Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.

Pengertian Dinamika dan Perbedaannya dengan Kinetika

47 sec read

Dinamika dan Kinetika

Selamat pagi, pada pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Dinamika dan Kinetika serta perbedaan – perbedaan mendasar diantaranya keduanya. Mungkin ada yang sudah tau tentang pengertian dari kedua istilah tersebut? Hayo yang tau angkat tangan coba, hehe.

Dinamika dan Kinetika

Pengertian Dinamika dan Perbedaannya dengan Kinetika

 

Dinamika

Dinamika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang gerak dengan menganalisis semua penyebab yang mengakibatkan terjadinya gerak tersebut. Misalnya yaitu anda menjatuhkan sebuah benda dengan menghitung jatuhnya dengan memperhatikan perlambatan yang disebabkan oleh tekanan udara.

Kinematika

Sedangkan kinematika yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana gerak dapat terjadi tanpa memperdulikan atau mengabaikan penyebab terjadinya gerak tersebut. Misalnya anda menghitung kecepatan jatuh sebuah benda dengan tidak memperhitungkan perlambatan yang disebabkan oleh tekanan udara tersebut.

Nah, dari kedua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa perbedaan mendasar dari dinamika dan kinematika yaitu: Dinamika menjelaskan semuanya tentang hal – hal yang dapat mengakibatkan dan menghambat terjadinya gerak, sedangkan kinetika mengabaikan atau tidak memperhitungkan segala hal tersebut.

Jadi, Dinamika akan menjelaskan tentang mengapa kertas yang telah diremas akan memiliki kecepatan jatuh yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan selembar kertas utuh yang padahal keduanya memiliki berat yang sama.

Sedangkan kinematika tidak perlu menjelaskan itu semua, dan hanya menghitung secara nyata kecepatan kedua kertas tersebut meskipun memiliki hasil dan kesimpulan yang berbeda.

Demikian artikel ini Pengertian Dinamika dan Perbedaannya dengan Kinetika, bagaimana sobat sudah paham kan? Terimakasih.

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

Hen Hen Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.