Mengenal Istilah lain Desinfeksi dan Sterilisasi dalam Dunia Keperawatan

Desinfeksi dan Sterilisasi

Desinfeksi dan Sterilisasi – jika anda terjun dalam dunia keperawatan anda pasti akan mengenal ke dua istilah tersebut yakni, desinfeksi dan sterilisasi. Apa sih ke maksud dari istilah-istilah tersebut? Desinfeksi adalah perusakan, penghambatan atau penghapusan mikroba yang bisa menyebabkan penyakit. Sedangkan, sterilisasi adalah proses atau kegiatan menghancurkan atau memusnahkan semua mikroorganisme dari benda atau lingkungan. Hal ini biasanya dilakukan dengan pemanasan atau penyaringan tetapi bahan kimia atau radiasi juga dapat digunakan.

Kemudian di dalam istilah desinfeksi dan sterilisasi kita akan mengenal istilah lain antara lain:

Dekontaminasi adalah cara untuk mematikan mikroba pada alat-alat dengan tujuan, untuk mencega resiko infeksi, mengontrol infeksi nosokomial, dan untuk perlindungan terhadap pasien dan juga petugas kesehatan. Proses dekontaminasi terdiri dari:

1). cleaning (pencucian)
yakni sebuah tindakan fisik untuk menghilangkan semua darah,cairan tubuh atau setiap benda asing (debu,kotoran) dari alat. Jika proses cleaning dilakukan tanpa pencucian, prosedur sterilisasi atau desinfeksi tidak cukup efektif. Akan membuat mikroba dalam residu cairan organik terlindung dari desinfeksi/sterilisasi.

2). Desinfeksi
Adalah sebuah tindakan menghilangkan sebagian besar mikroba penyebab penyakit dari alat. Syarat-syarat untuk melakukan desinfeksi adalah dengan:

  1. konsentrasi larutan harus tepat.
  2. waktu rendaman/kontak harus cukup.

Terdapat beberapa jenis desinfeksi dan prosedurnya antara lain;

  • Desinfeksi tingkat tinggi
    Dengan merebus (100ºc 10 menit pada 1 atm) atau menggunakan larutan kimia, menghilangkan semua mikroba kecuali beberapa bakteri endospora.
    Didaerah pegunungan suhu mendidih < 100ºc tekanan < 1 atm – perlu waktu 20 menit.
    dapat disimpan 1 minggu dalam wadah tertutup.
  • Desinfeksi Tingkat Tinggi Kimiawi
    Caranya adalah dengan menggunakan larutan desinfektan kimia

3). Sterelisasi
Sterelisasi adalah sebuah tindakan menghilangkan semua (100%) mikroba (bakteri,jamur,parasit dan virus) termasuk bakteri endospora dari alat. Ada pun proses yang bias dilakukan pada tahap sterelisasi adalah dengan cara, antara lain menggunakan uap atau udara panas, menggunakan uap panas + formaldehyde, menggunakan ethylene oxide, dan bisa juga menggunakan irradiasi.

Terdapat beberapa jenis-jenis sterilisasi adalah:

  • Sterelisasi dengan autoclave : uap panas dan bertekanan tinggi. suhu 134º selama 3 menit atau 121º 15 mnt.
  • Sterelisasi dengan udara panas : perlu waktu agak lama,alat hrs tahan suhu 160º dalam waktu 2 jam.
  • Sterelisasi dengan ethylene oxide : gas mematikan mikroba,tdk merusak alat.
  • Sterelisasi dengan irradiasi : jumlah alat banyak,dapat merusak alat jika diulangi.
  • Pemrosesan peralatan bekas pakai, yakni dilakukan dengan cara (a) rendalam terlebih dahulu di dalam lar. Kemudian cuci dan bilas dengan deterjen dan sikat.
  • Sterelisasi autoklaf atau pemanasan. Dilakukan dnegan cara desinfeksi tingkat tinggi, kemudian dinginkan, selanjutnyasiap pakai.
  • Sterelisasi biondikator merupakan indicator dari sterelisasi yang menggunakan mikroba yang bersifat termofilik untuk tahap penguji sterilisasi, yang ditempatkan dalam ampul. Ada pun jenis mikroba yang digunakan biasanya Bacillus stearothermophillus(bakteri yang optimal hidup pada suhu 60oC). cara aplikasinya pun cukup mudah, masukan ampul sterikon bioindikator kedalam autoklaf yang akan kita verifikasi kemudaian setelah proses sterilisasi selesai inkubasi bioindikator tersebuk pada suhu 60 derajat celcius selama 24 jam. Selanjutnya, amati jika tidak terjadi perubahan warna artinaya autoklaf bekerja dengan baik atau steril, namun jika terjadi perubahan warna menjadi kuning berarti autoklaf tidak bekerja dengan baik atau sterilisasi tidak tercapai.

 

Demikian artikel kali ini tentang Mengenal Istilah lain dalam Desinfeksi dan Sterilisasi alat kesehatan dalam Dunia Keperawatan yang bisa kalian gunakan dalam pembuatan makalah Sterilisasi dan Desinfeksi. Semoga wawasan Anda bertambah.

Author: Wa Ode

Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Bila kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yang salah, dan TERUSLAH MELANGKAH.