Semikonduktor merupakan bahan yang bisa disebut sebagai setengah penghantar listrik.

Sebuah semikonduktor bersifat sebagai insulator apabila tidak diberi arus listrik dengan besaran arus tertentu. Didalam  temperatur, arus tertentu, tatacara tertentu dan jga persyaratan kerja semikonduktor berperan sebagai konduktor, misalnya dalam hal ini adalah sebagai penguat arus, penguat daya dan penguat tegangan.

Untuk memakai suatu semikonduktor supaya dapat berfungsi harus diketahui terlebih dahulu spesifikasi dan juga karakter semikonduktor. Apabila tidak memenuhi syarat operasinya maka tidak bisa berfungsi dan akan rusak. Bahan dari semikonduktor yang sering dipakai adalah

  • germanium,
  • silikon,
  • dan gallium arsenide.

 Baca juga : Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

Jenis – Jenis Fisika Semikonduktor

Fisika Semikonduktor adalah jenis bahan yang digunakan dalam pembuatan komponen elektronika seperti dioda, resistor, kapasitor, transistor, dan lain sebagainya. Antara bahan satu dengan yang lainnya memiliki sifat dasar dan juga karakteristik yang berbeda.

Bahan dari semikonduktor yang murni akan menjadi isolator di suhu mutlak (-273°C). Ini dikarenakan elektron valensi telah terikat erat di tempatnya. Elektron valensi merupakan elektron-elektron yang ada di kulit terluar dari sebuah unsur. Berikut ini Jenis-Jenis Semikonduktor yang perlu Anda ketahui:

1. Semikonduktor jenis –p

Semikonduktor jenis-p merupakan semikonduktor yang memiliki isi atom-atom penerima (akseptor) yang kekurangan komponen electron. Apabila boron dimasukkan ke cairan germanium, maka bisa terbentuk kristal-kristal yang memiliki kekosongan pada ikatan atom-atomnya sebab boron hanya memiliki 3 elektron terluarnya.

 

 

2. Semikonduktor jenis –n

Semikonduktor jenis –n merupakan jenis semikonduktor yang dikotori dengan atom-atom pemberi (donor) yang memberi kelebihan elektron. Germanium murni merupakan jenis kristal semikonduktor yang tidak memiliki elektron bebas. Atom-atomnya tersebut tersusun dengan teratur, setiap atom saling berikatan dengan empat atom yang lainnya. Ikatan antar atom-atom di dalam kristal terjadi kemungkinan sebab tiap atom memiliki 4 elektron pada  kulit terluarnya.

Itulah penjelasan mengenai teori Fisika Semikonduktor dan jenis – jenisnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.