Efek Rumah Kaca: Pengertian, Proses, Penyebab dan Penanggulangan

Efek rumah kaca atau global warming, belakangan ini sering terjadi. Kabarnya memberikan dampak yang buruk terhadap bumi berupa terjadinya pemanasan di lapisan kerak bumi.

Berbagai fenomena yang terjadi belakangan ini seperti semakin tingginya volume air yang ada di laut dan juga semakin panasnya permukaan bumi merupakan beberapa dampak negatif yang ditimbulkan oleh efek rumah kaca. Salah satunya karena kondisi alam dan sebagian besarnya diakibatkan oleh ulah tangan manusia yang tidak disadari secara langsung.

Lantas, apa itu efek rumah kaca, bagaimana proses terjadinya dan kira-kira apa penyebab dari efek rumah kaca? Selain itu Anda juga harus tahu bagaimana sih cara penanggulangan efek rumah kaca? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian efek rumah kaca

Istilah efek rumah kaca pertama kali diperkenalkan oleh Ilmuan bernama Joseph Fourier pada Tahun 1824.

Efek rumah kaca adalah sebuah fenomena alam yang terjadi karena adanya pantulan energi panas matahari yang disebabkan berbagai macam benda dan zat alam yang ada dalam Bumi yang mengakibatkan rusaknya lapisan selimut atmosfer bumi. Rusaknya selimut atmosfer ini berujung pada peningkatan intensitas energi matahari yang berdampak pada peningkatan suhu panas bumi.

Proses Terjadinya Efek Rumah Kaca

Proses terjadinya eek rumah kaca yaitu energi yang diserap Bumi dari Matahari berupa panas dipantulkan kembali oleh berbagai macam benda yang ada di Bumi. Hal inilah yang menyebabkan pantulan energi berupa cahaya matahari karena kerusakan pada berbagai lapisan ozon (berfungsi sebagai penghambat cahaya matahari) yang ada di atmosfer.

Pada saat lapisan ozon yang ada di atmosfer menjadi lebih tipis, pada akhirnya jumlah cahaya matahari yang diterima oleh bumi menjadi lebih besar sehingga berakibat pada meningkatnya suhu panas bumi.

Hal inilah yang parah dengan tingginya kadar CO2 di Bumi yang dapat menahan pantulan energi cahaya matahari di Bumi. Hal ini pada akhirnya membuat kondisi panas bumi menjadi lebih buruk.

Agar dapat terhindar dari terjadinya kerusakan pada lapisan atmosfer Bumi, maka sebaiknya kita menghindari penggunaan berbagai macam alat yang menghasilkan gas CO2 dan juga berbagai gas lainnya yang dapat merusak lapisan ozon pada selimut atmosfer bumi.

Penyebab Dari Efek Rumah Kaca

Bagaimana penyebab efek rumah kaca? inilah yang disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbondioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Naiknya konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar minyak (BBM), batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk mengabsorbsinya.

Resapan energi yang masuk ke bumi mengalami : 25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer 25% diserap awan 45% diadsorpsi permukaan bumi 5% dipantulkan kembali oleh permukaan bumi. Energi yang dipantulkan kembali dalam bentuk radiasi infra merah oleh awan dan permukaan bumi. Yang dipancarkan dari radiasi infra merah, bumi tertahan oleh awan dan gas CO2 dan gas lainnya, untuk dikembalikan ke permukaan bumi.

Sebenarnya, efek rumah kaca diperlukan, dengan begitu perbedaan suhu antara siang dan malam di bumi tidak terlalu jauh berbeda.

Gas lainnya yang dapat menyebabkan efek rumah kaca yakni, sulfur dioksida (SO2), nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) serta beberapa senyawa organik seperti gas metana (CH4) dan khloro fluoro karbon (CFC). Beberapa gas-gas tersebut memegang peranan penting dalam meningkatkan greenhouse effect.

Cara Penanggulangan Efek Rumah Kaca

Berikut cara penanggulangan yang bisa Anda lakukan, yakni :

  1. Membudayakan sikap hemat listrik
  2. Menanam pohon sebanyak mungkin dan menjaga hutan
  3. Kurangi penggunaan alat transportasi berbahan bakar minyak
  4. Mengolah sampah dengan baik
  5. Kurangi penggunaan alat yang menggunakan CFC (Chlorofluorocarbon)
  6. Menerapkan sistem budidaya pertanian dan peternakan yang baik.

Baca juga : Pemanasan Global: Pengertian, Penyebab, Dampak & Cara Mengatasinya

Penutup

Itulah sedikit penjelasan mengenai pengertian, proses terjadinya, penyebab, cara penanggulangan efek rumah kaca yang bisa Anda jadikan referensi dalam pembuatan tugas maupun makalah.

Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda dan jangan lupa share artikel ini kalau dianggap bermanfaat.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.