Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

By | August 17, 2017
Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas – Fisika inti memiliki bahasan utama meliputi inti atom dan radioaktifitas. yang pertama akan kita bahas adalah inti atom. Atom disususn oleh partikel-partikel tertentu, meliputi proton dan neutron. Proton adalah partikel yang bermuatan positif yang besarnya muatan sama dengan muatan elektron.
Hanya saja tanda yang dimiliki keduanya berlawanan. Sedangkan neutrun adalah partikel yang tidak bermuatan listrik, memiliki massa yang hampir sama dengan proton. Massa dari neutron yaitu kira-kira 1835 x massa elektron.

Massa atom keseluruhan tersusuni lebih dari 99% massa inti, sisanya terdiri dari elektron-elektron yang mengelilinginya. Pertikel yang menyusun inti atom ini disebut sebagai “nukleon” sedangkan intinya sendiri disebut “nuklida”. Gaya yang mengikat atau mempersatukan partikel-pertikel di dalam inti (proton dan neutron) disebut gaya tarik inti atau gaya ikat inti.

Dalam hal penulisan inti atom memiliki tata cara tertentu. Misalkan suatu nuklida atau unsur dengan simbol kimia X, nomor massanya B, dan nomor atom Z dilambangkan seperti berikut :

Fisika Inti Atom Dan Radioaktifitas

Dengan,

X = jenis unsur atau nama nuklida
B = nomor massa, menunjukkan banyaknya proton dan neutron
Z = nomor atom, menunjukkan banyak proton

Baca juga : Mengenal Lebih Jauh Teori Mekanika Kuantum

Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai fisika inti atom dan radioaktifitas. Semoga informasi tersebut mampu menjadi bahan referensi Anda sekalian. Good luck.

Berikan Rating:

Average rating / 5. Vote count:

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.