Empat jenis proses stokastik

Jenis Proses stokastik merupakan salah satu cabang ilmu statistik. Secara teoritis, proses stokastik {Yt} adalah kumpulan variabel acak dengan t yang menunjukkan indeks waktu. Oleh karena itu, pemahaman tentang variabel acak dan probabilitas suatu variabel acak tertentu sangat penting.

Proses stokastik banyak dipakai untuk menggambarkan perubahan bentuk suatu sistem yang berjalan dalam lingkungan yang tidak dapat diprediksi atau sistem yang mengandung ketidakpastian dimana model deterministik tidak lagi sesuai untuk digunakan untuk menganalisa sistem.

Proses stokastik dapat dikelompokkan berdasarkan jenis parameter ruang, dan hubungan antara variabel acak yang membentuk proses stokastik.

4 jenis proses stokastik

Berdasarkan jenis parameter ruang dan keadaan ruangnya, proses stokastik dapat dibedakan menjadi 4 jenis, yakni:

  1. proses stokastik dengan parameter ruang dibatasi. Misalnya, stasiun TV yang paling banyak ditonton di Indonesia dengan survei tiap bulan.
  2. proses stokastik dengan parameter malar ruang. Misalnya, jumlah kertas fotokopi yang dibutuhkan oleh jurusan fisika UNHAS selama periode waktu tertentu.
  3. proses stokastik dengan parameter chamber chopped dan malar state space. Misalnya, volume air di bendungan yang diteliti setiap pukul 07.00.
  4. proses stokastik dengan parameter malar dan ruang malar. Misalnya, volume air di bendungan yang diteliti pada waktu tertentu.

Baca Juga : Pengertian dan Jenis Fisika Semikonduktor

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang empat jenis proses stokastik, semoga dapat bermanfaat bagi anda.
Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.