Dinamika Sistem Sosioekologi Dalam Materi Fisika

Posted on
Dinamika Sistem Sosioekologi

Dinamika Sistem Sosioekologi – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah dinamika. Dinamika bisa diartikan sebagai sesuatu yang terus bergerak. Istilah tersebut dipakai untuk mendeskripsikan benda maupun kondisi yang cenderung berubah. Dinamika bisa terjadi disebabkan adanya pengaruh dari luar ataupun dalam yang menjadikan kondisi suatu hal jadi berubah. Ini bisa kita cermati dengan mudah dalam ilmu sosial.

Dalam bidang sosial dikenal pula istilah dinamika sosial. Dinamika sosial merupakan perubahan dalam masyarakat akibat dari sekelompok orang yang mengusahakan timbulnya sebuah perubahan. Tanpa kelompok seperti ini pasti kehidupan masyarakat tak akan mengalami perubahan yang begitu berarti.

Terkait dengan dinamika sosial, terdapat istilah sistem sosioekologi atau ada pula yang menyebutnya dengan sistem sosial-ekologi (SEE).

 

Dinamika Sistem Sosioekologi

Sistem sosial-ekologi merupakan sistem yang terbentuk dari komponen geologi, biologi, fisik juga beragam aktor serta institusi sosial yang terkait dengan berbagai komponen tersebut.

Sistem sosial-ekologi memiliki sifat yang kompleks, adaptif dan dibatasi oleh ruang lingkup maupun fungsi yang ada hubungannya dengan ekosistem serta konteks masalah tertentu. Hal ini tentu juga ada hubunganya dengan dinamika.

Dinamika Sistem Sosioekologi menjadi sebuah sistem yang koheren dan tersusun dari berbagai faktor biofisik serta sosial yang sering berinteraksi di dalam pola yang berkelanjutan dan resilien. Sederhananya, Sistem Sosioekologi adalah bentukan sistem manusia serta sistem alam yang saling terhubung serta saling mempengaruhi.

Seperti diketahui, Ekologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang interaksi organisme dengan lingkunga serta yang lainnya. Bila ditambahi kata sosio, berarti terdapat hubungan dengan manusia.

Pemahaman mengenai sistem sosial-ekologi atau sosioekologi memang masih sangat terbatas pada titik temu antara ilmu pengetahuan alam dengan ilmu pengetahuan. Ekologi mainstream sudah mencoba untuk mengecualikan unsur manusia didalam kajian ekologi. Juga sebaliknya, lingkungan alam juga dikesampingkan didalam kajian pengetahuan sosial dengan membatasi analisis hanya pada manusia.

Meski beberapa ilmuan telah mencoba untuk menerapkan teori pemisahan dari budaya dan alam, umumnya kajian sosial akan masih terpusat dalam analisis proses yang terjadi didalam ranah sosial saja dan masih memperlakukan ekosistem sebagai black box saja.

Baca juga : Apa itu Sistem Dinamika?

Karena sistem sosial dan ekologi terus berubah karena perkembangan zaman juga manusia, maka diperlukan analisis mengenai Dinamika Sistem Sosioekologi.

Jagoan Ilmu

Gravatar Image
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *