Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Mengenal tentang Elemen Mesin

51 sec read

Elemen Mesin

Elemen Mesin adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang penyambungan, tentang bagaimana suatu kontruksi dapat tersambung berdasarkan keinginan dengan memperhatikan efisiensi bahan,biaya, dan juga cara penyambungannya tersebut.

Jika anda pernah melihat pada semua kontruksi mesin seperti kulkas,mesin cuci, sepeda motor, dll. tentu terdiri dari beberapa elemen – elemen. Dan ini mungkin saja akan menimbulkan sebuah pertanyaan dalam benak anda tentang bagaimanakah cara menyambung dan menyusun beberapa Elemen Mesin hingga tercipta suatu mesin yang fungsinya sedemikian rupa.

Pada dasarnya dalam mempelajari elemen mesin ini terdapat tujuh pokok pembahasan, yaitu satuan standart dan tegangan bahan, sambungan keling, sambungan las, sambungan susut dan tekan, sambungan ulir, sambungan pasak, dan sambungan pegas.

Elemen Mesin

Dalam Elemen Mesin terdapat beberapa komponen, berikut adalah beberapa komponen elemen mesin:

1. Paku Kelig atau Rivet

Rivet merupakan salah metoda penyambungan yang cukup sederhana. Sambungan kelig ini biasanya diterapkan pada jembatan, bangunan, tangki, kapal, dan pesawat terbang.

Elemen Mesin

 

2. Sambungan Las.

Proses ini merupakan proses penyambungan logam dengan menggunakan energi panas.

Elemen Mesin

 

3. Sambungan Skrup dan Mur

Sekrup atau sering disebut baut merupakan suatu batang dengan alur heliks pada permukaannya. Sambungan baut dan mur adalah sambungan yang tidak paten, jadi sambungan ini sewaktu – waktu dapat dibuka.

Elemen Mesin

 

4. Poros.

Yaitu suatu bagian stasioner yang dapat berputar. Poros ini pada umumnya memiliki penampang bulat dan di dalamnya terpasang beberapa elemen seperti roda gigi, pulley, sprocket, engkol, flywheel, dan elemen pemindah lainnya.

Elemen Mesin

 

Ya itulah sedikit tentang rangkuman Mengenal tentang Elemen Mesin semoga bermanfaat.
Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.